5 Hal Unik Timnas Indonesia Terjadi di Final SEA Games 2023

Makasih ya Garuda Muda. Kalian keren!

Fantastis! Ungkapan itu cocok disematkan untuk para penggawa muda Timnas Sepak Bola U22 Indonesia yang berlaga di SEA Games 2023 Kamboja. Setelah 32 tahun paceklik medali emas di cabang olahraga (cabor) sepak bola, kali ini Indonesia berhasil meraihnya.

Indonesia menyingkirkan Thailand dengan skor 5-2 di babak final yang berlangsung di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). Tentunya pertandingan ini tidak mudah, mengingat Thailand adalah jawara di ajang olahraga tingkat Asia Tenggara yang telah meraih 14 kali medali emas.

Baca Juga: Komang Teguh Satu-satunya Timnas dari Bali di SEA Games 2023

Baca Juga: 5 Fakta Kun Bokator, Bela Diri Kamboja di SEA Games 2023

1. Mengakhiri puasa medali emas cabor sepak bola di SEA Games

5 Hal Unik Timnas Indonesia Terjadi di Final SEA Games 2023Pemain Timnas U22 di SEA Games 2023. (Pssi.org)

Keikutsertaannya di ajang SEA Games, Timnas Indonesia hanya baru dua kali pernah meraih medali emas. Medali emas pertama diraih Indonesia di SEA Games 1987 Jakarta saat mengalahkan Malaysia dengan skor 1-0. Sedangkan medali emas kedua diraih saat SEA Games 1991 di Manila, Filipina, mengalahkan Thailand melalui babak penalti dengan skor 4-3.

Setelah menunggu 32 tahun, Indonesia mengakhiri puasa medali emas sepak bola pada gelaran SEA Games Kamboja 2023. Perjuangan penggawa Garuda Muda sangat dramatis. Mereka harus melalui babak perpanjangan waktu untuk membawa pulang medali emas.

2. Indonesia berada di grup ringan

5 Hal Unik Timnas Indonesia Terjadi di Final SEA Games 2023Timnas sepak bola U22 Indonesia di SEA Games 2023. (Pssi.org)

Dalam perhelatan SEA Games Kamboja 2023, Indonesia bergabung di Grup A yang terdiri dari Indonesia, Myanmar, Kamboja, Timor Leste, dan Filipina. Grup A bisa dikatakan sebagai grup yang ringan dibandingkan grupGB yang diisi oleh Vietnam, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Laos.

Indonesia menjadi satu-satunya tim yang tidak pernah kalah dan seri. Indonesia berhasil menjadi juara grup dengan peroleh poin sempurna, yaitu 12. Indonesia pun lolos ke babak semifinal untuk menghadapi Vietnam.

3. Dua pemain Indonesia menjadi top skor SEA Games 2023

5 Hal Unik Timnas Indonesia Terjadi di Final SEA Games 2023Ramadhan Sananta saat mencetak gol di partai Final SEA Games 2023. (Pssi.org)

Tidak hanya membawa pulang medali emas, pemain Timnas U22 juga berhasil menjadi top skor SEA Games 2023. Ada dua pemain yang memiliki jumlah gol sama, yaitu Fajar Fathur Rahman dan Ramadhan Sananta. Masing-masing pemain mencetak 5 gol untuk Indonesia.

Kedua penggawa muda Indonesia ini bersanding bersama pemain asal Vietnam, Van Tung Nguyen, yang juga sama-sama mencetak 5 gol. Lalu di babak final pada saat melawan Thailand, Ramadhan berhasil mencetak dua gol di menit 21' dan 45'+4'. Sedangkan Fajar Fathur Rahman mencetak 1 gol di babak perpanjangan waktu, tepatnya di menit 107'.

4. Indra Sjafri enam kali membawa Indonesia menang lawan Thailand

5 Hal Unik Timnas Indonesia Terjadi di Final SEA Games 2023Selebrasi pemain Indonesia usai mencetak gol di partai Final SEA Games 2023. (Pssi.org)

Pelatih Timnas U22 SEA Games 2023 Kamboja, Indra Sjafri, menambah rekor kemenangannya selama menghadapi Thailand. Ia tercatat enam kali menang terhadap Thailand.

Sebelum di SEA Games 2023 ini, Indra Sjafri pernah membawa Indonesia menang melawan Thailand di fase grup pada SEA Games 2019. Kala itu Indonesia menang 2-0 melawan Thailand. Berikut daftar kemenangan Indonesia menghadapi Thailand saat diasuh oleh Indra Sjafri:

  • Piala AFF U19 tahun 2013, Indonesia menang 3-1 atas Thailand
  • Laga uji coba tahun 2017, Indonesia menang 3-0 atas Thailand
  • Piala AFF U19 tahun 2018, Indonesia menang 2-1 atas Thailand dalam perebutan juara ketiga
  • Piala AFF U22 tahun 2019, Indonesia menang 2-1 atas Thailand
  • SEA Games tahun 2019, Indonesia menang 2-0 atas Thailand
  • SEA Games tahun 2023, Indonesia menang 5-2 atas Thailand.

5. Momen menarik Indra Sjafri merayakan kemenangan di babak kedua

5 Hal Unik Timnas Indonesia Terjadi di Final SEA Games 2023Indra Sjafri. (Pssi.org)

Pertandingan babak final SEA Games 2023 ini berlangsung penuh emosi dan tekanan. Para pemain, pelatih, dan ofisial dari kedua tim memiliki harapan yang sama untuk meraih medali emas. Ada beberapa momen menarik selama pertandingan berlangsung. Indra Sjafri, beberapa pelatih, dan ofisial melakukan sujud syukur walaupun pertandingan belum berakhir. Hal ini dilakukan karena wasit meniup peluit di detik-detik akhir babak injury time. Peluit itu dibunyikan bukan sebagai tanda berakhirnya pertandingan.

Melainkan karena pemain Thailand, Yotsakorn Burapha, menciptakan gol di penghujung injury time (90'+9'). Apa daya, kemenangan yang sudah di depan mata harus sirna, dan pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan 2x15 menit.

Pertandingan final ini berlangsung dalam tempo tinggi dan penuh emosi. Hujan kartu merah tak terelakkan. Thailand menyisakan delapan pemain karena mendapatkan tiga kartu merah yaitu Soponwit (95'), Joanthan (102'), dan Teerasak (119'). Indonesia mendapatkan satu kartu merah yaitu Komang Teguh (95'). Selamat untuk para Garuda Muda atas raihan medali emas di SEA Games 2023 Kamboja.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya