5 Debut Pemain Muda yang Mencetak Gol Perdana di Liga 1

Siap bersaing dengan pemain asing dan pemain senior

Liga 1 2023/2024 memiliki regulasi yang mewajibkan setiap klub peserta menurunkan pemain muda U-23 dalam pertandingannya. Hal ini sangat bagus bagi perkembangan para pemain muda untuk bersaing di kasta sepak bola tertinggi Tanah Air. Beberapa pemain muda melakukan debut di Liga 1 2023/2024.

Walaupun baru pertama kali merasakan kerasnya persaingan di Liga 1, mereka ternyata mampu mencetak gol perdananya. Yuk simak, 5 debut pemain muda yang sudah mampu mencatatkan namanya di papan skor Liga 1 2023/2024.

Baca Juga: 5 Tim Liga 1 Kalah di Kandang Sendiri Pekan ke-13

Baca Juga: 4 Mantan Pemain Bali United Pensiun, Kontribusinya Besar

1. Muhammad Ragil, pemain muda Bhayangkara Presisi Indonesia FC

5 Debut Pemain Muda yang Mencetak Gol Perdana di Liga 1Muhammad Ragil (kuning, tengah) saat menghadapi lawannya. (Instagram.com/muhammad.ragil23)

Muhammad Ragil lahir di Deli Serdang, Sumatra Utara. Pemain berusia 18 tahun ini adalah penyerang tengah Bhayangkara Presisi Indonesia FC. Ia dibesarkan di akademi Bhayangkara Youth.

Sebelum bermain di tim utama Bhayangkara, ia sempat menjadi bagian dari Garuda Select, program yang mencari bakat-bakat muda untuk menimba ilmu di Eropa. Muhammad Ragil melakukan debut pada pertandingan perdana Bhayangkara di Liga 1 2023/2024 menghadapi PSIS Semarang. Saat itu, ia berhasil mencetak gol perdananya di Liga 1.

2. Zidane Afandi, gelandang RANS Nusantara FC

5 Debut Pemain Muda yang Mencetak Gol Perdana di Liga 1Zidane Afandi (kiri) usai mencetak gol. (Instagram.com/zidaneafandi_)

Zidane Afandi sebelum memperkuat RANS Nusantara FC, bermain untuk PCB Pesipasi. Ia juga sempat bermain untuk Bhayangkara U-18. Gelandang bertahan berusia 21 tahun ini bergabung bersama RANS Nusantara FC pada tahun 2023.

Sama seperti Muhammad Ragil, Zidane Afandi langsung mencetak gol perdana pada laga debutnya. Gol tunggalnya ini menjadi satu-satunya gol saat RANS Nusantara FC mengalahkan Arema FC di kandang Arema FC. Saat itu, ia bermain selama 59 menit.

3. Arsa Ahmad, penyerang Muda Bhayangkara FC

5 Debut Pemain Muda yang Mencetak Gol Perdana di Liga 1Arsa Ahmad (kiri) berebut bola dengan pemain lawan. (Instagram.com/arsaahmadd)

Arsa Ahmad merupakan penyerang muda berusia 19 tahun milik Bhayangkara Presisi Indonesia FC. Ia dibesarkan di akademi Bhayangkara Youth. Pada tahun 2019, Arsa Ahmad sempat menjadi bagian program Garuda Select.

Pada Liga 1 2023/2024, Arsa Ahmad mendapatkan promosi bermain di tim utama Bhayangkara. Ia melakukan debut bersama The Guardian saat bertandang ke kandang Madura United. Saat itu ia bermain selama 65 menit. Gol perdananya dicetak saat Bhayangkara Presisi Indonesia FC bertandang ke kandang Dewa United. Pertandingan Dewa United vs Bhayangkara FC berlangsung imbang dengan skor 2-2.

4. Abdul Rahman, sayap kanan RANS Nusantara FC

5 Debut Pemain Muda yang Mencetak Gol Perdana di Liga 1Abdul Rahman (putih) usai mencetak gol. (Instagram.com/abdllemon)

Abdul Rahman merintis karier sepak bolanya dari akademi Badak Lampung Youth. Kemudian ia melanjutkan karier ke Serpong City FC, sebelum bermain untuk RANS Nusantara FC. Pemain berusia 21 tahun ini beruntung, Eduardo Almeida kerap memilihnya menjadi pemain utama RANS Nusantara FC.

Abdul Rahman melakukan debutnya bersama RANS Nusantara FC saat timnya berhadapan dengan Persikabo 1973. Saat itu, ia bermain selama 45 menit. Setelah turun dalam empat pertandingan, ia berhasil mencetak gol perdananya di Liga 1. Gol ini diciptakan saat RANS Nusantara FC bermain imbang di kandang Persebaya Surabaya dengan skor 2-2.

5. Akbar Arjunsyah, bek muda Persija Jakarta

5 Debut Pemain Muda yang Mencetak Gol Perdana di Liga 1Akbar Arjunsyah usai mencetak gol. (Instagram.com/akbararjunsyah16)

Akbar Arjunsyah sempat bermain untuk Gresik United sebelum bergabung bersama Persija. Pemain berusia 22 tahun asal Sidoarjo sempat dididik di akademi Persebaya Youth. Bek tengah ini, kemudian memilih Persija sebagai tempat meniti karier sepak bola profesionalnya.

Akbar Arjunsyah melakukan debutnya saat Persija jakarta menaklukkan Bhayangkara Presisi Indonesia dengan skor 4-1. Tidak mau menyia-nyiakan kepercayaan yang diberikan oleh Thomas Doll, Akbar Arjunsyah mencetak gol perdanya di Liga 1.

Tidak semua pemain muda mampu menjadi starter di klubnya. Mereka harus bersaing dengan pemain asing maupun senior yang sudah lebih dulu bermain di Liga 1. Mendapatkan menit bermain tentunya mampu meningkatkan performa pemain muda, yang nantinya bakalan menjadi bibit-bibit baru bagi Timnas Indonesia.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya