Comscore Tracker

6 Fakta Penting Piala Dunia 2022 di Qatar

Hati-hati menggelar nobar tanpa izin ya, bisa kena denda

Semua mata penggemar sepak bola kini tertuju ke negara Timur Tengah, yaitu Qatar. Qatar menjadi tuan rumah perhelatan akbar sepak bola, Piala Dunia 2022.

Kejuaraan empat tahunan ini diikuti oleh 32 tim terbaik dari seluruh dunia yang telah lolos dalam babak kualifikasi. Ada beberapa fakta yang perlu kamu ketahui tentang Piala Dunia 2022 yang digelar 20 November hingga 18 Desember 2022, berikut ini.

Baca Juga: Spesifikasi Al Rihla, Bola Canggih Buat Piala Dunia 2022

1. Qatar jadi tuan rumah dan pertama kali tampil di Piala Dunia

6 Fakta Penting Piala Dunia 2022 di QatarTimnas Qatar. (fifa.com)

Dari 32 tim, Qatar adalah satu-satunya tim yang baru pertama kali sebagai peserta Piala Dunia 2022 karena menjadi tuan rumah. Dilansir Fifa.com, sepak bola Qatar berada di peringkat 49 dunia dengan total poin 1441.41. Tim sepak bola yang berjulukan Al-Annabi atau The Maroons ini mungkin bukan yang terbaik karena masih kalah dengan Arab Saudi, Jepang, Korea Selatan, dan Iran. Namun negara penghasil minyak bumi ini pernah menjadi juara Piala Asia 2019.

Namun tim asuhan pelatih asal Spanyol, Feliz Sanchez, harus ditundukkan oleh Ekuador dengan skor 0-2. Qatar sendiri masuk ke dalam grup A bersama Ekuador, Senegal, dan Belanda.

2. Piala Dunia yang pertama kali diadakan di Timur Tengah dan di akhir tahun

6 Fakta Penting Piala Dunia 2022 di QatarAl Bayt Stadium (instagram.com/nsssports)

Hal menarik dari perhelatan kali ini adalah Piala Dunia 2022 untuk pertama kalinya diadakan di Timur Tengah. Selain itu, Piala Dunia ini diadakan untuk kedua kalinya di Benua Asia, di mana sebelumnya diadakan bersama oleh Jepang dan Korea Selatan pada tahun 2002.

Kalau kamu perhatikan, Piala Dunia biasanya dilaksanakan pada pertengahan tahun antara bulan Mei hingga Agustus. Namun untuk tahun ini, Piala Dunia dilaksanakan di akhir tahun. Sebab pada pertengahan tahun, Qatar sedang mengalami musim panas dengan suhu yang menyengat. Hal ini dikhawatirkan akan berpengaruh kepada para pemain yang bertanding.

Piala Dunia memakai 8 stadion yang masing-masing memiliki fasilitas penyejuk udara, agar pemain dan penonton nyaman selama berada di dalam stadion. Perhelatan kali ini bisa dibilang terpendek, karena berlangsung selama 28 hari dari 20 November hingga 18 Desember 2022. Sebelum-sebelumnya, Piala Dunia berlangsung lebih dari satu bulan.

3. Negara dengan ranking tertinggi

6 Fakta Penting Piala Dunia 2022 di QatarPemain timnas Brasil. (fifa.com)

Siapakah negara peserta Piala Dunia yang memiliki ranking FIFA tertinggi? Jawabannya adalah Brasil dengan total poin 1837.5. Brasil adalah negara yang pernah menjadi juara dunia terbanyak, yaitu sebanyak lima kali. Tercatat Brasil menjadi juara pada tahun 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002.

Dilihat dari skuadnya, Timnas Brasil tidak perlu diragukan lagi. Mereka memiliki pemain-pemain top dunia di setiap lininya. Sebagian besar pemain Brasil merumput di tim-tim elit Eropa, sebut saja Neymar yang menjadi andalan Brasil di lini depan. Skuad Timnas Brasil kali ini dilatih oleh pelatih dari Brasil, Adenor Leinardi Bacchi, yang lebih dikenal dengan sebutan Tite.

4. Negara dengan ranking fifa terendah

6 Fakta Penting Piala Dunia 2022 di QatarTimnas Ghana. (ghanafa.org)

Setelah mengetahui siapa peringkat tertinggi sepak bola, tentu saja juga harus tahu tim di peringkat terendah. Timnas Ghana adalah peserta Piala Dunia dengan peringkat terendah, yaitu berada di peringkat 60 dengan total poin 1389.68.

Timnas berjulukan Black Star ini berada satu grup yang cukup berat bersama Portugal, Uruguay, dan Korea Selatan. Torehan terbaik Ghana adalah lolos ke babak perempat final pada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Saat ini Ghana diasuh oleh Otto Addo, yang pernah menjadi arsitek klub ternama Eropa, Borussia Dortmund. Akankah Adre Ayew dkk mampu lolos dari fase grup?

5. Diikuti 32 negara yang terbagi menjadi 8 grup

6 Fakta Penting Piala Dunia 2022 di QatarIlustrasi Piala Dunia. (fifa.com)

Seperti perhelatan sebelumnya, Piala Dunia Qatar 2022 diikuti oleh 32 negara yang terbagi menjadi 8 grup. Berikut daftar negara-negara yang menjadi peserta Piala Dunia Qatar 2022:

  • Grup A: Qatar, Ekuador, Senegal, Belanda
  • Grup B: Inggris, Iran, Amerika Serikat, dan Wales
  • Grup C: Argentina, Arab Saudi, Meksiko, dan Polandia
  • Grup D: Perancis, Denmark, Tunisia, dan Australia
  • Grup E: Spanyol, Jerman, Jepang, dan Kosta Rika
  • Grup F: Belgia, Kanada, Maroko, dan Kroasia
  • Grup G: Brasil, Serbia, Swiss, dan Kamerun
  • Grup H: Portugal, Ghana, Uruguay, dan Korea Selatan.

6. Hati-hati mengadakan acara nobar tanpa izin, bisa kena denda Rp1 miliar

6 Fakta Penting Piala Dunia 2022 di QatarIlustrasi nobar. (unsplash.com/Gustavo Ferreira)

Gelaran pesta Piala Dunia tidak hanya dinikmati di Qatar saja. Seluruh pengusaha kafe, restoran, hotel, maupun tempat hiburan lainnya juga memanfaatkan momen untuk mendatangkan keuntungan dengan mengadakan nonton bareng (nobar).

Namun jika penyelenggara nobar tidak memiliki izin dari pemegang hak siar Piala Dunia di Indonesia, dalam hal ini Surya Citra Media (SCM), maka dianggap ilegal. Siap-siap saja penyelenggara ilegal akan didenda sebesar Rp1 miliar jika tertangkap basah melakukan nobar Piala Dunia tanpa izin dari pihak SCM.

Bagaimana kalau nobarnya di rumah ya? Tentu saja hal ini tidak melanggar, karena bukan tempat publik, bahkan justru dianjurkan menonton Piala Dunia bersama keluarga di rumah. Kalo kamu nonton bareng siapa nih?

Sudah siap menyambut tim idola kamu bertanding di Piala Dunia? Hiruk pikuk Piala Dunia sudah terasa. Warga banyak yang menaikkan bendera tim kebanggaannya sebagai tanda dukungan kepada timnas tersebut. Semoga Indonesia bisa tampil lagi di Piala Dunia berikutnya.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya