Tampil Memukau di Olimpiade Tokyo, Ini 5 Fakta Menarik Kevin Sanjaya

Marcus Fernaldi dan Kevin Sanjaya emang TOP sih #Tokyo2020

Pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo, meraih kemenangan gemilang setelah menaklukkan pebulu tangkis andalan India, Rankireddy dan Shetty di Grup A Olimpiade Tokyo, Senin (26/7/2021). Kemenangan 2 set langsung The Minions membuat keduanya mengamankan satu tiket ke perempat final.

Kevin Sanjaya memang menarik perhatian di pertandingan tersebut, dengan permainannya yang impresif dan menghibur. Mulai dari teknik backhand smash berputar yang unik, hingga jump smash di depan net yang membuat wakil India kewalahan.

Namun The Minions kalah dua set dari pebulu tangkis Taipei, Lee/Wang, pada Selasa (27/7/2021). Mereka hanya unggul pada set kedua dengan angka 21-15.

Berikut fakta Kevin Sanjaya Sukamuljo yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Pernah mendapat julukan sebagai "anak ajaib"

Tampil Memukau di Olimpiade Tokyo, Ini 5 Fakta Menarik Kevin SanjayaInstagram.com/kevin_sanjaya

Kevin Sanjaya Sukamuljo lahir di Banyuwangi, Jawa Timur pada 2 Agustus 1995. Ia mengawali debutnya pada tahun 2012 di ajang Kejuaraan Junior Asia 2012.

Gaya permainan cepat dan pukulannya yang sulit ditebak lawan, membuat dia dijuluki sebagai "anak ajaib" oleh rekan-rekan atlet maupun penggemarnya kala itu.

"Iya saya pernah mendengar tentang hal itu (Julukan si anak ajaib). Tapi saya aminin saja, semoga benar," ujar Kevin Sanjaya, dikutip dari djarumbadminton.com.

2. Pernah menjadi pemain tunggal putra

Tampil Memukau di Olimpiade Tokyo, Ini 5 Fakta Menarik Kevin SanjayaInstagram.com/kevin_sanjaya

Sebelum menjadi pemain ganda peringkat nomor 1 dunia versi WBF seperti sekarang, Kevin pernah bermain untuk sektor tunggal putra. Bahkan ia sempat enggan bermain untuk ganda putra.

Namun saat bermain di sektor tunggal, Kevin tidak menunjukkan prestasi yang gemilang. Sehingga pada tahun 2010, ia harus menerima untuk dimainkan di sektor ganda putra.

Keputusannya itu ternyata tepat. Kevin yang kini dipasangkan bersama Marcus Gideon menjadi pemain sektor ganda putra paling lama menempati peringkat 1 dunia versi WBF.

3. Punya produk minuman sendiri

Tampil Memukau di Olimpiade Tokyo, Ini 5 Fakta Menarik Kevin SanjayaInstagram.com/kevin_sanjaya

Selain fokus menjadi atlet, Kevin ternyata mengembangkan bisnis produk minuman. Ia sadar jika tidak selamanya bisa menggantungkan hidup menjadi seorang atlet.

Produknya itu diberi nama Vinion, yang merupakan akronim dari nama Kevin dan The Minions, julukan untuk Kevin dan Marcus.

Kevin mengembangkan bisnis minuman dari bahan dasar susu itu bersama kerabatnga. Ide ini muncul dari kegemaran Kevin pada susu.

4. Pernah dirumorkan dekat dengan pebulu tangkis putri Australia, Gronya Somerville

Tampil Memukau di Olimpiade Tokyo, Ini 5 Fakta Menarik Kevin SanjayaPBSI

Tidak hanya prestasinya di lapangan, kehidupan pribadi Kevin juga menjadi daya pikat publik. Kevin dirumorkan dekat dengan pebulu tangkis Australia, Gronya Somerville. Isu itu muncul pada tahun 2017 lalu, atau tepatnya ketika gelaran Hong Kong Open. Namun keduanya meyakinkan publik, bahwa mereka hanya berteman.

5. Berstatus sebagai PNS Kemenpora

Tampil Memukau di Olimpiade Tokyo, Ini 5 Fakta Menarik Kevin SanjayaInstagram.com/kevin_sanjaya

Kevin dan Marcus bersama 16 pebulu tangkis lainnya resmi menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kemenpora pada tahun 2018. Hal ini sebagai bentuk penghargaan kepada atlet yang telah mengharumkan nama Indonesia.

Ada beberapa kriteria pengangkatan atlet sebagai PNS yang harus dipenuhi. Yaitu minimal mendapatkan perunggu pada olimpik dan paralimpik serta kejuaraan dunia tahun 2016, minimal mendapatkam perak pada Asian Games dan Para Games serta kejuaraan Asia tahun 2014, minimal mendapatkan emas pada Sea Games dan Asean Para Games serta kejuaraan Asean lainnya pada 2015 hingga 2017.

Nah itu dia fakta Kevin Sanjaya, atlet bulu tangkis kebanggaan Indonesia.

Topik:

  • Irma Yudistirani
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya