Bali Trail Running Melintas di 12 Desa di Kintamani

Jangan lupa pemanasan ya

Denpasar, IDN Times - Bali Trail Running akan kembali digelar 21 Mei 2023 mendatang melintasi 12 desa di Kintamani, Kabupaten Bangli. Perkumpulan olahraga lari lintas alam (trail run) ini akan diikuti sebanyak 934 peserta dari 41 negara.

Race Director, I Putu Agus Darmayuda mengatakan, kegiatan tahun ini akan melombakan beberapa kategori. Penyelenggaraannya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni adanya penambahan kategori ultra yaitu 55 kilometer.

Dengan berlangsungnya kegiatan ini diharapkan dapat kembali menggerakkan pariwisata Bali usai pandemik COVID-19.

1. Ada empat kategori akan diselenggarakan

Bali Trail Running Melintas di 12 Desa di KintamaniBali Trail Running. (Dok.IDN Times/istimewa)

Putu Agus Darmayuda mengatakan, event Trail Run selain menambah kategori jarak tempuh kali ini juga menggandeng sponsor utama yakni Bank BCA. Sehingga trail run tahun ini bertajuk BCA BTR ULTRA 2023. Beberapa kategori dilombakan yaitu 7 Km, 15 Km, 30 Km dan 55 Km.

Kegiatan ini diakui sebagai bagian dari sport tourism diharapkan mampu menjadi satu alternatif kegiatan wisata berbasis keindahan alam. Selain itu juga melibatkan UMKM lokal, dan beberapa pelaku ekonomi kreatif untuk mendukung perputaran ekonomi masyarakat setempat.

“Untuk lebih mengenalkan olahraga trail run kepada masyarakat. Dan tentunya ikut mendukung pemerintah dalam menggerakkan kembali pariwisata yang sempat turun,” jelasnya pada Jumat (19/5/2023).

2. Melintasi 12 desa, dan maksimalkan pemandangan di Kintamani

Bali Trail Running Melintas di 12 Desa di KintamaniBali Trail Running. (Dok.IDN Times/istimewa)

Kegiatan ini akan diselenggarakan 21 Mei 2023 tersebut, mengambil Race Venue di Batur Natural Hot Spring, Kintamani. Peserta akan melalui 12 desa ada di Kintamani, dan melewati kawasan Geopark Batur, yaitu Black Lava, Gunung Batur, area Padang Pasir Culali, hutan pinus batur. Sementara itu khusus untuk kategori 55 Km akan melalui Gunung Abang dan Bukit Trunyan.

“Kami sangat berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi seluruh pelari peserta agar dapat menikmati berlari diindahnya kawasan Kintamani dan menjadikan moment yang akan selalu dikenang,” jelasnya.

3. Diikuti 41 negara peserta, peserta terbanyak dari Indonesia

Bali Trail Running Melintas di 12 Desa di KintamaniBali Trail Running. (Dok.IDN Times/istimewa)

Kegiatan ini akan diikuti sebanyak 934 peserta dari 41 negara. Dari jumlah tersebut terinci 740 peserta dari Indonesia, dan 194 peserta dari luar negeri. Sedangkan untuk jumlah peserta mengikuti trail run dalam setiap kategori diantaranya:

  • Jarak 7 Km diikuti 81 peserta laki-laki, dan 99 peserta perempuan
  • Jarak 15 Km diikuti 364 peserta laki-laki, dan 129 peserta perempuan
  • Jarak 30 Km diikuti 130 peserta laki-laki, dan 37 peserta perempuan
  • Jarak 55 Km diikuti 71 peserta laki-laki, dan 23 peserta perempuan

Beberapa negara peserta terlibat di antaranya Argentina, Jepang, Australia, Malaysia, Austria, Myanmar, Belarusia, Belanda, Belgia, Norwagia, Brazil, Peru,  Bulgaria, Filipina, dan Kanada. Ada juga dari Rumania, Cili, Rusia, China, Singapura, Kolombia, Afrika Selatan, Kroatia, Spanyol, Czech Republik, Swedia, Prancis, Swiss, Jerman, dan Taiwan, Hungaria, Thailand, Hong Kong, Ukraina, India, Inggris, Indonesia, Amerika Serikat, Irlandia, Zambia, dan Italia.  

Baca Juga: Fans Tidak Perlu Khawatir, Adilson Datang Masih Ada Slot Pemain Asing

Topik:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya