Ada Bali United, 6 Tim Liga 1 yang Terima Hasil Pahit saat Injury Time

Kemenangan di depan mata harus pupus seketika

Injury time, waktu tambahan yang diberikan wasit setelah 90 menit waktu normal. Waktu ini diberikan karena saat berlangsungnya pertandingan terdapat beberapa gangguan seperti adanya pelanggaran, pemain cedera, atau insiden lain yang menyebabkan pertandingan terhenti.

Kadang injury time disebut sebagai waktu yang bisa membuat tim merasakan pahitnya pertandingan karena kemungkinan adanya gol tidak terduga. Misalnya, saat suatu tim sudah unggul di waktu normal, namun harus kemasukan gol saat injury time dan mengubah keadaan menjadi seri atau justru kalah. Kondisi ini sering terjadi dalam pertandingan sepak bola, termasuk di Liga 1, liga kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Siapa saja tim yang pernah mengalaminya?

Baca Juga: Petaka Pada Menit Akhir, Fans Kritik Permainan Bali United

1. Persija Jakarta vs Bali United

Ada Bali United, 6 Tim Liga 1 yang Terima Hasil Pahit saat Injury TimeSpaso saat selebrasi seuasi mencetak gol ke gawang Persiraja Banda Aceh. (instagram.com/baliunitedfc)

Bali United yang telah unggul sementara 2-1 atas tim tuan rumah Persija Jakarta pada pertandingan Liga 1 2022/2023, Minggu (15/1/2023), di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, harus gigit jari. Hal ini karena Persija berhasil menyarangkan dua gol ke gawang Bali United saat injury time (tambahan waktu).

Dua gol kemenangan Bali United saat waktu normal yang dicetak oleh Ilija Spasojevic pun terasa hambar saat Persija berhasil melesatkan dua gol menyakitkan yang disarangkan oleh Hansamu Yama Pranata dan Ondrej Kudela. Dua gol saat injury time ini sontak membuat pendukung tuan rumah bergembira merayakan kemenangan tim kebanggaannya.

2. Arema FC vs PSIS Semarang 

Ada Bali United, 6 Tim Liga 1 yang Terima Hasil Pahit saat Injury TimeTim Arema Malang saat sedang berlatih. (Instagram.com/aremafcofficial)

Pertandingan antara Arema FC vs PSIS Semarang yang terjadi pada Sabtu (30/7/2022) di Stadion Kanjuruhan, Malang, juga membawa petaka bagi PSIS Semarang saat injury time. PSIS yang sebagai tuan rumah telah berhasil menghadang Arema FC dengan skor 1-1 hingga 90 menit di pertandingan Liga 1 2022/2023.

PSIS berhasil membobol gawang Arema FC melalui Marukawa. Gol ini kemudian dibalas Arema FC melalui Ilhamuddin. Memasuki injury time, sundulan Alfarizi saat menerima sepak pojok dari Irsyad Maulana, mampu disontek oleh Sergio Silva sehingga mengubah skor 2-1 untuk kemenangan Arema FC. Hampir mendapatkan poin satu dari hasil seri, PSIS harus menerima kekalahan saat injury time.

3. Persebaya vs Persela 

Ada Bali United, 6 Tim Liga 1 yang Terima Hasil Pahit saat Injury TimePersebaya Surabaya dihadapan pendukungnya. (instagram.com/officialpersebaya)

Saat pertandingan Liga 1 2021/2022, Persebaya harus puas berbagi poin bersama Persela. Pertandingan yang berlangsung di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar pada Kamis (10/2/2022) ini berakhir dengan skor 2-2.

Hingga waktu 90 menit, Persebaya berhasil mengoleksi gol dari Taiseu dan Valpoort, sedangkan Persela dari Radiansyah. Wasit kemudian memberikan waktu tambahan selama tiga menit.

Saat Persebaya bersiap untuk merayakan kemenangannya, Al Jaberi, pemain asing secara mengejutkan berhasil menjebol gawang Persebaya pada menit kedua saat injury time. Dengan gol ini tentunya membuat Persebaya harus rela kehilangan 3 poin dan berbagi 1 poin dengan Persela.

4. Persija vs Persebaya 

Ada Bali United, 6 Tim Liga 1 yang Terima Hasil Pahit saat Injury TimeKlub Persija Jakarta. (Instagram.com/persija)

Tidak hanya pernah membuat gol kemenangan saat injury time, Persija juga pernah merasakan kebobolan di saat injury time. Hal ini terjadi saat Persija menghadapi Persebaya dalam pertandingan lanjutan Liga 1 2022/2023 yang berlangsung pada Jumat (16/12/2022), di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Saat itu Persija harus rela bermain imbang setelah mereka kebobolan saat injury time.

Di waktu normal, Persija berhasil mencetak gol semata wayangnya dari Alfriyanto Nico. Gol kemenangan Persija ini bertahan hingga waktu normal usai. Namun saat injury time, Persija dikejutkan oleh gol yang diciptakan dari kaki Silvio Junior pada menit keempat. Tentunya, gol ini memupus kemenangan Persija yang sudah di depan mata.

5. Persis Solo vs Persib 

Ada Bali United, 6 Tim Liga 1 yang Terima Hasil Pahit saat Injury TimePemain Persis Solo. (instagram.com/persisofficial)

Persis Solo pun harus merasakan gol pahit di masa injury time. Klub milik Kaesang Pengarep, putra dari Presiden Jokowi ini hampir menahan imbang Persib pada lanjutan Liga 1 2022/2023 di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (18/12/2022) lalu.

Gol Persis Solo diciptakan oleh Irfan Bahdim yang kemudian dibalas oleh Ciro Alves, sehingga skor menjadi 1-1 hingga waktu normal berakhir. Memasuki masa injury time, Persib Bandung berhasil mencuri 1 gol dari sundulan Ezra Walian.

Gol tersebut sekaligus memupus Persis Solo untuk mendapatkan tambahan satu poin. Mereka justru harus tunduk dihadapan Persib dengan skor 1-2.

6. Persebaya vs PSIS 

Ada Bali United, 6 Tim Liga 1 yang Terima Hasil Pahit saat Injury TimePemain PSIS (biru) di lapangan hijau. (psis.co.id)

PSIS kembali merasakan pahitnya gol di masa injury time setelah sebelumnya dikalahkan Arema FC melalui gol saat injury time pada 30 Juli 2022. Kali ini, Persebayalah yang mendapatkan keuntungan dari gol saat injury time.

Pertandingan antara Persebaya vs PSIS Semarang ini berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (23/8/2023), pada lanjutan Liga 1 2022/2023. Permainan berlangsung imbang tanpa gol hingga babak normal.

Petaka terjadi saat Persebaya terus menggempur pertahanan PSIS di masa injury time. Akhirnya, Persebaya berhasi mencetak gol di menit ke-95 dari kaki Marselino Ferdinan, sekaligus menutup pertandingan dengan kemenangan Persebaya Surayaba 1-0 atas PSIS Semarang.

Kebobolan saat injury time kerap terjadi karena menurunnya konsentrasi pemain untuk mengamankan gawang mereka. Sedih? Bukan sedih lagi sih, tetapi sangat menyakitkan. Apalagi seperti yang dialami Bali United dengan kemenangan yang sudah di depan mata, tapi harus pupus di masa injury time oleh dua gol dari Persija Jakarta.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya