Profil Alain Robert, Panjat Bangunan di Uluwatu

Ia penakluk gedung pencakar langit di berbagai negara

Pastinya semua tahu tokoh superhero Spider-Man yang memiliki kemampuan untuk memanjat gedung. Ternyata, dalam kehidupan nyata ada sosok manusia yang memiliki kemampuan mirip Spider-Man. Ia adalah Alain Robert, pendaki profesional yang terkenal karena ketangguhannya menaklukkan gedung-gedung tinggi dunia.

Keunikan Alain Robert adalah ia tidak menggunakan alat bantu saat menaklukkan gedung-gedung pencakar langit. Ia hanya menggunakan sepatu mendaki dan kantong kecil berisi kapur. Bagaimana awalnya Alain Robert tertarik dengan dunia yang digelutinya saat ini? Langsung disimak ya!

1. Mulai melakukan aktivitas mendaki sejak remaja

Profil Alain Robert, Panjat Bangunan di UluwatuAlain Robert saat menaklukkan gedung pencakar langit. (commons.wikimedia.org/graeme.deuchars)

Alain Robert yang dikenal dengan julukan The Human Spider-Man lahir di Digoin, Saone-et-Loire, Prancis, pada 7 Agustus 1962. Seperti dilansir climbinghouse.com, Alain Robert kecil adalah seorang anak yang selalu diliputi rasa takut dalam berbagai, hal termasuk kematian. Untuk menghilangkan rasa takutnya, ia melakukan aktivitas pendakian.

Ia mengagumi para pendaki gunung hebat seperti Reinhold Messner dan Walter Bonatti. Hal inilah yang mendorongnya untuk melakukan pendakian gunung di wilayah Ardeche, dan Vecors di wilayah Auvergne-Rhône-Alpes bagian tenggara Prancis.

Pada awal terjun di dunia ini, ia masih menggunakan tali pengaman. Kemudian secara perlahan ia meninggalkan tali pengaman untuk melakukan Free Solo, satu kategori pendakian yang sangat berbahaya.

2. Beralih ke pendakian gedung

Profil Alain Robert, Panjat Bangunan di UluwatuAlain Robert saat dintagkap polisi. (Climbinghouse.com)

Alain Robert memilih beralih memanjat gedung-gedung tinggi. Bermula ketika ia pergi ke Chicago untuk syuting film pada tahun 1994. Menurutnya, kota tersebut seperti membuka pintu menuju semesta baru, yaitu pegunungan berupa besi dan kaca. Semenjak itu, ia secara rutin melakukan aksi memanjat gedung-gedung tinggi hanya menggunakan sepatu pendakian dan tas kecil berisi kapur sebagai peralatan.

Ia kemudian menjelma menjadi sosok kontroversial. Aksi-aksi berbahaya yang ia lakukan kerap membuatnya harus berhadapan dengan pihak keamanan, bahkan tak jarang hingga mendekam ke sel tahanan. Berikut beberapa penangkapan terhadap Alain Robert karena melakukan pendakian ilegal dan tanpa izin di gedung-gedung pencakar langit:

  • Beberapa kali pernah ditangkap di Amerika Serikat karena pendakian ilegal di beberapa gedung seperti Empire State Building di New York, Gedung New York Times di New York
  • Pernah ditangkap di Malaysia setelah mendaki Menara Petronas di Kuala Lumpur yang sempat menjadi gedung tertinggi di dunia hingga tahun 2004
  • Beberapa negara lainnya di Eropa, Asia, dan Amerika Selatan, termasuk di negaranya sendiri, di Prancis.

3. Gedung yang berhasil didaki oleh Alain Robert

Profil Alain Robert, Panjat Bangunan di UluwatuAlain Robert saat menaklukkan gedung pencakar langit. (YouTube.com/Alain ROBERT)

Lalu gedung-gedung pencakar langit mana saja yang sempat didaki oleh Alain Robert? Berikut daftar gedung-gedung tersebut:

  • Menara Eiffel, Paris, Prancis pada 1996 dan 2015. Aksinya pada 2015 tertangkap oleh media dan membuatnya menjadi perhatian banyak orang di seluruh dunia
  • Gedung tertinggi dunia, Burj Khalifa, di Dubai pada tahun 2011. Ia berhasil mendaki gedung setinggi 828 meter ini tanpa menggunakan tali pengaman
  • Pada tahun 1994 dan 2008, Alain Robert berhasil mendaki gedung ikonik di Amerika Serikat, Empire State Building
  • Pada tahun 1997, ia berhasil mendaki Gedung Petronas Twin Tower di Kuala Lumpur, Malaysia
  • Ia juga pernah memanjat Sydney Tower, Sydney Opera House, dan Sydney Harbour Bridge pada 1997
  • Gedung Jin Mao Tower berhasil ditaklukkannya pada tahun 2008
  • Alain Robert mendaki Aspire Tower di Doga, Qatar, pada 2012
  • Pada 2003, ia memanjat National Bank od Abu Dhabib, Uni Emirat Arab
  • Torre Agbar, gedung pencakar langit di Barcelona berhasil ditaklukkan pada 2016
  • Masih banyak lagi gedung-gedung yang berhasil didaki oleh Alain Robert.

Terbaru, Alain Robert terlihat berada di Bali. Itu berdasarkan unggahan akun Instagram-nya yang memperlihatkan dirinya sedang memanjat bangunan di Alila Villa Uluwatu. Akankah ia akan memanjat gedung atau bangunan tinggi di Bali lainnya?

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya