Comscore Tracker

6 Atlet Bali Penyumbang Emas SEA Games 2023

Didominasi atlet perempuan nih. Gokil!

SEA Games 2023 Kamboja yang berlangsung sejak 26 April hingga 17 Mei 2023 telah berakhir. Indonesia berhasil menyabet 87 medali emas dan menduduki posisi ketiga dalam daftar perolehan medali. Perolehan medali emas ini melampaui target yang diberikan, yaitu 69 medali emas.

Para atlet Bali yang turun di berbagai cabang olahraga (cabor) juga turut menyumbangkan medali emas bagi Kontingen Indonesia. Nama-nama atlet langganan medali emas di SEA Games adalah Gung Manik dan Maria Londa. Berikut ini deretan atlet Bali yang menyumbang emas di SEA Games 2023.

Baca Juga: 5 Hal Unik Timnas Indonesia Terjadi di Final SEA Games 2023

Baca Juga: 6 Pencetak Gol Terbanyak Timnas Indonesia di SEA Games 2023

1. Sayu Bella Sukma Dewi

6 Atlet Bali Penyumbang Emas SEA Games 2023Sayu Bella Sukma Dewi saat meraih medali emas di SEA Games 2023. (Instagram.com/sayuuubella_)

Nama Sayu Bella Sukma Dewi bersinar di ajang SEA Games 2023. Atlet cabor balap sepeda ini berhasil menyumbangkan dua medali emas untuk kontingen Indonesia. Pada ajang ini ia turun di nomor perorangan dan nomor beregu atau tim.

Dua medali emas ini ia peroleh saat bertanding di nomor Cross Country Olympic (XCO), pada Sabtu (6/5/2023) lalu, dan nomor Cross Country Team Relay. Untuk nomor perorangan, ia berhasil mengalahkan Yonthanan Phonkla dari Thailand dan Nur Assyria Zainal Abidin dari Malaysia. Sedangkan di nomor beregu ia turun bersama Dara Latifah, Zaenal Fanani, dan Feri Yudoyono.

2. Ni Gusti Agung Ayu Manik Trisna Dewi Wetan

6 Atlet Bali Penyumbang Emas SEA Games 2023Gung Manik saat meraih medali emas di SEA Games 2023. (Instagram.com/kemenpora)

Atlet kelahiran Kabupaten Tabanan yang akrab disapa Gung Manik ini berhasil memperoleh dua medali emas untuk cabor Vovinam di ajang SEA Games 2023 Kamboja. Ia mendapatkan dua medali emasnya di nomor Women's Dragon Tiger Form dan Women's Yin-Yang Sword Form. Ia berhasil mengungguli lawan-lawannya, termasuk atlet tuan rumah Kamboja.

Pada perhelatan SEA Games Vietnam tahun lalu, ia memperoleh medali emas untuk nomor Single Weapon Practice: Women's Yin Yang Sword Form. Medali emas lainnya juga pernah ia peroleh dalam SEA Games 2011 di Jakarta untuk nomor Tinh Hoa Loung Nghi Kiem. Guru Matematika di SMPN 1 Selemadeg ini sebelum menekuni Vovinam, ternyata aktif di cabor Pencak Silat.

3. Komang Teguh Trisnanda

6 Atlet Bali Penyumbang Emas SEA Games 2023Komang Teguh Trisnanda saat membela timnas Indonesia. (Instagram.com/komangteguhh_fc)

Putra Bali kelahiran Kabupaten Bangli, Komang Teguh Trisnanda, bersama Timnas Sepak Bola U22 Indonesia berhasil meraih medali emas di SEA Games 2023. Komang Teguh dan kawan-kawan berhasil menundukkan Thailand dengan skor 5-2 di babak final.

Raihan ini sekaligus menyudahi paceklik medali emas sepak bola di ajang SEA Games selama 32 tahun. Indonesia terakhir kali meraih medali emas sepak bola pada gelaran SEA Games 1991 di Manila, Filipina.

Dalam ajang SEA Games 2023, pemain Borneo FC ini mencetak satu gol. Gol ini membawa Indonesia mengalahkan Vietnam 3-2 dan lolos ke semifinal. Lalu dalam laga final antara Indonesia vs Thailand, Komang Teguh terlibat keributan bersama pemain Thailand. Hal ini membuat dia mendapatkan kartu merah pada pertandingan tersebut.

4. Maria Natalia Londa

6 Atlet Bali Penyumbang Emas SEA Games 2023Maria Natalia Londa. (Instagram.com/kemenpora)

Tua-tua keladi adalah ungkapan yang patut disematkan kepada atlet Atletik Bali, Maria Natalia Londa. Usia yang relatif tidak muda lagi sebagai atlet, ia masih bisa berprestasi untuk Indonesia. Ia berhasil memperoleh medali emas Atletik untuk nomor lompat jauh putri di SEA Games 2023.

Ia telah mengoleksi enam medali emas di ajang SEA Games. Enam medali emas tersebut antara lain:

  • SEA Games 2013 di Myanmar memperoleh dua emas untuk nomor lompat jauh dan lompat jangkit
  • SEA Games 2015 di Singapura memperoleh dua emas untuk nomor lompat jauh dan lompat jangkit
  • SEA Games 2019 di Filipina memperoleh satu emas untuk nomor lompat lauh
  • SEA Games 2023 di Kamboja untuk nomor lompat jauh.

5. Kadek Pratita Citta Dewi dan Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi

6 Atlet Bali Penyumbang Emas SEA Games 2023Timnas basket putri 5x5. (Instagram.com/kemenpora)

Dua pebasket Bali yang turun di SEA Games 2023 Kamboja untuk nomor 5x5 putri ini berhasil menciptakan sejarah baru. Bersama rekan-rekannya di tim Basket Putri Indonesia, Kadek Pratita Citta Dewi dan Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi berhasil mengantarkan Indonesia meraih medali emas untuk pertama kalinya dalam sejarah keikutsertaan di SEA Games.

Timnas Basket Putri Indonesia berhasil menundukkan Singapura dengan skor 86-30, Minggu (14/5/2023) lalu. SEA Games 2023 kali ini diikuti oleh tujuh negara yaitu tuan rumah Kamboja, Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, dan Vietnam. Masing-masing tim bertemu, dan Indonesia berhasil menyapuh bersih enam pertandingan dengan kemenangan.

Sangat bangga melihat atlet-atlet Bali mampu menyumbang medali emas untuk Kontingen Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja. Hal ini membuktikan, bahwa Bali termasuk provinsi yang memiliki banyak atlet berbakat dan siap membela nama Indonesia di kancah internasional.

Ari Budiadnyana Photo Community Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya