Comscore Tracker

6 Penyebab Daun Tanaman Menguning, Jangan Langsung Dicabut!

Kamu masih aktif berkebun gak nih?

Kamu pasti sering melihat daun tanaman yang menguning, kan? Apalagi jika kamu suka berkebun langsung panik, karena belum tahu penyebabnya. Alhasil, kamu malah langsung mencabut tanamannya karena dikira mati.

Sebaiknya jangan panik dulu, ya. Ternyata gak selalu daun yang menguning karena tanamannya sudah mati, lho. Berikut enam penyebab daun tanaman menguning, simak ya!

Baca Juga: 5 Pohon Tertinggi di Dunia, Ada yang Hampir Setinggi Monas

1. Kekurangan nutrisi atau unsur hara utama yaitu nitrogen

6 Penyebab Daun Tanaman Menguning, Jangan Langsung Dicabut!ilustrasi memupuk (pexels.com/Antony Trivet)

Nutrisi yang biasanya dibutuhkan tanaman adalah nitrogen dan berperan sebagai pembentuk warna hijau atau klorofil pada daun.

Nah, warna hijau daun atau klorofil berperan vital saat fotosintesis terjadi. Alhasil, tanaman yang menguning karena kekurangan unsur ini, lama-kelamaan bisa mati.

Jadi kalau daun tanamannya menguning, kamu hanya perlu mencukupi asupan nutrisinya, kok. Berikan pupuk yang berimbang seperti pemberian pupuk kandang saat awal tanam, atau memenuhi unsur nitrogen dengan menambahkan pupuk urea ke tanaman.

Baca Juga: 5 Keunikan Kucing, Tebak Berapa Kali Dia Bernapas per Menit?

2. Sudah saatnya daun untuk gugur karena tutup usia

6 Penyebab Daun Tanaman Menguning, Jangan Langsung Dicabut!ilustrasi cahaya matahari yang tertutupi (pexels.com/Kaique Rocha)

Kamu sering melihat pohon yang daunnya berguguran, kan? Yap, sama halnya seperti tanaman milikmu. Sebelum daun itu berguguran, warnanya akan berubah dari hijau menjadi kuning.

Banyak penyebab daun bisa berguguran. Satu di antaranya karena usia tanaman yang sudah tua dan mau mati. Contohnya tanaman musiman seperti cabai, tomat, terung maupun semangka. Semuanya memiliki usianya masing-masing.

Berbeda dengan tanaman tahunan seperti jambu, mangga, dan alpukat yang bisa hidup panjang serta berbuah sepanjang tahun. Jadi, cukup kenali tipe tanaman yang kamu tanam, musiman atau tahunan. Kemudian jangan panik karena daun menguning merupakan hal yang wajar.

3. Mengurangi penguapan yang terjadi pada tanaman

6 Penyebab Daun Tanaman Menguning, Jangan Langsung Dicabut!Ilustrasi tanaman butuh air (pexels.com/greta hoffman)

Daun menguning dan akhirnya gugur itu tandanya tanaman sedang mengurangi penguapan air. Khususnya di musim kemarau dan suhu udara yang panas.

Fungsi daun menguning dan gugur adalah supaya tanamannya masih tetap bisa hidup. Mereka butuh meringankan tubuhnya di saat kondisi panas dan kekurangan air.

Nah, kamu bisa mengatasinya dengan menyiram tanaman secara rutin, khususnya saat suhu terasa panas. Cukup siram di pagi dan sore saja. Alhasil, tanaman kamu akan tetap kelihatan segar dan hijau.

4. Ada patogen penyebab sakit

6 Penyebab Daun Tanaman Menguning, Jangan Langsung Dicabut!Ilustrasi mencabut jamur pengaganggu (pexels.com/fabian wiktor)

Kemungkinan terbesar mengapa daun tanaman kamu berubah jadi kuning yaitu tanaman sedang terkena penyakit. Nah, penyakit yang diderita tanaman biasanya disebabkan oleh patogen. Contohnya disebabkan oleh jamur, bakteri ataupun virus.

Kamu bisa mengidentifikasinya lebih awal dengan menanyakan ke teman, kerabat atau tetangga yang bekerja sebagai penyuluh pertanian. Biar kamu jadi bertambah pengetahuan dan tahu cara mengendalikannya secara tepat.

Biasanya tanaman yang sakit bisa kamu kendalikan secara alami, atau menggunakan pestisida kok. Jangan lupa untuk mendahulukan pengendalian yang ramah lingkungan, ya.

5. Kemungkinan akarnya putus

6 Penyebab Daun Tanaman Menguning, Jangan Langsung Dicabut!Ilustrasi akar tanaman (pexels.com/Karolina Grabowska)

Daun tanaman biasanya sangat berhubungan dengan akar. Akar sendiri memiliki fungsi untuk menyerap nutrisi dan air dari tanah atau media tanam. Otomatis ketika akar ini patah, maka nutrisi dan air tidak akan terserap. Alhasil daun bisa menguning dan akhirnya tanaman mati.

Kamu bisa menduga akar patah jika salah dalam menempatkan tanaman ke media tanam. Selain itu, sembarangan dalam memindahkan tanaman tanpa memerhatikan akarnya juga berakibat fatal.

Biasanya hal dialami oleh pemula. Jadi kamu perlu berhati-hati saat memindahkan tanaman dari media tanam satu ke lainnya. Jangan lupa untuk memastikan akarnya tetap ada agar tanaman bisa tumbuh dengan baik, ya.

6. Ada hama atau binatang perusak tanaman di kebunmu

6 Penyebab Daun Tanaman Menguning, Jangan Langsung Dicabut!Ilustrasi binatang perusak di tanaman (pexels.com/tymur khakimov)v

Penyebab daun menguning selain karena patogen adalah karena adanya binatang perusak. Binatang ini biasanya merusak bagian jaringan daun maupun jaringan di mana unsur hara dan air bisa tersalurkan ke daun.

Otomatis daun bisa berwarna kuning karena dahannya patah, dan terputusnya jaringan dari dalam. Hama ini berbahaya jika hidup di dalam jaringan. Berbeda jika mereka hidup di luar, kamu bisa lebih mudah menyingkirkannya.

Nah, kuncinya jangan panik, sih. Cukup lihat dan amati, misalnya ada binatang tersebut, kamu bisa singkirkan atau musnahkan. Pastikan juga tanamanmu dirawat secata rutin, ya. Agar hewan perusak tidak sampai melukai tanaman kamu nantinya.

Nah, keenam penyebab di atas seharusnya sudah menjadi bahan pemahaman kamu, nih. Cukup amati, dan cari tahu penyebab daun tanamanmu menguning. Kemudian jangan panik dan lakukanlah tindakan yang bijak, ya!

Norman Wijaya Photo Community Writer Norman Wijaya

Semakin kreatif dan informatif! @norman_wijaya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya