Comscore Tracker

5 Hal yang Paling Ditakuti Kucing, Makin Gemes Deh Lihatnya

Apakah kamu pecinta kucing?

Kucing dikenal sebagai hewan yang sangat menggemaskan. Tapi tahu kah kamu ternyata dulu kucing adalah hewan liar yang hidup bebas di alam belantara? Hal ini berkaitan dengan adanya proses evolusi.  

Saat dulu masih hidup di alam, kucing berkedudukan sebagai mesopredator. Apa artinya? Kucing termasuk predator yang ditakuti. Namun di saat yang bersamaan, mereka juga menjadi mangsa bagi hewan lain yang lebih kuat. Karenanya kucing selalu waspada dan dalam keadaan tertentu menjadi penakut. 

Ada beberapa hal yang paling ditakuti oleh kucing. Mungkin terkesan sepele ya, tapi bagi kucing, hal-hal itu bisa membuat mereka langsung lari terbirit-birit. Apa saja? Kamu bisa simak penjelasannya di bawah ini ya:

Baca Juga: 10 Potret Lucu saat Kucing Gangguin Manusia, Mau Marah tapi Gak Tega

1. Balon

5 Hal yang Paling Ditakuti Kucing, Makin Gemes Deh LihatnyaUnsplash.com/catalinpop

Globophobia atau fobia balon tidak hanya dialami oleh manusia. Ternyata kucing pun bisa mengalami hal yang sama. Apa penyebabnya? Nah ternyata ada alasan kuat yang mendasari itu semua. 

Balon adalah salah satu benda yang bisa membuat kucing kaget setengah mati ketika meledak. Alasan lain yang kemungkinan membuat mereka takut adalah balon tampak seperti makhluk aneh yang melayang-layang sebagaimana disebutkan dalam The Cat Flix. Karena kucing tidak bisa mengenal apa itu balon, siapa mereka, dan bagaimana perilakunya, mereka pun menjadi merasa tidak aman. 

2. Anjing

5 Hal yang Paling Ditakuti Kucing, Makin Gemes Deh LihatnyaUnsplash.com/Tatiana Rodriguez

Kucing kerap merasa takut dan terancam oleh keberadaan anjing. Keduanya sering kali diibaratkan sebagai musuh bebuyutan, alias tidak akan pernah merasa akur. Tapi dalam keadaan tertentu, tidak sedikit juga lho kucing dan anjing bisa menjadi sahabat dekat. 

Apa alasannya? Kucing secara natural takut terhadap makhluk yang lebih besar daripada dirinya seperti dilansir dari Vet Street. Apalagi jika mereka tampak asing. Selain itu, kucing juga sering salah paham dengan anjing ketika mengajaknya bermain. Kucing akan mengira mereka diserang. Sebagai upaya pertahanan diri, mereka pun langsung lari dan bersembunyi. 

Berdasarkan informasi yang dimuat dalam Save Them All, anjing secara natural suka mengejar sesuatu yang kecil dan berlari kencang. Nah, tentu termasuk kucing kan? Sesungguhnya mereka bukanlah predator masing-masing lho.  

3. Suara keras

5 Hal yang Paling Ditakuti Kucing, Makin Gemes Deh LihatnyaIlustrasi kucing rumahan. (IDN Times/Nurulia R. Fitri)

Kucing akan cepat bersembunyi ketika mendengar suara yang keras dan berisik. Indra pendengaran kucing sangat sensitif. Bahkan mereka bisa mendengarkan dengan jelas suara langkah kaki hewan kecil yang menjadi mangsanya. Jadi kamu bisa mengerti kan, mengapa kucing tidak begitu suka dengan keramaian?

Beberapa suara yang sangat dihindari oleh kucing di antaranya suara vacuum cleaner, mesin, guntur, petasan, hingga bel rumah. Kamu yang pecinta kucing pasti sudah hapal ya dengan ini? 

4. Air

5 Hal yang Paling Ditakuti Kucing, Makin Gemes Deh LihatnyaIlustrasi Kucing. (IDN Times/Besse Fadhilah)

Dilansir dari Animal Friends, bulu kucing begitu mudah basah. Mereka akan kesulitan bergerak apabila badannya basah dan terasa berat. Dalam keadaan seperti itu, kucing pun merasa terancam dan tidak aman. 

Selain itu, ternyata kucing tidak suka dengan sensasi kedinginan setelah tubuhnya diguyur air. Apalagi jika airnya beraroma kimia dan bau, mereka akan merasa semakin takut dan terganggu. 

5. Buah

5 Hal yang Paling Ditakuti Kucing, Makin Gemes Deh LihatnyaPexels.com/Manuel Joseph

Kulit pisang yang telah matang, dapat menghasilkan etilen. Dilansir dari Cat Wiki, bagi kucing bahan kimia alami itu adalah tanda bahaya. Selain pisang, ada buah lain yang juga memproduksi etilen ketika matang, di antaranya apel, alpukat, mangga, aprikot, pir, melon, tomat, dan lainnya. Kucing pun akan secara otomatis menjauh dari buah-buahan itu.  

Nah selain lima hal di atas, ada hal lainnya yang juga ditakuti oleh kucing. Kamu bisa baca di sini ya. 

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya