Comscore Tracker

5 Makna Pohon Beringin di India, Belajar dari Kasus Kematian Burari

Film dokumenter ini bikin bergidik

Kasus kematian keluarga Burari di India yang berjumlah 11 orang menjadi sorotan. Film ini didokumentasikan dalam Netflix dengan judul House of Secrets: The Burari Deaths. Dari interogasi kepolisian setempat, mereka meninggal setelah melakukan badh tapasya atau pemujaan pohon beringin.

Sebenarnya apa makna pohon beringin bagi masyarakat India? Ini lima maknanya yang mengutip dari Sanskritimagazine.com, dan Newsweek.com:

1. Pohon beringin merupakan pohon sakral di India. Pohon ini dikaitkan dengan Dewa Yama, yaitu dewa kematian

5 Makna Pohon Beringin di India, Belajar dari Kasus Kematian BurariFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/Imam Rosidin)

Pohon Beringin merupakan pohon sakral di India dan dan sering dikaitkan dengan dewa atau dewi. Beberapa cendekiawan percaya, bahwa pohon ini disembah terlebih dahulu untuk memohon kesembuhan dan pengobatan. Setelahnya, barulah para dewa dan dewi datang kemudian.

Pohon Beringin menurut keyakinan di India dikaitkan dengan Dewa Yama, yaitu dewa kematian. Pohon ini sering ditanam di luar desa dekat dengan pemakaman.

2. Pohon beringin dipercaya melanggengkan hubungan pernikahan

5 Makna Pohon Beringin di India, Belajar dari Kasus Kematian Burarinewsd.in

Dalam Mahabharata dikisahkan seorang perempuan bernama Savitri yang kehilangan suaminya. Di dekat Pohon Beringin, Savitri mengikuti Dewa Yama ke tanah kematian. Karena tekad dan kecerdasannya, ia berhasil membawa kembali kehidupan suaminya.

Dari kisah itu, para perempuan di India kemudian melakukan ritual mengelilingi Pohon Beringin, dan mengikatkan tujuh tali di sekelilingnya. Ritual ini adalah simbolis mengikat keabadian di dalam kehidupan pernikahan. Para perempuan mengamankan kehidupan suaminya. Ritual ini dipercaya melindungi diri dari menjanda, yang diyakini sebagai nasib terburuk bagi seorang perempuan.

3. Pohon beringin sebagai lambang spritual

5 Makna Pohon Beringin di India, Belajar dari Kasus Kematian Burariyouthincmag.com

Para petapa dan orang bijak di India meyakini hidup bukan untuk tubuh, melainkan untuk jiwa. Sejumlah pertapa mitologis dan religius banyak yang duduk di bawah PohonBeringin dan merenungkan realitas kehidupannya.

Dikatakan pula, bahwa Sri Krishna membacakan ajaran Bhagavad Gita ketika berdiri di bawah Pohon Beringin. Selain Agama Hindu, Pohon Beringin juga dianggap suci dalam Agama Buddha. Sebab Buddha Gautama duduk di bawahnya selama tujuh hari untuk bermeditasi.

Secara keseluruhan, apa pun zaman atau agamanya, Pohon Beringin telah mengubah cara berpikir dunia secara spiritual.

Baca Juga: Kumpulan Nasihat Sri Krishna Tentang Kehidupan yang Tak Adil

4. Pohon Beringin tidak dipakai dalam ritual pernikahan dan kelahiran

5 Makna Pohon Beringin di India, Belajar dari Kasus Kematian Burariinstagram.com/wedistan_

Jika ada kepercayaan Pohon Beringin bisa melanggengkan pernikahan, namun pohon ini bukan menjadi bagian tanaman yang dipakai untuk upacara pernikahan dan kelahiran di India. Hal ini karena Pohon Beringin tidak mengizinkan tanaman lain bisa tumbuh di bawah naungannya, dan menghalangi sinar matahari sebagai sumber energi tanaman lain untuk memproduksi makanan. Karena itu, Pohon Beringin dipercaya sebagai tumbuhan yang tidak mengizinkan kelahiran kembali.

Baca Juga: 4 Cara Menjalani Hidup Menurut Sri Krishna, Segeralah Beradaptasi!

5. Pohon Beringin sebagai simbol keabadian

5 Makna Pohon Beringin di India, Belajar dari Kasus Kematian BurariRachnakar.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Pohon Beringin merupakan simbol keabadian, bukan bagian dari upacara pernikahan dan kelahiran. Pernikahan dan kelahiran dianggap mewakili  perubahan besar dalam hidup serta ketidakstabilan. Sementara Pohon Beringin adalah kebalikannya.

Maknanya stabil, konstan, dan memiliki umur panjang. Ini bisa dilihat dari usia Pohon Beringin yang bisa mencapai ratusan tahun, memiliki akar gantung yang jika mencapai tanah dapat berubah menjadi batang. Sehingga dalam beberapa dekade akan sulit untuk membedakan akar dari batangnya.

Hal-hal yang melatarbelakangi pengertian keabadian menjadi keberuntungan di India misalnya gunung abadi, laut abadi, dan berlian abadi yang tidak dapat dihancurkan. Ini karena sejak zaman kuno, para petapa di India sangat menyadari sifat fana dari benda-benda di sekitar. Semuanya mati, setiap tanaman, setiap hewan, masa kini menjadi masa lalu dalam sekejap.

Dalam dunia yang terus berubah, masyarakat mencari keteguhan dan keabadian. Karena itu pula, Pohon Beringin dianggap layak untuk dipuja karena selalu hijau dan teduh, tempat perlindungan abadi bagi semua makhluk yang tidak mampu menanggung keanehan dalam kehidupannya.

Itulah lima makna Pohon Beringin bagi masyarakat India.

Baca Juga: Doa Mandi Hindu, dari Gosok Gigi Hingga Memakai Pakaian

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya