Comscore Tracker

Startup Weekend Indonesia Online Women: Perempuan Itu Kuat

Tri Rismaharini tegaskan jangan ragukan kekuatan perempuan

Denpasar, IDN Times - Setelah mengimplementasikan Global Online Startup Weekend Indonesia COVID-19 pada April 2020 dan Startup Weekend Indonesia NextGen pada Oktober 2020, kali ini KUMPUL hadir dengan program baru. Pada Rabu (21/4/2021), Startup Weekend Indonesia (SWI) Online Women dihadirkan sebagai bagian dari tahapan program WomenCreate by KUMPUL.

Program ini telah dilaksanakan di 7 kota, di antaranya Jakarta, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Pontianak, Manado, dan Bali dengan total lebih dari 101 tim peserta dari berbagai industri. Selanjutnya, 20 tim bisnis dipilih untuk mengikuti Intensive Bootcamp selama dua hari yakni pada 22 dan 23 April 2021.

Dengan hadirnya program ini diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada founder bisnis, khususnya founders perempuan, untuk bersama-sama menciptakan dan
mengembangkan bisnis yang mampu bersaing di pasar global. Selain itu, juga dalam beradaptasi dengan teknologi, inovasi, dan mengatasi tantangan dengan kreativitas,
kelincahan, ketahanan, dan empati.

1. Perempuan kuat sebagai sosok ibu rumah tangga maupun saat menjadi seorang wanita karir

Startup Weekend Indonesia Online Women: Perempuan Itu KuatStartup Weekend Indonesia Online Women. (Dok.IDNTimes/KUMPUL)

Acara Startup Weekend Indonesia Online Women sekaligus dalam memperingati Hari Kartini. Sejumlah figur pemimpin perempuan yang memiliki dampak besar di industrinya diundang sebagai narasumber. Selain untuk memberi pemahaman tentang menjalankan bisnis, pada tahapan kali ini Startup Weekend Indonesia juga mengajak seluruh peserta untuk memahami aspek-aspek yang perlu diperhatikan untuk menjadi seorang pemimpin perempuan.

Conference yang diadakan secara live di kanal Youtube milik KUMPUL dibuka oleh Menteri Sosial Republik Indonesia, Ibu Tri Rismaharini, Ketua Dekranasda dan Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur, Arumi Bachsin, dan CEO & Co-Founder KUMPUL, Faye
Wongso. Risma menegaskan, perempuan Indonesia adalah perempuan yang kuat, baik sebagai sosok ibu rumah tangga maupun di saat menjadi seorang wanita karir.

“Seorang perempuan Indonesia, atau perempuan di manapun berada, mereka kuat.
Tidak perlu kita meragukan kekuatan kita (sebagai perempuan),” tambahnya.

2. Bahas posisi perempuan dalam dinamika industri dan kepemimpinan di Indonesia

Startup Weekend Indonesia Online Women: Perempuan Itu KuatStartup Weekend Indonesia Online Women. (Dok.IDNTimes/KUMPUL)

SWI Online Women turut pula mengundang 12 pembicara perempuan untuk mengisi tiga sesi pada conference ini. Sesi Shaping The Future for Indonesia Women Leaders membahas topik seputar bagaimana posisi perempuan dalam dinamika industri dan kepemimpinan di Indonesia.

Dalam sesi ini hadir sebagai pembicara Staf Khusus Presiden Republik Indonesia, Ayu Kartika Dewi, Direktur Konsumer Bank BRI, Handayani, dan VP Human Resources and Procurement Telkomtelstra, Nieke L. Garnia. Sesi ini dimoderatori oleh Former CM Waze Indonesia & Eureka Women Host, Marlin L. Siahaan.

3. Perempuan yang telah memberikan dampak positif pada keseharian masyarakat Indonesia

Startup Weekend Indonesia Online Women: Perempuan Itu KuatStartup Weekend Indonesia Online Women. (Dok.IDNTimes/KUMPUL)

Sementara pada sesi Women that are Leading the Changes berfokus pada inovasi yang telah tercipta dari tangan perempuan yang telah memberikan dampak positif pada pola hidup dan keseharian masyarakat Indonesia.

Hadir sejumlah narasumber mumpuni pada sesi yang dimoderatori oleh VP Ecosystem KUMPUL, Amalia Aininnur. Mereka adalah Co-Founder Burgreens & Green Rebel, Helga Angelina Tjahjadi, CEO LinkAja, Haryati Lawidjaja, dan CEO & Co-Founder Tinkerlust, Samira Shihab. 

4. Mendorong perempuan untuk saling memberdayakan satu sama lain

Startup Weekend Indonesia Online Women: Perempuan Itu KuatStartup Weekend Indonesia Online Women. (Dok.IDNTimes/KUMPUL)

Pada sesi terakhir, dihadirkan diskusi dengan topik The Art of Self-Love. Sesi ini sedikit berbeda dengan dua sesi sebelumnya yang lebih membahas soal bisnis dan industri. Para pembicara membahas upaya-upaya pengembangan pesona, psikologis, dan seputar kesehatan mental untuk perempuan.

Narasumber yang dihadirkan di antaranya Founder Imageclinic.id, Mia Amalia, Wellbeing Facilitator Rumah Remedi, Mbu Nina,  dan Founder Eureka Women, Myrna Soeryo. Acara dimoderatori oleh SEA Business Director GoFace, Herlin Syahrita.

Mereka mengajak peserta conference untuk semakin mengembangkan bisnis dan leadership dalam berbagai topik panelis yang diberikan, sekaligus mendorong mereka untuk saling memberdayakan satu sama lain melalui program-program KUMPUL dan Startup Weekend Indonesia ke depannya.

Selama ini KUMPUL hadir sebagai penggerak ekosistem entrepreneurship dan startup di Indonesia yang mengkatalisasi pertumbuhan ekosistem ekonomi kreatif dan digital. Sejumlah program dijalankan bersama lebih dari 70 jaringan coworking dan
komunitas di 30 kota dan bersama 15.000 member. KUMPUL merupakan mitra utama Techstar, platform global untuk investasi dan inovasi. 

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya