[BREAKING] Prabowo Subianto Tiba di Istana Temui Jokowi

Benarkah ia jadi Menteri?

Denpasar, IDN Times - Satu hari pascapelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024, Joko Widodo disebut langsung mengumumkan nama-nama Menteri Kabinet Kerja Jilid II, Senin (21/10). Namun dari pantauan IDN Times melalui siaran langsung Kompas TV, sejumlah tokoh atau publik figur datang ke Istana Merdeka untuk menemui Presiden Jokowi.

Jika awalnya bertarung dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 dan menjadi oposisi, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) diwacanakan akan bergabung satu kapal bersama Presiden Jokowi. Apakah hal ini akan terbukti? Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, tiba di Istana Merdeka sekitar pukul 16.13 Wib. Inilah tokoh yang  paling ditunggu-tunggu oleh publik terkait sikapnya terhadap Pemerintah. Benarkah Prabowo akan menjadi Menteri?

1. Prabowo Subianto pakai baju putih

[BREAKING] Prabowo Subianto Tiba di Istana Temui JokowiYouTube/IDN Times

Prabowo tiba sekitar pukul 16.13 Wib dan tampak mengenakan pakaian berwarna putih. Ia langsung masuk ke dalam Istana meski dikerumuni oleh awak media. Prabowo tidak sendirian. Ia ditemani oleh Ketua Fraksi Gerindra di MPR RI periode 2014-2019 sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Edhy Prabowo.

2. Daftar nama tokoh sementara yang sudah menemui Presiden

[BREAKING] Prabowo Subianto Tiba di Istana Temui JokowiBerbagai Sumber

Berikut ini daftar nama tokoh sementara yang dipanggil dan telah bertemu Jokowi sampai pukul 14.00 Wib. Belum bisa dipastikan secara jelas jika tokoh-tokoh di bawah ini merupakan calon Menteri Kabinet Kerja periode 2019-2024 atau hanya diminta datang saja ke Istana. Karena hampir semua tokoh ketika diwawancara, menjawab secara kompak kalau pengumuman dan posisi menteri adalah hak prerogatif Presiden.

Namun Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Triadi Machmudin. memastikan, tokoh-tokoh yang keluar dari Istana dan memberikan keterangan pers merupakan calon menteri. Ini dia daftarnya:

  1. Mahfud MD: Ketua Mahkamah Konsitusi (MK) periode 2008-2013
  2. Nadiem Makarim: Pendiri startup Gojek
  3. Wishnutama Kusubandio: pendiri dan Komisaris Utama NET Mediatama Televisi, sekaligus mantan Tim Sukses Jokowi-Ma'ruf
  4. Erick Thohir: Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC), Mantan Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin
  5. Jenderal Tito Karnavian: Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri)
  6. Airlangga Hartarto: Mantan Menteri Perindustrian 2016-2019, Ketua Umum Partai Golkar
  7. Fadjroel Rachman: Komisaris Utama PT Adhi Karya Tbk.

3. Pelantikan disebut akan dilaksanakan hari Rabu

[BREAKING] Prabowo Subianto Tiba di Istana Temui JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Rencananya, Presiden Jokowi akan mengumumkan seluruh menteri-menteri pukul 07.00 Wib, hari Rabu (23/10). Hal ini diungkapkan oleh Mantan Ketua MK, Mahfud MD. Ia diminta untuk kembali datang ke Istana oleh Presiden Jokowi pada pukul 07.00 Wib. "Hari Rabu (23/10) jam 7 diundang ke sini. Diperkenalkan semua. Jam 9 itu penyerahan SK (Surat Keputusan). Sesudah itu pelantikan," ujarnya, dilansir dari siaran langsung Kompas TV, Senin (21/10).

4. Wishnutama akan mengundurkan diri dari NET dan Kumparan

[BREAKING] Prabowo Subianto Tiba di Istana Temui JokowiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sementara itu Komisaris Utama NET Mediatama Televisi, Wishnutama, mengaku telah diminta Presiden Jokowi menjadi Menteri Kabinet Kerja jilid II.

"Saya diminta membantu Beliau. Tentunya akan diumumkan nanti oleh Bapak Presiden langsung. Ya, kira-kira untuk meningkatkan kemampuan kreativitas di Indonesia, untuk meningkatkan devisa," kata Wishnu di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (21/10).

Karena diminta menjadi jajaran menteri Jokowi, ia segera mengundurkan diri dari NET dan Kumparan.

"Aturannya harus mengundurkan diri. Belum dong, secepatnya," ucap dia.

Wishnu bercerita, meskipun dirinya tidak bercita-cita sebagai menteri, ia tetap bersedia saat Jokowi meminta mengisi kursi Kabinet Kerja jilid II. Kendati, ia enggan mengatakan kementerian apa yang akan dipimpinnya.

"Meski saya tidak bercita-cita jadi menteri, saya bersedia," katanya.

Baca Juga: [BREAKING] Mundur dari Gojek, Nadiem: Saya Bersedia, Saya Menerima

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya