Comscore Tracker

Berbahaya! Ombak Tinggi Hingga 6 Meter Terjadi di Perairan Selat Bali

Kondisi ini terjadi sampai tanggal 14 Juni

Denpasar, IDN Times - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar memprediksi ombak tinggi hingga mencapai enam meter akan melanda perairan selatan Bali. Fenomena tersebut diprediksi akan berlangsung hingga empat hari ke depan hingga tanggal 14 Juni 2019.

1. Dipicu adanya fase MJO, hujan lebat di saat mucim kemarau

Berbahaya! Ombak Tinggi Hingga 6 Meter Terjadi di Perairan Selat BaliANTARA FOTO/Budi Candra Setya

Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah III Denpasar, Imam Faturahman, fenomena tersebut dipicu oleh fase Madden Julian Oscillation (MJO) basah yang masih aktif. Akibatnya, fase itu memunculkan hujan lebat di Indonesia padahal masih musim kemarau. Wilayah yang dilanda hujan berada di Indonesia bagian tengah timur.

"Efeknya otomatis akan memengaruhi dinamika atmosfer sehingga ada daerah yang mempunyai tekanan lebih rendah sehingga angin akan menuju ke situ," katanya kepada wartawan, Selasa (11/6) lalu.

2. Ombak tinggi berbahaya bagi para nelayan atau pengguna transportasi laut

Berbahaya! Ombak Tinggi Hingga 6 Meter Terjadi di Perairan Selat BaliIDn Times/Sunariyah

Ia menjelaskan, tingginya perbedaan tekanan menyebabkan kecepatan angin yang relatif cepat atau ekstrem. Hal tersebut memicu terjadinya gelombang tinggi laut. Saat ini, kata dia disebut sebagai angin timuran karena arah angin secara umum berasal dari arah timur tenggara.

Jadi, perbedaan tekanan antara utara selatan menyebabkan permukan laut yang lebih luas akan menghasilkan gelombang yang lebih tinggi.

Ia mencontohkan, di perairan selatan Bali yang anginnya kencang. Maka dampaknya ombak yang terbang semakin tinggi. Tentu hal ini berbahaya bagi para nelayan atau pengguna transportasi laut.

3. Dampaknya gak hanya di Bali saja tetapi juga Jawa

Berbahaya! Ombak Tinggi Hingga 6 Meter Terjadi di Perairan Selat Balireddit.com

Potensi ombak tinggi tak hanya berpotensi di Bali. Tetapi juga Jawa bagian Selatan. Adapun tinggi gelombang terpantau bisa mencapai empat sampai enam meter.

"Dan bukan hanya di Bali saja tapi di daerah Jawa juga. Pokoknya di perairan selatan, pasti cukup tinggi," ujarnya.

Sementara untuk bagian utara lebih rendah dan ketinggian gelombang masih di bawah dua meter.

Imbauan terkait hal ini adalah para wisatawan untuk waspada. Pasalnya ombak tinggi berbahaya karena bisa menggulung dan menenggelamkan.

4. Daerah yang berpotensi perairan ombaknya tinggi:

Berbahaya! Ombak Tinggi Hingga 6 Meter Terjadi di Perairan Selat BaliInstagram.com/bambery_surfer

Dari data yang diperoleh, tinggi gelombang empat hingga enam meter akan terjadi di Perairan Barat Enggano, Perairan Barat Lampung, Samudera Hindia Barat di Bengkulu hingga Lampung, Selat Sunda bagian selatan, perairan Selatan Jawa hingga Lombok, Selat Bali-Selat Lombok bagian Selatan, dan Samudera Hindia Jawa hingga Lombok.

Tetaplah waspada.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You