Viral Proyek Keruk Tebing di Pantai Kelingking Nusa Penida

Bukannya ada aturan sempadan tebing ya?

Klungkung, IDN Times - Pengerukan tebing di Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, kembali viral di media sosial (medsos). Video pembangunan proyeknya itu dibagikan oleh akun Instagram @balibrpadcast. Video ini sepertinya diambil menggunakan drone. Banyak warganet yang mengomentari video tersebut, karena dinilai merusak keasrian Nusa Penida.

"Lama lama panoramanya hilang tergantikan properti," tulis akun @c.kurniawan.

"Percuma, yang menikmati juga hanya segelincir orang berduit. Nanti kalau alam murka, kita yang terkena dampaknya. Yang punya duit mah tinggal kabur," kata akun @agustinusbambangjusana.

Beberapa netizen juga berramai menuliskan tagar #stopdestroybali sebagai reaksi atas maraknya eksploitasi terhadap alam di Bali.

Proyek tersebut diketahui berlokasi di Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, tak jauh dari destinasi wisata populer, Pantai Kelingking. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Provinsi Bali bersama Satpol PP Klungkung langsung menyidak ke lokasi proyek, Selasa (11/6/2024). Saat tiba di lokasi, proyek dalam keadaan sepi, dan tidak ada aktivitas.

"Di lokasi tidak ada aktivitas, tidak ada peralatan juga, info dari perbekel sudah lama tidak ada kegiatan di lokasi," ungkap Camat Nusa Penida, Kadek Yoga Kesuma, Selasa (11/6/2024).

1. Ini adalah proyek perumahan di atas tebing, dan telah mengajukan UKL/UPL pada 2019

Viral Proyek Keruk Tebing di Pantai Kelingking Nusa PenidaSatpol PP sidak proyek keruk tebing di Nusa Penida. (Dok. IDN Times/istimewa)

Camat Nusa Penida, Kadek Yoga Kesuma, menyebutkan pengerukan tebing yang viral di medsos itu merupakan proyek perumahan. Pihaknya mendapatkan informasi itu dari DLHP (Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Klungkung) pada saat pengurusan dokumen UKL/UPL (Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup).

"Pada tahun 2019 (UKL/UPL) dimohonkan untuk perumahan," kata Yoga.

2. Pemilik proyek akan dipanggil ke Kantor Satpol PP Bali

Viral Proyek Keruk Tebing di Pantai Kelingking Nusa PenidaSatpol PP sidak proyek keruk tebing di Nusa Penida. (Dok. IDN Times/istimewa)

Satpol PP Bali akan memanggjl pihak pelaksana proyek untuk datang ke Kantor Satpol PP Bali di Jalan Panjaitan Nomor 10, Kelurahan Sumerta Kelod, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar, Kamis (13/6/2024) nanti.

"Nanti pemilik proyek akan dipanggil untuk melakukan klarifikasi terkait dokumen perizinannya," jelas Kasatpol PP Klungkung, Dewa Putu Suarbawa, Selasa (11/6/2024).

3. Satpol PP menemukan total empat proyek di pinggir tebing Pantai Kelingking

Viral Proyek Keruk Tebing di Pantai Kelingking Nusa PenidaSatpol PP menyambangi proyek di dekat Pantai Kelingking di Nusa Penida. (Dok. IDN Times/istimewa)

Kasatpol PP Klungkung, Dewa Putu Suarbawa, menyebutkan ada empat proyek di sekitar tebing Pantai Kelingking, Banjar Karangdawa, Desa Bungamekar, Nusa Penida. Selain properti, ada juga proyek pembangunan lift kaca, wahana petualangan alam, dan restoran.

"Nanti mereka semua akan dipanggil ke Kantor Satpol PP Provinsi Bali untuk klarifikasi dokumen perizinannya," jelas Suarbawa.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya