Comscore Tracker

Klungkung Bakal Memiliki Seismograf

Akhirnya ya

Klungkung, IDN Times - Kantor Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Sanglah Denpasar bertemu dengan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta. Hal ini untuk membahas rencana pemasangan alat pencatat gempa (Seismograf) di Nusa Penida.

1. Klungkung belum memiliki seismograf

Klungkung Bakal Memiliki SeismografANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Kepala Stasiun Geofisika Sanglah Denpasar, Ikhsan, menjelaskan alat tersebut sengaja dipasang di Nusa Penida karena belum ada seismograf di wilayah Klungkung. Alat ini nantinya akan memperkuat pencatatan gempa dari seismograf yang telah terpasang di wilayah Karangasem dan Lombok.

Apa fungsinya? Alat ini digunakan untuk mengukur dan mencatat gempa bumi atau getaran pada permukaan tanah. Pemasangan alat ini untuk mengetahui sejauh mana besar dan kecilnya gempa yang ditimbulkan dalam satuan skala richter.

"Sehingga informasi besaran gempa akan dengan cepat disebarluaskan ke masyarakat sebagai dasar dan memaksimalkan mitigasi bencana saat terjadinya gempa," jelas Ikhsan, Selasa (9/4) lalu.

2. Alatnya akan dipasang di wilayah Desa Batukandik dan Desa Kelumpu

Klungkung Bakal Memiliki SeismografDok.IDN Times/Istimewa

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga telah menentukan titik pemasangan alat seismograf, yang sekiranya cocok di Nusa Penida. Yaitu antara wilayah Desa Batukandik dan Desa Kelumpu.

"Kami harapkan titik lokasi yang sudah ditentukan nantinya merupakan lahan atau tanah milik pemerintah, karena terkait keamanan alat tersebut," ungkap Ikhsan.

Selain dipasang di Klungkung, satu seismograf lain rencananya akan dipasang di wilayah Bangli.

3. Bupati Klungkung langsung perintahkan jajarannya untuk survei lokasi

Klungkung Bakal Memiliki SeismografDok.IDN Times/Istimewa

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, menyambut baik pemasangan alat seismograf itu di Nusa Penida. Ia pun langsung meminta jajarannya untuk survei tanah milik pemerintah, di titik lokasi yang telah ditentukan oleh BMKG.

"Kami akan berusaha mencarikan tanah pemerintah yang bisa dijadikan tempat untuk lokasi pemasangan seismograf ini. Jikalau itu tanah milik desa, kami akan berkoordinasi dengan desa setempat” ungkap Suwirta

Ia berharap alat tersebut mampu membantu Pemkab Klungkung dalam menangani maupun mengambil langkah cepat apabila terjadi bencana alam.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya