Comscore Tracker

Rapid Test 11 Pedagang dan Petugas Pasar Galiran Klungkung Reaktif

Ini menyusul ada pedagang yang positif COVID-19

Klungkung, IDN Times - Sejumlah pedagang dan petugas di Pasar Umum Galiran, Klungkung menjalani rapid test, Jumat (5/6). Hal ini dilakukan menyusul ada seorang pedagang di Pasar Galiran yang positif COVID-19. Berikut ini hasilnya:

1. Pedagang dan petugas yang pernah berinteraksi dengan pasien menjalani rapid test

Rapid Test 11 Pedagang dan Petugas Pasar Galiran Klungkung ReaktifIlustrasi rapid test. (Humas Pemprov Sulsel)

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Klungkung, I Nyoman Suwirta, menjelaskan ada sekitar 172 warga yang menjalani rapid test di Pasar Umum Galiran. Tes ini dilakukan di lantai II Kantor UPT Pasar Semarapura, yang lokasinya berada di area Pasar Galiran.

"Aktivitas rapid test memang kami usahakan agar tidak menganggu aktivitas masyarakat di pasar. Juga agar tidak membuat pengunjung pasar," ujar pria yang juga menjabat sebagai Bupati Klungkung ini, Jumat (5/6)

Rapid test tersebut menyasar beberapa pedagang yang lokasi berjualannya berada di sekitar pasien positif COVID-19. Termasuk kepada petugas pasar, dan pegawai koperasi yang juga kerap berinteraksi dengan pedagang tersebut.

Baca Juga: Bedanya Rapid Test, Swab dan PCR! Lebih Akurat Mana?

2. Dari 172 orang yang dites, 11 orang di antaranya reaktif

Rapid Test 11 Pedagang dan Petugas Pasar Galiran Klungkung ReaktifIlustrasi virus corona/Dok. IDN Times

Dari 172 orang yang dites, sebanyak 11 orang di antaranya reaktif. Masing-masing adalah sembilan pedagang, dan dua petugas pasar.

"Tadi sudah diambil swab kepada mereka, dan mereka kami arahkan untuk karantina mandiri dulu sambil menunggu hasil swab keluar," jelas Kadiskes Klungkung, dr Made Adi Swapatni.

3. Tukang kebun di Kejari Klungkung juga reaktif

Rapid Test 11 Pedagang dan Petugas Pasar Galiran Klungkung ReaktifIlustrasi virus corona (IDN Times/Rochmanudin)

Semakin meluasnya kasus transmisi lokal di Klungkung, membuat Dinas Kesehatan juga melakukan rapid test ke sejumlah instansi. Termasuk pegawai di Kejaksaan Negeri Klungkung. Dari 57 pegawai yang dites, satu orang hasilnya reaktif.

"Pegawai yang reaktif merupakan tukang kebun, dan tapi sudah dilakukan swab serta sudah ditangani sesuai dengan protokol kesehatan," jelas Kasi Intel Kejari Klungkung, Gusti Ngurah Anom Sukawinata.

Baca Juga: Ngeri, Ini Dia Foto Asli Virus Corona Ketika Menyerang Tubuh Manusia

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya