Ramaikan Pesta Kesenian Bali, Ini Jadwal dan Lokasinya!  

Harus nonton nih, cuman sekali setahun lho

Sudah ada rencana kemana pekan ini? Untuk kamu yang suka mengenal budaya dan tradisi, Festival Kesenian Bali (PKB) jadi rekomendasi untuk mengisi liburan atau weekend bersama teman dan keluarga. 

Dalam pertunjukkan PKB, kamu diajak mengenal dan melihat berbagai jenis kesenian yang diimplementasikan oleh perwakilan setiap kabupaten di Bali lebih dekat. PKB akan dibuka tepatnya pada hari Minggu (18/6/2023).

Baca Juga: 3 Resto Rooptop and Pool Bali Lihat Matahari Terbenam, Hindari Macet 

Baca Juga: Bali Zoo Jadi Destinasi Liburan Sekolah, Ajak Anak Lakukan Ini

1. Tema Festival Kesenian Bali tahun ini

Ramaikan Pesta Kesenian Bali, Ini Jadwal dan Lokasinya!  IDN Times/Irma Yudistirani

PKB adalah festival kesenian yang terlama dari usia penyelenggaraannya mampu bertahan hingga 41 tahun dengan durasi terpanjang yang pernah diadakan di Indonesia.

PKB bertujuan mewadahi masyarakat Bali untuk menuangkan kreativitasnya dalam dunia kesenian Bali seperti pementasan musik tradisional, tarian khas, dan lain-lain. Di samping itu, dengan adanya PKB masyarakat Bali diharapkan untuk menghasilkan karya cipta seni Bali yang baru dan tidak akan termakan oleh waktu walaupun zaman akan selalu berkembang.

Tema yang diusung pada PKB 2023 ini adalah "Segara Kerthi: Prabhanneka Sandhi" yang memiliki arti Samudra Cipta Peradaban. Mengutip dari akun resmi pestakesenianbali, tema tersebut dimaknai sebagai upaya pemuliaan laut sebagai sumber kesejahteraan semesta yang menjadi asal mula lahirnya suatu peradaban.

2. Waktu dan lokasi pelaksanaan

Ramaikan Pesta Kesenian Bali, Ini Jadwal dan Lokasinya!  Foto hanya ilustrasi. IDN Times/Irma Yudistirani

Pelaksanaan PKB ke-45 Tahun 2023 akan dibuka secara resmi pada 18 Juni 2023. Acara pertama yaitu Pembukaan dan Pelepasan Peed Aya (Pawai) pada pukul 14.00 Wita di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Niti Mandala, Denpasar.

Acara dilanjutkan dengan Rekasadana (Pergelaran) Perdana PKB Sendratari "Karang Kaang Kambang" Garapan Kolaborasi Komunitas Seni Usadhi Langu dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar di Panggung Terbuka Ardha Candra pukul 19.00 Wita.

Sebagai informasi, venue yang akan digunakan pada PKB ke-45 tahun ini ada empat, yakni Taman Budaya (Art Center) Provinsi Bali, Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Institut Seni Indonesia Denpasar, dan Dinas Kebudayaan Provinsi Bali. 

Topik:

  • Silfa Humairah Utami

Berita Terkini Lainnya