Tabanan Akan Segera Miliki Gedung Mall Pelayanan Publik

Proyek ini akan habiskan anggaran Rp11,740 miliar.

Tabanan, IDN Times- Dalam waktu dekat,  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan  berencana melakukan pembangunan gedung Mall Pelayanan Publik. Saat ini persiapan pengadaan untuk pembangunan gedung ini sedang berlangsung. Selain gedung Mall Pelayanan Publik, pemkab Tabanan juga akan membangun  gedung kantor UPT Taman Budaya, dan gedung pemerintahan.

Baca Juga: Penyakit Sifilis di Tabanan Didominasi Perempuan

Baca Juga: Bayar Sekarang! Tabanan Hapus Denda PBB-P2 Selama Tahun 2023

1. Anggaran pembangunan gedung Mall Pelayanan Publik sebesar Rp11,740 miliar.

Tabanan Akan Segera Miliki Gedung Mall Pelayanan PublikIlustrasi anggaran (ladypinem.com)

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Tabanan, Made Dedi Darmasaputra mengatakan gedung Mall Pelayanan Publik ini akan berdiri di sebelah utara dinas pertanian, tepatnya di banjar sanggulan, desa Banjar Anyar, Kediri, dengan luas mencapai 600 meter persegi. Proyek ini akan menghabiskan anggaran sebesar Rp11,740 miliar.

"Saat ini persiapan pengadaan sedang berlangsung. Keputusan apakah menggunakan pelelangan atau e-katalog masih sedang dipertimbangkan. Kami berharap dapat menyelesaikan persiapan ini bulan ini, sehingga pada bulan Juli 2023 proses pengerjaan sudah dapat dimulai," ujarnya, Senin (12/6/2023).

2. Konsep arsitektur gedung Mall Pelayanan Publik menonjolkan keunikan Tabanan

Tabanan Akan Segera Miliki Gedung Mall Pelayanan PublikSawah di Kabupaten Tabanan. (IDN Times/Wira Sanjiwani)

Gedung Mall Pelayanan Publik, jelas Dedi, ini akan memadukan konsep arsitektur yang mencerminkan keunikan Tabanan, seperti elemen-elemen lumbung, keramik, dan unsur-unsur tradisional lainnya.

"Tetapi perhatian utama pembangunan gedung ini tetap pada fasilitas yang terbuka, memberikan kenyamanan bagi warga," ujar Dedi.

Gedung ini akan dibangun setinggi dua lantai dan diharapkan  proyek ini  akan selesai tahun 2023 ini. " Dana atau anggaran pembangunan gedung Mall Pelayanan Publik berasal dari BKK Provinsi Bali," ujar Dedi.

3. Tabanan juga akan membangun gedung pemerintahan dan kantor UPT Taman Budaya

Tabanan Akan Segera Miliki Gedung Mall Pelayanan PublikIDN Times/Arief Rahmat

Selain Mall Pelayanan Publik, pemkab Tabanan juga berencana melakukan  pembangunan gedung bersama atau gedung pemerintahan yang akan berlokasi di sebelah selatan kantor bupati.

Menurut Dedi, gedung pemerintahan dibangun untuk tujuan bisa memfasilitasi tiga OPD sekaligus, dengan luas lahan yang memungkinkan. "Gedung ini dibangun dengan dana BKK sebesar Rp13,4 miliar," ujarnya.

Sementara untuk pembangunan Gedung Kantor UPT Taman Budaya pembangunannya menggunakan anggaran APBD sebesar Rp400 juta. 

Topik:

  • Silfa Humairah Utami

Berita Terkini Lainnya