Bioskop Pasar Tabanan Akan Dibangun Lagi, Warga Antusias

Wah, asyik nih!

Tabanan, IDN Times - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan hendak melakukan revitalisasi Pasar Tabanan. Rencananya, pasar yang bakal dinamakan Pasar Gadarata ini akan dibangun pada 2024 mendatang

Pasar Tabanan dulunya memiliki gedung bioskop sekitar tahun 1990-an, namun kini sudah tidak berfungsi lagi. Dengan adanya rencana revitalisasi Pasar Tabanan, maka gedung bioskopnya bakalan dibangun kembali. Masyarakat Tabanan menanggapinya dengan antusias, meski ada beberapa hal yang diharapkan bisa dipenuhi.

1. Bioskopnya hatus menayangkan film yang paling baru

Bioskop Pasar Tabanan Akan Dibangun Lagi, Warga AntusiasIlustrasi Film di Bioskop (IDN Times/Besse Fadhilah)

Warga Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Iin Wati (42), biasanya lebih memilih nonton film bersama anak perempuannya ke Kabupaten Badung atau Kota Denpasar. Ia mengaku senang apabila bioskop di Tabanan benar-benar dihidupkan kembali.

"Kalau benar ada bioskop di Tabanan, ya senanglah. Tidak usah jauh-jauh lagi ke Denpasar atau Badung," ujarnya, Senin (7/8/2023).

Namun Iin berharap, bioskopnya harus menayangkan film-film yang paling baru.

"Kadang kita kan mau nonton film terbaru di bioskop. Tetapi kalau tidak bisa, ya nonton di Denpasar," imbuhnya. 

Hal yang sama dipaparkan oleh warga Kecamatan Marga, Eka Pratiwi (41). Ia berharap jika ada bioskop nanti, fasilitasnya nyaman dan film yang ditayangkan harus paling baru.

"Meskipun harga dan tiketnya sama dengan yang di Denpasar asal nyaman dan filmnya yang terbaru," ujarnya.

Begitu pula Ratna (22). Warga Desa Buahan, Kecamatan Tabanan, berharap film yang ditayangkan adalah terbaru. Karena euforia nonton film premier itu sangat berbeda rasanya.

"Soalnya kalau terlambat saja tayangnya di bioskop, spoiler-nya bakal banyak bertebaran. Jadinya keinginan buat nonton di bioskop jadi turun," jelasnya.

2. Desain Pasar Tabanan masih dalam tahap kajian

Bioskop Pasar Tabanan Akan Dibangun Lagi, Warga AntusiasIlustrasi Desain Website(unsplash.com/Kelly Sikkema)

Kepala Bapelitbang (Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan) Tabanan, I Gede Urip Gunawan, mengatakan secara teknis revitalisasi Pasar Tabanan masih berproses dan desainnya dalam tahap kajian.

"Secara rinci, desain masih pembahasan. Tetapi untuk gedung bioskop, rencananya bakal dibangun," katanya, Minggu (6/8/2023) lalu.

Revitalisasi Pasar Tabanan ini bakal dibangun secara keseluruhan di atas aset milik Pemkab Tabanan seluas 1,6 hektare.

"Proses revitalisasi saat ini sudah masuk tahap FGD (Forum Group Discussion) untuk ketiga kalinya," ujarnya. 

3. Pemkab Tabanan berharap revitalisasi Pasar Tabanan dimajukan tahun 2024

Bioskop Pasar Tabanan Akan Dibangun Lagi, Warga AntusiasPasar Tabanan (IDNTimes/Wira Sanjiwani)

Urip menambahkan, target pembangunan Pasar Tabanan berskala modern ini dilaksanakan pada 2025.  Namun Pemkab Tabanan memohon agar bisa dimajukan pada 2024.

"Kita memohon agar bisa dimajukan tahun 2024 dan mudah-mudahan sesuai rencana," harap Urip.

Total 861 pedagang di Pasar Tabanan tidak akan direlokasi dan tetap berjualan selama revitalisasi itu dilakukan. Sebab pembangunannga akan dilakukan secara bertahap. Pembanguan kemungkinan diawali dari terminal atau parkir transit.

"Pemindahan lokasi di sana saja karena akan dibangun sebagian, dan bertahap. Kemungkinan dari transit dulu, artinya tidak sampai mengganggu aktivitas pedagang," terangnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya