Mengenal Bule Toto yang Menyantap Makanan dari Tong Sampah di Sanur

Videonya viral di Facebook

Denpasar, IDN Times - Seorang warga negara asing (WNA) terekam mengais-ngais makanan dari tong sampah di sekitaran Pantai Sanur, Denpasar. Video tersebut diunggah oleh pemilik akun Facebook bernama Dwikayanthi Pudja, pada Sabtu (20/10) lalu.

1. Videonya jadi viral setelah diunggah di Facebook oleh Dwikayanthi Pudja

Mengenal Bule Toto yang Menyantap Makanan dari Tong Sampah di SanurIDN Times/Imam Rosidin

Baca Juga: Gelapkan Dana Nasabah Rp15 Miliar, Kepala LPD di Mengwi Ditangkap

Saat dihubungi, Pudja mengatakan sedikit heran mengapa ada wisatawan mancanegara yang mengais-ngais sampah untuk dimakan. Ia berujar, sebelumnya pernah melihat bule tersebut mondar-mandir di depan tokonya. Namun ia tak menyangka ternyata bule itu mengais makanan di tong sampah. Ia sampai bertanya-tanya mengapa ada bule yang melakukan hal tersebut.

Ia berpendapat, seharusnya ada aturan yang mengatur tentang saldo minimal yang harus dibawa wisman yang berkunjung ke Bali. Tujuannya untuk mencegah wisman tersebut kehabisan uang saat berada di Indonesia.

"Setidaknya harus ada minimal saldo rekening dan jika datang ke Bali harus diketatin lagi," katanya, Selasa (23/10).

Untuk diketahui, hingga Rabu (24/10), unggahan video tersebut telah dibagikan lebih dari 713 kali dan dikomentari 437 kali.

2. Ternyata bukan turis Latvia

Mengenal Bule Toto yang Menyantap Makanan dari Tong Sampah di SanurFacebook.com/Dwikayanthi Pudja

Sebelumnya, dikabarkan bahwa bule tersebut adalah Gatis Baumanis, turis asal Republik Latvia yang dinyatakan hilang oleh keluarganya. Laporannya sendiri masuk ke Polisi Sektor Ubud, Gianyar.

Kanit Reskrim Polsek Ubud, IPTU Bangkit Dananjaya saat dikonfirmasi mengatakan telah melakukan pemeriksaan kepada bule tersebut. "Kami sudah bekerja sama dengan Polsek Denpasar Selatan untuk memeriksanya," katanya, Selasa (23/10).

Namun, setelah dilakukan pemeriksaan oleh Polsek Ubud ternyata bukan Baumanis. Disebutkan, bahwa bule tersebut berasal dari Bulgaria dan bernama Toto.

3. Inilah hasil wawancara IDN Times dengan Toto, bule yang makan sampah di Pantai Sanur

Mengenal Bule Toto yang Menyantap Makanan dari Tong Sampah di SanurLokasi bule Toto mencari makanan di tempat sampah. (IDN Times/Imam Rosidin)

Baca Juga: 3 Cara Thailand ini Bisa Ditiru Biar Wisata Bali Gak Dijual Murah

IDN Times lalu mencoba menemui Toto, sang bule tersebut. Rupanya tak sulit untuk menemukan bule ini. Ia tampak sedang duduk di bawah pohon, tepi Pantai Sanur, Denpasar. Toto mengaku sebagai seorang backpacker. Ia mengakui jika memang mengambil makanan di tempat sampah karena sebuah pilihan. Ia tidak punya uang. Ia hanya memiliki uang untuk membeli tiket pesawat dari negara ke negara yang lain.

"Saya sudah melakukan ini selama setahun," katanya.

Ia menambahkan, baru pertama kali ini mengunjungi Indonesia. Ia sudah tinggal selama dua minggu dan hanya berada di sekitar Sanur. Toto harus menyimpan uangnya supaya bisa menyewa sepeda motor dan naik taksi untuk pergi ke tempat lain. "Saya berencana balik dua hari lagi," tambahnya.

Toto mengatakan, setelah dari Indonesia, ia akan pergi ke Hongkong. Selanjutnya akan melanjutkan perjalanan ke Taiwan. Sebelumnya, ia berjalan-jalan di sekitar Eropa dan New Zealand.

"Indonesia negara yang bagus. Namun, untuk kotanya (Denpasar) terlalu berisik dengan  banyak sekali kendaraan," katanya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya