Comscore Tracker

Cegah Pencemaran, DLHK Denpasar Adakan Lomba Sungai Paling Bersih

Keren juga sih ini...

Denpasar, IDN Times - Sungai atau dalam bahasa Bali disebut tukad, menjadi bagian yang penting bagi masyarakat lokal. Maka dari itu, penting untuk ikut menjaga kebersihan sungai dari sampah dan limbah.

Demi meningkatkan kesadaran masyarakat terkait kebersihan sungai, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar melalui Kegiatan Koordinasi Pengelolaan Program Kali Bersih (Prokasih), melaksanakan lomba sungai bersih yang diikuti oleh 20 desa/kelurahan yang memiliki aliran sungai.

1. Meminimalisir ancaman pencemaran sungai

Cegah Pencemaran, DLHK Denpasar Adakan Lomba Sungai Paling BersihInstagram.com/bedah_masjid_official

Baca Juga: Puluhan Ribu Warga Klungkung yang Belum Rekam e-KTP Terancam Diblokir

Ketua Panitia, Ni Made Reti, mengatakan lomba ini untuk mengurangi ancaman terhadap pencemaran air sungai. Kata Reti, kualitas air sungai telah mengalami degradasi akibat tingginya laju pertumbuhan penduduk.

"Keterlibatan masyarakat dalam menjaga air sungai menjadi sangat penting, sehingga tidak membebani pemerintah saja. Partisipasi masyarakat ini diharapkan dapat saling menguntungkan antar komponen yang ada," jelasnya, di bantaran Tukad Buluh, Penatih, Jumat (19/10).

2. Bagaimana kondisi sungai di Denpasar?

Cegah Pencemaran, DLHK Denpasar Adakan Lomba Sungai Paling BersihInstagram.com/agusandiartha

Dalam kesempatan yang sama, Kepala DLHK Kota Denpasar, I Ketut Wisada, mengatakan Denpasar kini tumbuh pesat menjadi kota metropolitan. Kemajuan tersebut tentu membawa dampak terkait penurunan kualitas lingkungan, seperti pencemaran udara, tanah dan air.

"Ini merupakan persoalan universal yang saling terkait satu dengan yang lainnya," terangnya.

Maka dari itu, perlu untuk menjaga keseimbangan lingkungan. Pemanfaatan serta penggunaannya juga harus bijak. Perlu sesuatu yang lebih gencar untuk mengurangi pencemaran tersebut.

3. Inilah daftar juara sungai paling bersih di Denpasar

Cegah Pencemaran, DLHK Denpasar Adakan Lomba Sungai Paling BersihPixabay/sasint

Baca Juga: Jokowi Anggarkan Dana Desa Rp70 Triliun Tahun Depan

Setelah melalui proses penjurian, Kelurahan Penatih (Tukad Buluh) meraih poin tertinggi dengan skor 25,47. Berikutnya Desa Padangsambian Kaja (Tukad Mati bagian tengah) 24,63, poin.

Lalu, berturut-turut ditempati oleh Kelurahan Kesiman (Tukad Pendem) dengan skor 24,10, Sumerta (Tukad Lobong) 23,59, Ubung (Tukad Mati tengah) 23,45. Terakhir diraih Desa Dauh Puri Kaja (Tukad Tagtag) dengan skor 22,42.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya