BMKG: Waspada Aliran Lahar Hujan di Karangasem & Pohon Tumbang

Warga diminta untuk memangkas pohon. Hati-hati semeton

Karangasem, IDN Times - Sebagian besar wilayah Bali telah memasuki musim penghujan. Dari perkiraan Balai Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar, sebagian besar wilayah Bali akan diguyur hujan dengan intensitas sedang, hingga lebat untuk tiga hari ke depan.

1. Waspada aliran lahar hujan di Karangasem

BMKG: Waspada Aliran Lahar Hujan di Karangasem & Pohon TumbangPexels.com/Swapnil Chakraborty

Baca Juga: Bali Hari ini Hujan, Diprediksi Lebat Hingga 3 Hari ke Depan

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi mengeluarkan imbauan kepada warga Karangasem. Khususnya warga yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.

Dalam rilisnya, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau warga agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan yang bisa saja terjadi.

Terutama pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Seperti diketahui, area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung.

2. Warga diimbau pangkas pohon rindang

BMKG: Waspada Aliran Lahar Hujan di Karangasem & Pohon TumbangDok.IDN Times/Istimewa

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa, mengatakan hujan memang mulai turun meskipun belum rata. Untuk itu, ia mengimbau warga Karangasem tetap antisipasi.

Ia meminta supaya masyarakat agar memangkas dahan-dahan pohon, baik yang dekat rumah, tempat ibadah, maupun fasilitas lainnya.

"Dinas Perumahan dan pemukiman harus ikut untuk memangkas pohon-pohon perindangan," katanya, Senin (5/11) pagi.

3. Waspada gelombang tinggi mencapai tiga meter di Selat Bali

BMKG: Waspada Aliran Lahar Hujan di Karangasem & Pohon Tumbangfool.com

Baca Juga: Catat Tanggalnya! Jadwal SIM Keliling Wilayah Bali Bulan November

Dalam keterangan tertulisnya, BMKG memperkirakan dalam tiga hari ke depan, cuaca diprediksi berpotensi hujan ringan di wilayah Bali Tengah dan Barat pada sore hari. Hujan sedang dan lebat berpotensi terjadi pada malam hingga dini hari di wilayah Bali Tengah.

Sementara itu, untuk udara berkisar antara 22-33 derajat celsius. Sedangkan kelembaban udaranya berkisar antara 50-92 persen. Angin umumnya bertiup dari Tenggara-Selatan dengan kecepatan berkisar 8-32 km/jam.

BMKG juga mencatat dalam tiga hari ke depan, gelombang air laut di perairan Utara Bali mencapai 0,25 hingga 1,25 meter. Di perairan Selatan Bali, Selat Bali, dan Selat lombok tinggi gelombang berkisar antara 0,75-3 meter.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya