Profil Singkat Bupati Karangasem I Gede Dana   

Selamat menjalankan amanat rakyat ya Pak Bupati

Karangasem, IDN Times - Bupati Karangasem, I Gede Dana SPd MSi, terpilih pada pilkada Desember 2020 lalu. Ia menggantikan I Gusti Ayu Mas Sumatri SSos MAP yang menjabat selama satu periode yakni tahun 2016 sampai 2021. 

Saat ini I Gede Dana memimpin Kabupaten Karangasem bersama pasangannya, Wakil Bupati Karangasem, Dr I Wayan Artha Dipa SH MH. Sebelum menjadi orang nomor satu di Karangasem, bagaimana selama ini jejak kepemimpinan I Gede Dana? Berikut profil singkat Bupati Karangasem, I Gede Dana.     

Baca Juga: Profil Singkat Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta

1. Pendidikan terakhir di Universitas Hindu Indonesia

Profil Singkat Bupati Karangasem I Gede Dana   Bupati Karangasem, I Gede Dana. (instagram.com/prokopimkarangasem)

I Gede Dana lahir di Datah, 1 Januari 1968. Pada tahun 1974, ia menempuh pendidikan di Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Datah dan lulus pada tahun 1980. Setelah itu, lanjut ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Abang. Tamat dari sana tahun 1983. 

I Gede Dana lalu melanjutkan ke STM Negeri Singaraja dan menuntaskannya pada tahun 1986. Ia sempat jeda sebelum akhirnya meneruskan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. 

Pada tahun 2002, barulah I Gede Dana kuliah di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Agama Hindu Amlapura. Gelar Sarjana diperolehnya pada tahun 2006. Tak berselang lama, ia kembali kuliah di Universitas Hindu Indonesia dan mendapatkan gelar Magister pada tahun 2009. I Gede Dana menikah dengan Ni Made Nuriasih dan dikaruniai empat orang anak. 

2. Sebelum jadi Bupati Karangasem, menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Karangasem

Profil Singkat Bupati Karangasem I Gede Dana   Bupati Karangasem, I Gede Dana. (instagram.com/prokopimkarangasem)

I Gede Dana pernah menjabat sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karangasem pada tahun 2004 sampai 2009. Kemudian dipercaya lagi menjadi Ketua DPRD Kabupaten Karangasem mulai tahun 2009 sampai 2014.

Setelah itu I Gede Dana kembali memegang posisi jabatan Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Karangasem selama lima tahun, dari tahun 2014 sampai 2019. Sebelum terpilih menjadi Bupati Karangasem, ia menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Karangasem.

3. Sempat menerima penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2021

Profil Singkat Bupati Karangasem I Gede Dana   Bupati Karangasem, I Gede Dana. (instagram.com/prokopimkarangasem)

Bupati I Gede Dana dan pasangannya, Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa, resmi menjabat sejak tanggal 26 Februari 2021 setelah dilantik oleh Gubernur Bali, I Wayan Koster.

I Gede Dana sempat menerima penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2021 dengan predikat madya meningkat dari tahun 2019 dengan predikat pratama. Ia dinilai sebagai Kepala Daerah yang telah menyelenggarakan kebijakan, program, dan kegiatan dalam upaya pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya