[UPDATE] Warga di Buleleng Ditombak, Pelaku Mengaku Tersinggung 

Sebelumnya korban sempat mengonsumsi minuman keras

Buleleng, IDN Times – Seorang warga asal Banjar Dinas Padang Buli, Desa Padang Bulia, Kecamatan Sukadasa, Kabupaten Buleleng, Gede Rentiasa (48), ditusuk dengan tombak oleh tetangganya sendiri. Peristiwa yang terjadi pada Rabu (5/1/2021) pukul 01.00 Wita tersebut bermula dari pertengkaran mulut.

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi, terduga pelaku Kadek Ginarsa (37) ditetapkan sebagai tersangka dalam peristiwa tersebut. Lalu bagaimana perkembangan kasus ini? 

Baca Juga: Fakta Warga Buleleng Ditombak Tetangganya Sampai Tembus Paru-paru

1. Penetapan status tersangka berdasarkan pada gelar perkara

[UPDATE] Warga di Buleleng Ditombak, Pelaku Mengaku Tersinggung Ilustrasi Penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Kapolsek Sukasada, Kompol Agus Dwi Wirawan, didampingi Kanit Reskrim, AKP Edy, pada Kamis (6/1/2022), menetapkan Kadek Ginarsa sebagai tersangka tindak pidana Pasal 351 KUHP. Penetapan status tersangka ini berdasarkan gelar perkara yang dilakukan Unit Reskrim Polsek Sukasada. Tersangka Kadek Ginarsa diamankan selama 20 hari ke depan di Polsek Sukasada.

“Telah ditemukan bukti yang cukup bahwa tersangka Kadek Ginarsa orang yang bertanggung jawab atas penusukan terhadap korban Gede Rentiasa,” ungkap Dwi Wirawan.

2. Pelaku menusuk korban sekali karena tersinggung

[UPDATE] Warga di Buleleng Ditombak, Pelaku Mengaku Tersinggung Kadek Ginarsa (37) pelaku penombakan tetangganya sendiri. (Dok. IDN Times / Polres Buleleng)

Berdasarkan hasil pemeriksaan, diketahui motif tersangka Kadek Ginarsa melakukan tindak pidana tersebut karena korban datang ke rumah tersangka dengan membawa tombak. Akibat adanya kesalahpahaman antara tersangka dengan korban sebelumnya, sehingga memicu tersangka melakukan penusukan terhadap korban sebanyak satu kali.

“Waktu kejadian, korban sedang minum dan pelaku waktu itu lewat di depan korban dengan membawa tombak sehingga membuat korban tersinggung. Begitu juga sebaliknya, pelaku merasa tersinggung ketika sudah tidur korban membawa tombak ke rumah pelaku yang membuat pelaku merasa tersinggung,” jelas Dwi Wirawan.

3. Korban ditombak sampai tembus ke paru-paru

[UPDATE] Warga di Buleleng Ditombak, Pelaku Mengaku Tersinggung Ilustrasi infus. (Unsplash.com/Marcelo Leal)

Kesalahpahaman yang terjadi antara korban dan tersangka berujung pada penombakan. Tersangka mengambil tombak anjing miliknya dan menusukkannya ke lengan kanan korban hingga tembus ke bagian paru-paru.

Melihat korban terluka, tersangka kemudian mengantarkannya ke rumah korban yang berjarak 5 meter. Pihak kepolisian menyebut hingga Kamis (6/1/2022), kondisi korban terpantau masih dalam perawatan di RSUD Buleleng dan tidak dalam keadaan kritis

Topik:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya