Comscore Tracker

Jelang Pelantikan, Ini Harapan Kubu Jokowi-Prabowo di Bali

Semoga berjalan lancar ya pelantikannya

Denpasar, IDN Times – Menjelang pelantikan Presiden terpilih Joko Widodo, dan Wakil Presiden terpilih Ma’ruf Amin periode 2019-2024 yang rencana akan digelar pada Minggu (20/10), terselip harapan dari tim yang kala itu menjadi pendukung kubu Jokowi maupun Prabowo di Bali selama Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Wakil Ketua Bidang Pemerintahan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Bali sejak 2005, I Gusti Ngurah (IGN) Kesuma Alit Kelakan, menjelaskan Indonesia telah melewati proses Pemilu dengan baik dan panjang. Hingga Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan bahwa Jokowi-Ma'ruf Amin akan memimpin Republik Indonesia periode 2019-2024. Hal tersebut membuktikan bahwa rakyat Indonesia telah menjatuhkan pilihannya kepada Jokowi. Selanjutnya sebagai bangsa Indonesia tentu menghargai proses demokrasi.

“Apalagi saya di sini sebagai Ketua Tim Kampanye Daerah. Karena Bali mendapatkan 91,6 persen. Kami meyakini sosok Jokowi adalah sosok yang tepat di dalam memimpin bangsa ini lima tahun ke depan. Karena banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan oleh presiden dan dibantu oleh masyarakat Indonesia,” jelas Kelakan yang pernah menjabat sebagai Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Bali ini.

Oleh karena itu pihaknya menekankan kepada masyarakat agar ikut membantu kepemimpinan Jokowi dari segala segmen. Kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh Presiden Jokowi nantinya, kata Kelakan, dipastikan untuk kepentingan masyarakat banyak. Alit Kelakan mengajak semuanya secara bersama-sama mendukung kebijakan presiden ini. Sehingga Indonesia lebih maju dari negara lainnya.

1. Alit Kelakan sampaikan permintaan khusus kepada Jokowi

Jelang Pelantikan, Ini Harapan Kubu Jokowi-Prabowo di Baliinstagram.com/pdiperjuangan.sumut

Ditanyai terkait permintaan khusus untuk Jokowi, Kelakan mengaku keinginannya adalah spirit kebangsaan, toleransi, multikulturalisme, dan perbedaan. Sehingga semua masyarakat dapat hidup nyaman dan tenteram walaupun berbeda. “Hanya itu yang kami harapkan. Dan Pak Jokowi sangat mampu untuk hal itu,” tegasnya.

Saat disinggung terkait pertemuan Prabowo dan Jokowi, pihaknya menyampaikan pertemuan kalangan elit tersebut justru akan membuat Indonesia semakin sejuk sebagaimana kultur bangsa Indonesia itu sendiri.

“Republik ini kan, Indonesia ini kan apapun tidak bisa dipungkiri. Kita punya kultur, kultur yang menghormati orang tua. Kultur yang menghormati pemimpin ya dalam kerangka positif. Artinya bahwa, ketika di atas membuat pertemuan, itu membuat sejuk. Nah, kalau nanti proses akhirnya ke sana kan baik sekali. Kan tidak perlu polarisasi,” terangnya.

2. Tanggapan pelaksanaan pelantikan Jokowi dari DPD Gerindra Bali

Jelang Pelantikan, Ini Harapan Kubu Jokowi-Prabowo di BaliIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Terkait Ketum Gerindra Prabowo Subianto yang bertemu Jokowi di Istana Presiden, pada Jumat (11/10) siang.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Bali sekaligus anggota Dewan Pembina DPP Gerindra, IB Putu Sukarta, berharap menjelang pelantikan nanti agar berjalan lancar sebagaimana mestinya. “Mudah-mudahan berjalan dengan baik, lancar dan tidak ada gangguan apapun,” jawabnya singkat kepada IDN Times.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua DPD Gerindra Denpasar, Made Muliawan Arya alias De Gadjah. Pihaknya berharap pelantikan tersebut berjalan lancar dan baik, dan presiden bisa kembali bekerja untuk rakyat Indonesia.

3. Tanggapan Ketua DPD Gerindra Bali terhadap pertemuan Prabowo Subianto dengan Jokowi

Jelang Pelantikan, Ini Harapan Kubu Jokowi-Prabowo di BaliANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Sukarta menegaskan, pertemuan antara kedua belah pihak merupakan silaturahmi sebagai tokoh bangsa yang berteman. Silaturahmi ini disebutnya wajar usai kompetisi berlangsung. “Kompetisi udah selesai. Kita merajut kesatuan persatuan untuk menjaga NKRI,” terangnya.

Ditanya kemungkinan bergabung dalam pemerintahan, pihaknya menyatakan hal tersebut tergantung dari keputusan Prabowo.

“Pak Prabowo kan demokratis sekali. Penentuan pimpinan, penentuan DPR, MPR terus apapun keputusan Rakernas secara komprehensif dan Pak Prabowolah yang akan memberikan pertimbangan. Kami akan memberikan masukan-masukan keinginan kami bagaimana, tentunya bermacam-macam. Tapi nanti keputusannya tetap pada Pak Prabowo Subianto,” terangnya.

Baca Juga: Ketua MPR: Tanpa Diundang, Prabowo Pasti Hadiri Pelantikan Jokowi

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You