TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Tabanan Catat Kasus Pertama Kematian Warganya Akibat COVID-19

Hasil keluar empat hari setelah dikuburkan

Penguburan pasien PDP di Tabanan (Dok.IDN/Istimewa)

Tabanan, IDN Times - Tabanan mencatat kasus pertama kematian warganya akibat COVID-19. Warga yang meninggal tersebut adalah perempuan berusia 44 tahun dan awalnya berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Pihak Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) COVID-19 Tabanan rencananya akan melaksanakan uji swab bagi warga yang kontak erat dengan korban yang berasal dari Kediri, Tabanan itu pada Senin (6/7/2020).

Baca Juga: Dua Warga Tabanan Dijemput Petugas Karena Positif COVID-19

Baca Juga: 228 Nakes Tabanan Masih Menunggu Insentif dari Pusat, Kapan Turun?

1. Status pasien diketahui empat hari setelah meninggal dan dikuburkan

Pedagang di Pasar Pesiapan, Tabanan (IDN Times/Wira Sanjiwani)

Ketua harian GTPP COVID-19 Tabanan, I Gede Susila diwakili juru bicaranya I Putu Dian Setiawan, Sabtu (4/7/2020) membenarkan status pasien PDP yang meninggal pada Selasa (30/6/2020) terkonfirmasi positif COVID-19 dan menjadi kasus meninggal pertama untuk Tabanan. Status pasien ini dipastikan positif empat hari setelah ia meninggal dunia dan dikuburkan.

Pihak GTPP COVID-19 Tabanan telah melakukan tracing kontak pasien dan didapatkan 12 orang yang kontak erat akan menjalani uji swab pada Senin (6/7/2020).

2. Berharap segera ada penambahan fasilitas pemeriksaan PCR

Ilustrasi pemeriksaan tes virus Corona di RSUP Sanglah. (Dok.IDN Times/Istimewa)

Hasil uji swab korban keluar lebih lama sehingga statusnya baru diketahui beberapa hari setelah dikuburkan. "Dulu biasanya satu atau dua hari hasil sudah turun," ujar Dian.

Menyikapi hal tersebut, agar hasil uji swab atau PCR (Polymerase Chain Reaction) bisa lebih cepat keluar hasilnya, diharapkan ada penambahan fasilitas pemeriksaan PCR. Pemerintah Provinsi Bali berencana menambah layanan ini  di RSUD Tabanan.

"Diharapkan pelayanan PCR ini bisa direalisasikan oleh Provinsi Bali di RSUD Tabanan. Terlebih RSUD Tabanan sudah memiliki SDM dan fasilitas gedung yang diperlukan," harap Dian.

Berita Terkini Lainnya