STMIK Primakara Denpasar Resmi Punya 2 Fakultas

Selamat ya atas status barunya

Denpasar, IDN Times - Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Primakara Denpasar yang terletak di Jalan Tukad Badung Nomor 135, Renon, Kecamatan Denpasar Selatan resmi menjadi Universitas Primakara atau Primakara University atau PRIME-U. Hal ini dibenarkan oleh founder sekaligus Rektor Primakara University, I Made Artana. Dengan peningkatan status kelembagaan tersebut, PRIME-U tetap fokus dalam pengembangan ekonomi kreatif digital.

Baca Juga: Tips Berkunjung untuk Momen Terbaik di Pantai Jerman Bali 

Baca Juga: 5 Fakta Unik Bunga Jepun Bali, Banyak Fungsi dan Manfaat

1. STIMIK Primakara Denpasar berubah jadi Primakara University

STMIK Primakara Denpasar Resmi Punya 2 FakultasPrimakara University (Dok.IDN Times/Primakara University)

Peningkatan status kelembagaan tersebut tercantum dalam Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 433/E/O/2023 tanggal 22 Mei 2023 tentang Izin Penggabungan Akademi Akuntansi Denpasar dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Primakara menjadi Universitas Primakara. Surat keputusan ini ditandatangani oleh Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Prof Nizam. Dan diserahkan langsung oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VIII Dr. I Gusti Lanang Bagus Eratodi kepada I Made Artana di Kantor LLDIKTI Wilayah VIII, Denpasar pada Kamis (1/6/2023) lalu.

2. Komitmen mendukung pengembangan ekonomi kreatif digital

STMIK Primakara Denpasar Resmi Punya 2 FakultasPrimakara University (Dok.IDN Times/Primakara University)

Founder dan Rektor Primakara University, I Made Artana menyatakan bahwa peningkatan status menjadi universitas merupakan komitmen Primakara dalam mengembangkan ekonomi kreatif digital, khususnya di Bali dan Indonesia. Selain itu juga mencerminkan meningkatnya kepercayaan yang diberikan oleh mahasiswa, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya kepada pihak kampus.

Primakara sendiri diungkapnya berdiri pada 27 September 2013, dengan 3 program studi yang berfokus pada Informasi Teknologi (IT). Kampus ini secara 3 tahun berturut-turut mendapatkan apresiasi dari Menristek Dikti Kabinet Kerja karena konsisten mencetak wirausahawan unggul di bidang teknologi.

"Primakara University atau PRIME-U adalah bukti komitmen kami dalam menyelenggarakan pendidikan tinggi yang relevan dengan masa kini sekaligus mendukung pengembangan ekonomi kreatif digital," ujar Artana pada Sabtu (15/7/2023).

3. Saat ini ada 2 fakultas dan 7 program studi

STMIK Primakara Denpasar Resmi Punya 2 FakultasPrimakara University (Dok.IDN Times/Primakara University)

Disampaikan Artana bahwa seiring dengan peran Primakara sebagai ecosystem builder ekonomi kreatif digital. Saat ini kampus telah membuka 2 fakultas, dan 7 program studi jenjang sarjana (S1) dengan jumlah 668 mahasiswa. Fakultas tersebut diantaranya sebagai berikut:

Fakultas Teknologi Informasi dan Desain

  1. S1 Informatika
  2. S1 Sistem Informasi
  3. S1 Sistem Informasi Akuntansi
  4. S1 Desain Komunikasi Visual

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

  1. S1 Manajemen
  2. S1 Bisnis Digital
  3. S1 Akuntansi

Topik:

  • Silfa Humairah Utami

Berita Terkini Lainnya