TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Banyak WNA Jadi Kriminal di Bali, Cok Ace Singgung Efek Bebas Visa

Menurutmu bebas visa perlu dievaluasi gak?

indosurflife.com

Denpasar, IDN Times - Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati atau Cok Ace menanggapi terkait maraknya turis asing yang terlibat kasus kriminal di Bali. Menurutnya, hal tersebut akibat dampak negatif dari bebas visa. Seperti apa tanggapannya?

1. Efek negatif bebas visa adalah dimanfaatkan oleh WNA untjk melakukan tindak kriminal

IDN Times/Imam Rosidin

Menurut Cok Ace, kondisi itu terjadi karena efek negatif dari bebas visa yang membuka pintu Bali selebar-selebarnya bagi beberapa negara. Artinya, dengan makin banyaknya warga asing yang berkunjung ke Bali justru dimanfaatkan oleh warga negara asing (WNA) yang memiliki niat jahat atau melakukan kriminal.

"Ini adalah efek negatif dari kebijakan bebas visa membuka pintu Bali beberapa negara. Tentu dampaknya demikian, makin banyak orang yang datang ke Bali lebih mudah dan kemudahan penjahat ke Bali," katanya di Denpasar, Jumat (29/3) lalu.

2. Harus lebih selektif menerima WNA

moroccotoursagency.com

Lantas bagaimana antisipasinya? Cok Ace menyebut bisa saja akan diketatkan pintu masuk Bali atau diseleksi lagi. Inilah tantangan Bali untuk mencari upaya antisipasi. Namun yang jadi perhatiannya tetap kualitas dan kuantitas wisatawan.

"Apakah kita akan lebih ketatkan ke Balinya ataukah mencari upaya-upaya lain di satu sisi wisatawan tetap kita jaga, baik kualitas dan kuantitasnya. Jangan sampai merusak citra Bali dengan masuknya penjahat-penjahat," jelasnya.

"Kita harus lakukan tindakan yang cepat dan strategis," imbuhnya.

Berita Terkini Lainnya