Comscore Tracker

Gak Bisa Bohong! 5 Tanda Sahabat Diam-diam Suka Kamu

Ternyata selama ini si dia memendam perasaannya padamu

Menyukai sahabat sendiri tentu menjadi dilema yang tidak mudah untuk diatasi. Banyak pertimbangan yang harus dipikirkan sebelum menyatakan perasaan. Seperti takut ditolak sehingga nanti hubungan persahabatan menjadi canggung atau takut kehilangan sahabat karena malu setelah ditolak. Membayangkan menyatakan perasaan kepada sahabat tentu menimbulkan perasaan aneh dan bingung karena selama ini dia adalah orang terdekat yang selalu menemani.

Tak sedikit orang yang akhirnya memilih untuk mengakhiri perasaan tersebut. Mengubur perasaannya dan memilih diam hingga berdalih nyaman di hubungan friendzone. Tapi sebenarnya jatuh cinta dengan sahabat tidak ada yang salah, kenapa tidak? Bukankah tidak ada yang bisa memprediksi kapan kamu akan jatuh cinta? Masalah hati tentu bukan sesuatu yang dapat direncanakan. Kamu juga tidak akan tahu kepada siapa hatimu akan berlabuh.

Lalu bagaimana jika hal tersebut terjadi padamu? Bagaimana jika ternyata sahabatmu jatuh cinta padamu? Bukankah tidak ada yang tidak mungkin? Bisa saja selama ini dia diam-diam memendam perasaannya terhadapmu. Nah, coba kamu perhatikan sahabatmu, jika dia mempunyai lima respons seperti di bawah ini saat berhubungan denganmu, maka itu menandakan dia diam-diam menyukaimu! 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Sedang Jatuh Cinta, Cie yang Lagi Berbunga-bunga 

1. Memberikan perhatian yang berlebih dan menyadari perubahan kecil pada dirimu

Gak Bisa Bohong! 5 Tanda Sahabat Diam-diam Suka Kamuilustrasi memberi perhatian (pexels.com/Meruyert Gonullu)

Perhatian dari seorang sahabat adalah hal yang biasa. Namun akan menjadi tidak biasa jika perhatian yang diberikannya berlebihan dan intens. Ia bukan lagi hanya mengingatkanmu soal makan, tapi dia bahkan mengajakmu makan.

Dia memperhatikan menu apa yang ingin kamu nikmati, hingga restoran apa yang kamu sukai. Perhatian yang berlebih seperti itu seolah menunjukkan perhatiannya pada orang yang dia sukai.

Selain itu, wajar jika sahabatmu tahu apa yang kamu suka dan tidak, seperti olahraga yang kamu suka, makanan kesukaanmu, hingga film dan musik favoritmu. Namun yang tidak wajar adalah jika dia menyadari perubahan yang terjadi pada dirimu, padahal perubahan yang terjadi terbilang perubahan yang sederhana.

Misalnya kamu benci menunggu dan suka marah saat melakukannya, tapi di suatu ketika kamu mau menunggunya dengan sabar ketika janjian. Dia menyadari kamu mengganti anting atau ditindik, padahal anting dan tindikan adalah benda yang kecil, tapi dia menyadarinya. Dengan begitu, berarti selama ini dia memerhatikanmu, baik dari penampilan maupun perilakumu. Dia tahu tentang dirimu dari hal yang paling kecil hingga kebiasaanmu. 

2. Dia gugup dan salting saat tanpa sengaja kamu dan dia bersentuhan fisik

Gak Bisa Bohong! 5 Tanda Sahabat Diam-diam Suka Kamuilustrasi sentuhan fisik (pexels.com/Samson Katt)

Saat kamu dan dia sedang makan bersama dan tanpa sengaja kamu menyentuh tangannya saat mengambil makanan, atau saat kamu menyeberang jalan dan reflek menarik tangannya untuk menyeberang bersama. Lihatlah bagaimana reaksinya. Jika dia terlihat biasa saja dan tetap bersikap seperti biasanya, maka dia memang tidak memiliki rasa apa-apa terhadapmu, hanya benar-benar bersahabat.

Namun jika respons yang terjadi adalah dia gugup dan salah tingkah saat kamu dan dia tanpa sengaja bersentuhan fisik, serta terlihat wajahnya yang kaget dan kikuk, hingga dia terdiam dan tidak bisa berkata apa-apa untuk beberapa saat, maka itu menandakan dia menaruh hati padamu. Bersentuhan denganmu membuatnya seolah panas dingin karena jantungnya berdetak kencang. 

3. Dia terlihat sedih dan kecewa saat kamu mengatakan jatuh cinta pada orang lain

Gak Bisa Bohong! 5 Tanda Sahabat Diam-diam Suka Kamuilustrasi kecewa (pexels.com/Katerina Holmes)

Bagi sebagian orang, sahabat dapat dijadikan tempat untuk berkeluh kesah, sehingga curhat adalah hal yang biasa terjadi. Nah, ketika kamu curhat, biasanya dia selalu memberikanmu tanggapan, bahkan dia bisa mengajakmu melakukan sesuatu yang kamu sukai untuk menenangkan hatimu yang sedang tidak menentu akibat masalah yang kamu hadapi. Namun ternyata untuk curhat perihal kamu yang sedang jatuh cinta, dia tidak memberikan tanggapan apapun dan banyak terdiam.

Dia tidak tertarik untuk mendengarnya lebih lanjut dan berusaha mengalihkan ke topik pembicaraan yang lain. Walau seperti itu, kamu dapat melihat ekpresi wajahnya yang terlihat sedih dan kecewa saat mengetahui kamu memiliki perasaan kepada orang lain. Terlihat jelas dia tidak suka saat kamu mengatakan menyukai orang lain. 

4. Dia cemburu ketika melihatmu berdekatan dan asyik dengan lawan jenis lainnya

Gak Bisa Bohong! 5 Tanda Sahabat Diam-diam Suka Kamuilustrasi cemburu (pexels.com/Keira Burton)

Saat berkumpul dengan teman-teman yang lain, kamu berdekatan dan berbincang dengan lawan jenis lain. Kamu asyik berbicara hingga sesaat melupakan kehadirannya. Respons yang diberikannya saat melihatmu adalah mencari celah untuk ikut mengobrol dan bahkan mencari kesempatan untuk duduk di sebelahmu.

Dia berusaha untuk lebih dekat denganmu dibandingkan teman lainnya tersebut. Dia terlihat cemburu dan tidak ingin kamu akrab dengan lawan jenis lain selain dirinya. Makannya ketika kamu pergi bermain, dia selalu ingin ikut, dia ingin menjagamu agar tidak berpaling darinya. 

5. Dia tidak dapat menyembunyikan rasa ketakutan dan kekhawatirannya saat terjadi sesuatu padamu

Gak Bisa Bohong! 5 Tanda Sahabat Diam-diam Suka Kamuilustrasi rasa khawatir (pexels.com/cottonbro)

Saat kamu terluka, baik karena sakit atau mengalami kecelakaan, ketika dia mengetahuinya, dia akan langsung menghampirimu. Kamu bisa melihat respons ketakutan dan kekhawatirannya sebab tidak ingin terjadi sesuatu hal buruk yang menimpamu. Dia bersedia mengantarkanmu ke rumah sakit dan bahkan merawatmu selama sakit.

Perhatiannyapun akan menjadi lebih intens dari biasanya. Dia sangat telaten dalam menjagamu agar kamu segera sembuh. Dia bersedia membantumu dan menggantikanmu melakukan aktivitas yang biasa kamu lakukan saat kamu sehat. Intinya dia berusaha untuk selalu ada untukmu, terutama saat kamu membutuhkan tempat untuk bersandar.

Menjalin persahabatan dengan lawan jenis merupakan hal yang normal. Tapi bukan berarti persahabatan kamu dengannya tidak bisa berubah menjadi rasa ketertarikan, bahkan jatuh cinta. Nah, jika sahabatmu memiliki respons seperti lima hal di atas, maka dia selama ini diam-diam menyukaimu! 

Shella Rafika Sari Photo Community Writer Shella Rafika Sari

Keajaiban hanya terjadi pada orang yang pantang menyerah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya