Comscore Tracker

5 Cara Aman Mencari Pasangan Lewat Aplikasi Kencan, Biar Gak Tertipu!

Kalau mimin sih mending kopdar ya. Kalau kamu?

Aplikasi kencan kini semakin digandrungi oleh masyarakat untuk mencari teman, pacar, hingga pasangan hidup. Hampir seluruh generasi memanfaatkannya. Aplikasinya saja gratis dan gampang diunduh di Playstore. Tidak ada yang salah sih kalau mencari jodoh secara online. Asalkan kamu menjadi individu yang bertanggung jawab dan waspada terhadap oknum yang memanfaatkan itu untuk melakukan keburukan.

Seorang Psikolog di Kabupaten Tabanan, Ni Ketut Jeni Adhi SPsi MPsi Psikolog, membagikan tips supaya kamu aman mencari pasangan lewat aplikasi kencan:

Baca Juga: Kisah Pasangan Millenials di Bali, Ketemu Sekali dan Kenalan di Medsos

1. Kelebihan dan kekurangan mencari jodoh lewat aplikasi kencan:

5 Cara Aman Mencari Pasangan Lewat Aplikasi Kencan, Biar Gak Tertipu!pexels.com/Bharat Kumar

"Setiap produk itu tentu diciptakan dengan tujuan yang baik. Tapi semua selalu ada dua sisi. Ada baik dan buruk yang harus kita pilah," begitu kata Jeni.

Menurutnya, kelebihan mencari pasangan lewat aplikasi kencan adalah dapat membantu mereka yang tidak percaya diri untuk bertemu orang baru.

Apalagi dalam kondisi pandemik seperti sekarang, yang membatasi seseorang untuk bertemu secara langsung. Mereka yang ingin mencari teman, pacar, maupun pasangan hidup akan beralih menggunakan aplikasi tersebut atau sejenis lainnya. Mereka yang sibuk dan tidak cukup waktu untuk bersosialisasi, juga bisa saja terbantu dengan adanya aplikasi kencan.

"Aplikasi ini membantu menemukan orang yang cocok. Ngobrolnya pun lewat online untuk saling mengenal sebelum mengambil langkah selanjutnya."

Namun hal ini juga memiliki sisi negatifnya. Kemungkinan besar ada individu yang sejak awal sudah berniat buruk. Apapun yang dikatakan belum tentu sepenuhnya jujur. Hal itulah yang harus dihindari.

Baca Juga: Penyebab Korban Tidak Memberontak Ketika Mendapatkan Pelecehan Seksual

2. Berikut ini cara aman mencari pasangan lewat aplikasi kencan:

5 Cara Aman Mencari Pasangan Lewat Aplikasi Kencan, Biar Gak Tertipu!pexels.com/Lina Kivaka

Menurut Jeni, tidak sedikit orang menemukan pasangan lewat aplikasi kencan dan cocok hingga ke jenjang pernikahan. Tetapi bukan berarti atas dasar itu, kamu lantas terburu-buru mengunduh aplikasi kencan tanpa memperhatikan banyak hal. Untuk itu, berikut ini cara aman mencari pasangan lewat aplikasi kencan:

  1. Kamu jangan dalam kondisi hati yang galau ketika menggunakan aplikasi kencan. Kondisi hatimu harus kuat dulu, dan tidak sedang terombang ambing oleh percintaan yang sebelumnya. Sebab kamu memerlukan indra tubuh yang dapat bekerja maksimal untuk mendeteksi maksud buruk dan baik orang di dalam aplikasi kencan. "Tubuh itu punya kemampuan mendeteksi sesuatu ke arah yang baik dan buruk. Jadi jangan saat galau saat menggunakan aplikasi," papar Jeni
  2. Selalu terapkan kejujuran dan apa adanya supaya bisa menemukan pasangan yang cocok
  3. Ketika bertemu pasangan yang dirasa cocok, diskusikan dulu dengan orang terdekat dan terpercaya. Jangan disimpan sendiri. Opini orang ketiga bisa membantumu untuk memberikan penilaian, apakah orang yang kamu kenal lewat aplikasi kencan itu serius atau berniat buruk
  4. Kalau mau bertemu secara langsung, hindari tempat-tempat atau ruangan yang tertutup. "Kalau belum jadi suami istri, ya bertemu jangan pilih tempat tertutup. Cari tempat yang terbuka seperti di kafe. Atau kalau ingin tahu keseriusan pasangan, ajak bertemu di rumah," jelas Jeni
  5. Kalau mau bertemu kenalanmu di luar rumah, sebaiknya beri tahu keluarga atau bisa juga mengajak orang terdekat untuk mengamati kalian dari jauh.

3. Generasi muda lebih memilih berkenalan dan bertemu langsung

5 Cara Aman Mencari Pasangan Lewat Aplikasi Kencan, Biar Gak Tertipu!pexels.com/cottonbro

Seorang siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Tabanan, Ayu Komang Amanda Gunawan, mengaku pernah tahu adanya aplikasi kencan. Ia menilai, aplikasi semacam itu memiliki sisi positif dan negatif, tergantung dari yang penggunanya. Ia mencontohkan temannya sendiri. 

"Ada teman saya di Twitter mengatakan dia bukannya mendapat pasangan saat menggunakan aplikasi kencan. Tetapi malah mendapatkan komisi dari pesanan menggambar lewat aplikasi Tinder. Jadi ini merupakan hal yang positif untuk mencari relasi. Kalau negatifnya, menurut saya agak rawan untuk berkenalan dengan orang baru yang kita tidak ketahui asal usul maupun maksud dan tujuannya. Bisa saja orang itu memiliki niat buruk kepada kita. Jadi lebih baik berhati-hati bila memakai aplikasi semacam itu," katanya.

Apakah Amanda termasuk pengguna aplikasi kencan?

Ia ternyata lebih memilih mencari kenalan lewat bersosialisasi dan bertemu secara langsung.

"Saya sulit percaya kepada orang yang saya kenal hanya via online. Lebih baik dengan orang-orang yang ada di sekitar."

Topic:

  • Ni Ketut Wira Sanjiwani
  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya