Comscore Tracker

Hindari 5 Hal Ini ke Teman yang Menjalin Hubungan Beda Agama

Biarkan dia hidup dengan pilihannya sendiri

Hubungan percintaan beda agama saat ini masih menjadi perdebatan. Mungkin, sebagian besar orang di lingkungan kita menentangnya dengan berbagai macam alasan. Namun, sebagian ada yang masih melakukannya dan menganggap hal itu sebagai sesuatu yang lumrah.

Fenomena ini seringkali kita temui di lingkungan sekitar, bahkan kerabat atau teman. Jika temanmu sedang menjalani hubungan beda agama, apakah kamu akan melarangnya? Sebaiknya kamu gak melakukan hal itu ya, dan 5 hal di bawah ini.

Baca Juga: Gak Perlu Kode-kodean, 5 Tips Buat Kamu yang Lagi PDKT

1. Meminta dia untuk memutuskan pacarnya dengan alasan gak akan bisa bersatu

Hindari 5 Hal Ini ke Teman yang Menjalin Hubungan Beda AgamaUnsplash.com/Kalisa Veer

Hubungan pertemanan yang sudah lama akan menciptakan kedekatan dan keakraban. Namun, bukan berarti kamu bisa mengatur kehidupan pribadinya. Sedekat apa pun persahabatan kalian, tetap harus ada batasan agar semuanya nyaman. Jadi, biarkan temanmu memilih jalan hidupnya sendiri, termasuk memilih pasangan.

Baca Juga: Pantas Dipertahankan! 5 Tanda Kamu Cocok dengan Pasangan

2. Menyindirnya di depan teman-teman yang lain

Hindari 5 Hal Ini ke Teman yang Menjalin Hubungan Beda AgamaUnsplash.com/Omar Lopez

Menyindir dengan maksud mempermalukannya di depan teman-teman adalah hal tercela yang sama sekali gak etis untuk dilakukan. Alih-alih mengikutimu, yang ada kamu akan kehilangan dia. Nah, jadi rugi sendiri kan! Ditinggal seorang teman karena perbuatan yang gak menyenangkan.

3. Terus mengatakan bahwa apa yang dilakukannya salah

Hindari 5 Hal Ini ke Teman yang Menjalin Hubungan Beda AgamaUnsplash.com/Briana Tozour

Setiap orang memiliki prinsip hidupnya masing-masing, begitu pun dengan temanmu. Jika kamu berpikir bahwa yang dia lakukan keliru, bukan berarti dia juga merasakan hal yang sama. Setiap orang memiliki value hidup yang berbeda-beda. So, selama dia gak merugikan hidupmu, mengapa harus berdebat?

4. Terus menanyakan di mana mereka akan menikah dengan tujuan untuk mengecilkan hatinya

Hindari 5 Hal Ini ke Teman yang Menjalin Hubungan Beda AgamaUnsplash.com/Tetiana Shyshkina

Ada banyak pasangan yang hidup bahagia meskipun beda agama. Karena bahagia diciptakan berdua, bukan datang dari persepsi orang lain. Urusan menikah atau rencana berkeluarga merupakan hal personal, jadi kamu gak perlu menanyakannya, apalagi dengan maksud untuk mengecilkan hatinya. Sebagai teman yang baik, sebaiknya kamu menghargai segala keputusan temanmu.

5. Membujuknya untuk mengajak sang pacar pindah keyakinan

Hindari 5 Hal Ini ke Teman yang Menjalin Hubungan Beda AgamaUnsplash.com/Jorge Flores

Semua orang di negara ini bebas untuk memeluk agama tanpa paksaan. Membujuk seseorang untuk memeluk suatu agama tertentu termasuk melanggar HAM lho! Jadi, jangan mencampuri urusan agama seseorang ya.

Demikian 5 hal yang harus kamu hindari saat mengetahui temanmu menjalin hubungan beda agama. Tetap hargai keputusan temanmu ya, biar persahabatan kalian makin awet!

Lulu Fatikhatul Maryamah Photo Community Writer Lulu Fatikhatul Maryamah

you can reach me on my IG @lulumaryamah23

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya