Comscore Tracker

5 Tipe Teman yang Sering Bikin Jengkel

Sebaiknya langsung didelete dari pertemanan atau gimana ya?

Dalam lingkungan pertemanan, ada saja tipe orang dengan kepribadian yang tidak menyenangkan. Bahkan, mereka sendiri mungkin tidak sadar kalau sikap itu sangat menjengkelkan. Mengapa mereka tidak sadar? Karena tidak ada yang pernah menegurnya dengan tegas. 

Menegur langsung mungkin efektif sehingga teman tersebut jadi sadar akan sikapnya. Namun dalam beberapa kondisi, bisa jadi teguran itu tidak mempan dan dia terus mengulangi hal tersebut. Kamu pun jadi semakin jengkel. Nah, berikut tipe teman yang sering bikin jengkel:

Baca Juga: 5 Ciri Kepribadian Introvert, Lebih Suka Kesunyian 

1. Berbicara tanpa berpikir terlebih dahulu

5 Tipe Teman yang Sering Bikin Jengkelilustrasi berbicara (pexels.com/Mikhail Nilov)

Orang yang berbicara secara blak-blakkan memang sering membuat kita kesal. Walaupun itu kepribadian mereka, bukan berarti mereka dapat berbicara seenaknya. Mereka cenderung tidak dapat memilih tutur kata yang baik dan sering melukai perasaan orang lain. 

Ketika menjumpai orang seperti ini, kalian boleh menegurnya. Mereka harus tahu bahwa hal tersebut tidak boleh dilakukan secara terus menerus. Mereka harus memperbaiki kebiasaan buruk ini sedikit demi sedikit. 

2. Sombong, merasa lebih baik dari orang lain

5 Tipe Teman yang Sering Bikin Jengkelilustrasi berbicara (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Apakah kamu sering menjumpai orang seperti ini? Tidak hanya dalam lingkungan pertemanan, tetapi juga pekerjaan. Mereka manipulatf dan sering menyombongkan dirinya sendiri. 

Mereka juga tipe orang yang mudah iri dengan orang lain. Mereka ingin disanjung ketika mendapatkan suatu pencapaian, tetapi mereka tidak mau menyanjung orang lain ketika mendapatkan pencapaian. Sebaiknya jauhi teman seperti ini deh! 

3. Hobi meminta tolong hingga selalu merepotkan

5 Tipe Teman yang Sering Bikin Jengkelilustrasi membantu sahabat (pexels.com/Christina Morillo)

Sebagai manusia, kita boleh meminta tolong kepada orang lain, asal dalam batas yang wajar. Namun, apakah kamu pernah menemui orang yang selalu meminta tolong dalam setiap kesempatan? Ya, tentu saja ada orang seperti itu. 

Mereka cenderung menjadi beban dan sangat merepotkan. Namun, mereka juga akan kesal jika kita tidak mau membantu. Hal itu membuat kita serba salah dalam menanggapinya. Kita harus berhati-hati dengan orang seperti ini. Jangan sampai mereka memanfaatkan kebaikan hati kita.

4. Tidak pernah on time ketika janji untuk bertemu

5 Tipe Teman yang Sering Bikin Jengkelilustrasi menunggu seseorang (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dalam lingkungan pertemanan, kalian pasti berjumpa dengan orang yang lamban dan tidak pernah tepat waktu. Entah kendala apa yang mereka alami, kebiasaan datang terlambat dari waktu yang ditentukan selalu mereka lakukan berulang-ulang kali. Walaupun hanya janji bertemu biasa dengan sesama teman, tetapi kita harus tepat waktu kan?

Kebiasaan mereka yang tidak pernah tepat waktu terkadang membuat rencana yang telah dibuat menjadi berantakan. Nah, menurut kalian bagaimana menyikapi orang seperti ini? Apakah mereka akan berubah jika diberi teguran?

5. Keras kepala, ingin menang sendiri

5 Tipe Teman yang Sering Bikin Jengkelilustrasi perdebatan (pexel.com/Keira Burton)

Tidak ada yang menyukai orang keras kepala dan ingin menang sendiri. Dalam pertemanan atau di lingkungan lainnya, kita harus bersikap bijak dan tidak mementingkan diri sendiri. Hal ini juga demi kenyamanan kita dan orang lain.

Orang-orang pasti akan menjaga jarak dengan mereka yang keras kepala. Karena mereka adalah orang yang tidak bisa diajak berdiskusi dan bekerja sama. Apakah kalian menjumpai orang dengan sifat seperti itu? Jangan sampai kalianlah yang memiliki sifat tersebut, ya.

Nah itu beberapa tipe teman yang sering bikin jengkel. Apabila setelah kamu tegur dan mereka tidak mau berubah, maka kita boleh saja menjauhinya. Ingat, kita harus berada di lingkungan pertemanan yang sehat. 

Desti Ani Photo Community Writer Desti Ani

Berbagi pengetahuan, motivasi, dan hal yang saya suka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya