Comscore Tracker

5 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Mental

Hanya kamu yang bisa membantu diri sendiri

Isu kesehatan mental saat ini menjadi perhatian banyak orang. Pada era digital ini kian banyak faktor yang memicu orang menjadi insecure. Terlebih dengan banyaknya orang-orang yang pamer di usia sangat muda dengan penghasilannya yang fantastis.

Dengan kondisi tersebut, kita sangat perlu menjaga kesehatan mental diri sendiri. Menjaga kesehatan mental bisa kita mulai dengan hal-hal sederhana yang bisa kita kendalikan dari dalam diri. 

Baca Juga: 5 Motivasi Buat Kamu yang Kecewa dengan Realita Kehidupan

1. Mengabaikan perkataan toxic yang dilontarkan orang-orang di sekitar

5 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Mentalilustrasi duduk bersama (pexels.com/andrea piacquadio)

Terkadang orang-orang terdekat yang kita anggap bisa sebagai support system, malah menjadi penganggu yang merusak ketenangan. Hal itu karena adanya perbandingan, diremehkan dan perilaku negatif lainnya yang dilontarkan.

Orang-orang seperti itu hanya akan merusak mentalmu. Sedikit demi sedikit kamu akan mulai terganggu dengan kebiasaan tersebut. Maka dari itu, abaikan omongan mereka dan jangan pernah anggap perkataan mereka.

2. Menghilangkan rasa ketakutan akan masa depan

5 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Mentalilustrasi cewek tersenyum (pexels.com/andrea piacquadio)

Mungkin kita selalu menerka-nerka, akan jadi apa ke depannya? Akankah sukses seperti orang-orang? Nah, daripada memikirkan hal yang kita tidak pernah tahu, lebih baik fokus saja perbaiki diri mulai dari sekarang.

Apa yang akan terjadi di masa depan adalah hasil dari apa yang kita usahakan saat ini. Lebih baik fokus menjalani kehidupan saat ini sehingga beban pikiran bisa berkurang dari memikirkan hal yang belum pasti terjadi.

3. Perbanyak interaksi dengan orang-orang baik

5 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Mentalilustrasi bercerita (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mungkin ada yang mengatakan jangan pernah pilih-pilih teman. Tapi sebenarnya memilah teman itu harus lho. Makanya sebaiknya pilihlah teman interaksi yang baik karena mereka pasti akan memengaruhi kita untuk melakukan hal yang baik.

Karena lingkungan pertemanan itu sangat berpengaruh, makanya kita harus berinteraksi dengan mereka yang selalu memberikan hal positif. Hal ini tentu saja juga membuat kita merasa lebih baik.

4. Istirahat yang cukup dan hindari begadang

5 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Mentalilustrasi wanita memegang gelas (pexels.com/andrea piacqua)

Kurangnya istirahat membuat fisik Lelah. Sementara itu begadang malah membuat overthinking. Mulailah dari sekarang untuk perbanyak istirahat dan hindari begadang.

Lakukan kegiatan produktif pada siang hari hingga malamnya sudah lelah dan akan otomatis lebih cepat tidur. Tentunya hal tersebut juga akan menghindarimu dari kebiasaan begadang dan bangun pagi pun jadi lebih segar dan semangat.

5. Mulai turunkan ekspektasi

5 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Mentalilustrasi wanita memegang buku (pexels.com/georgh dolgikh)

Menginginkan hal istimewa ke depannya memang sangat bagus, termasuk berekspetasi kehidupan mewah dan menyenangkan di masa akan datang. Namun, kita juga perlu ingat bahwa ekspektasi yang berlebihan juga akan berdampak kekecewaan yang mendalam.

Untuk itu, kita perlu menurunkan ekspektasi. Bukan berarti kita menghapus harapan. Akan tetapi sedikit menurunkan dari apa yang kita bayangkan. Setarakan dengan usaha yang dilakukan.

Itulah beberapa tips simple untuk tetap menjaga kesehatan mentalmu. Kunci dari semuanya ada dalam tindakan diri kita. Kita tidak bisa memaksa orang untuk memahami mental kita, tapi kitalah yang harus bisa mengambil langkah yang tepat.

Witri Wahyuni Photo Community Writer Witri Wahyuni

Terima kasih sudah menyempatkan untuk membaca tulisan saya, semoga bermanfaat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya