Comscore Tracker

Biar Gak Cepat Rusak dan Menguning, Ini 5 Tips Menyimpan Buku 

Jangan sampai salah cara menyimpan buku koleksi kamu ya

Apakah kamu punya banyak buku yang cepat rusak dan menguning? Kertas-kertas pada buku, memang akan menguning seiring berjalannya waktu. Tetapi jika dalam kurun waktu kurang dari satu tahun ternyata buku-bukumu sudah rusak dan menguning, tentu perlu dicek dulu, apakah cara menyimpanmu sudah benar atau belum.

Merawat barang kesayangan memanglah tidak mudah. Tetapi jika ingin buku-buku itu terlihat segar dan masih baru, harus ada upaya untuk merawatnya. Namun bukan berarti buku kamu tidak akan rusak atau menguning sama sekali ya, minimal bisa memperlambat kerusakannya. Nah berikut 5 cara menyimpan buku agar tidak cepat rusak dan menguning:

Baca Juga: 5 Cara Melatih Kesabaran saat Memperjuangkan Impian

1. Memberi sampul tambahan

Biar Gak Cepat Rusak dan Menguning, Ini 5 Tips Menyimpan Buku Cara menyimpan buku agar tidak cepat rusak dan menguning (pexels.com/cottonbro)

Usaha yang tidak mudah nih! Kamu perlu memberi sampul tambahan pada buku agar lebih awet dan tidak cepat rusak. Seperti halnya saat kamu duduk di Sekolah Dasar, aturan dari guru, agar buku-buku pelajaranmu tidak rusak adalah dengan memberi sampul tambahan berwana cokelat, lalu kembali diberi sampul plastik. Dengan begitu, bukumu masih terlihat bagus sampai kenaikan kelas berikutnya.

Tetapi kali ini cara menyampulnya tidak perlu dengan sampul kertas cokelat, justru akan menyusahkan kamu mencari buku dengan judul tertentu karena tertutup kertas cokelat. Cukup menggunakan sampul plastik yang bening atau transparan. Pastikan tidak terlalu rekat atau ketat agar sampul asli buku tidak tertarik atau melengkung. 

2. Rajin membersihkan buku secara rutin

Biar Gak Cepat Rusak dan Menguning, Ini 5 Tips Menyimpan Buku Cara menyimpan buku agar tidak cepat rusak dan menguning (unsplash.com/Shiromani Kant)

Hal utama yang selalu menjadi kunci agar buku tetap awet, tidak cepat rusak dan menguning adalah dengan membersihkannya secara berkala. Secara tidak langsung kamu memang perlu mengeluarkan semua buku dari tempatnya. Membersihkan satu persatu dan menata ulang dengan posisi yang berbeda sehingga buku-buku tersebut berada di posisi baru.

Biasanya debu-debu dan kotoran yang menempel di sekitar buku akan mempercepat kerusakan. Sebaiknya kamu mulai jadwalkan waktu untuk melakukan perawatan secara berkala agar buku-buku kesayanganmu tetap cantik seperti buku yang masih baru. Umumnya membersihkan buku dilakukan seminggu sekali. Tidak menutup kemungkinan bisa juga dilakukan sebulan sekali asalkan rutin.

3. Simpanlah buku di tempat terbuka

Biar Gak Cepat Rusak dan Menguning, Ini 5 Tips Menyimpan Buku Cara menyimpan buku agar tidak cepat rusak dan menguning (unsplash.com/Sincerely Media)

Cara lain agar bukumu tidak cepat rusak dan menguning adalah dengan menaruhnya di tempat yang terbuka. Jamur bisa menjangkau beberapa tempat karena ruangan lembab.

Oleh sebab itu, ruangan terbuka akan membuat sirkulasi udara berputar dan rak buku tetap kering. Pastikan posisi rak buku tidak terlalu menempel di dinding dan jauhkan dari sinar matahari langsung ya!

4. Letakkan buku di posisi yang tepat

Biar Gak Cepat Rusak dan Menguning, Ini 5 Tips Menyimpan Buku Cara menyimpan buku agar tidak cepat rusak dan menguning (unsplash.com/ Iñaki del Olmo)

Menurut Marie Kondo dalam bukunya The Life Changing Magic of Tidying Up, buku-buku merupakan barang-barang yang cukup menyita tempat. Tetapi jika memang semua buku tersebut berguna untukmu, ada cara berbenah agar buku tersebut tidak memakan tempat terlalu banyak. Jika kamu menyadari, cara ini selalu diterapkan hampir di semua perpustakaan.

Selain menaruhnya pada sebuah rak di tempat terbuka, buku-buku harus disejajarkan berdiri agar tidak cepat rusak dan menguning. Pertama, posisi berdiri akan membuat buku-buku mendapatkan sirkulasi udara dibandingkan dengan posisi tertumpuk.

Kedua, akan lebih ringkas, mudah dicari, diambil dan dikembalikan jika buku ditata dengan posisi berdiri. Itu sebabnya, jangan menumpuk buku karena ternyata menumpuk buku selain susah mengambilnya juga mempercepat buku menjadi lembab, berjamur, dan menguning.

5. Gunakan penyerap uap air

Biar Gak Cepat Rusak dan Menguning, Ini 5 Tips Menyimpan Buku Cara menyimpan buku agar tidak cepat rusak dan menguning (iStockphoto.com/praisaeng)

Kamu juga perlu menambahkan sesuatu agar buku-bukumu tidak cepat rusak dan menguning. Misalkan menambah penyerap uap air, silica gel. Fungsinya untuk menyerap uap air. Apabila silica gel dianggap terlalu mahal, kamu bisa gunakan bahan yang lebih ekonomis seperti kamper atau kapur barus.

Minimal dengan adanya kamper atau kapur barus, buku-bukumu akan terhindar dari beberapa serangga, menghilangkan bau, dan mengurangi kelembapan untuk area sempit yang jarang terjangkau. 

Nah itu beberapa cara yang bisa kamu coba untuk merawat buku agar gak cepat rusak dan menguning ya. Semoga berhasil!

Vivi Ramadyah Photo Community Writer Vivi Ramadyah

Life at Instagram @viviramadyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya