Comscore Tracker

Usia Bukan Penghalang! 5 Tips Menemukan Passion

Setiap orang punya waktunya masing-masing

Keinginan atau antusiasme yang kuat akan suatu hal, biasa disebut dengan passion. Dengan kata lain, passion adalah dorongan kuat akan aktivitas yang disukai. Mereka menginvestasikan waktu dan energi untuk hal tersebut secara teratur.

Namun, gak jarang kita sering mengesampingkan passion, bahkan hampir sampai benar-benar melupakannya. Biasanya hal itu terjadi karena pertimbangan usia. Semakin bertambah umur, dianggap tidak perlu lagi menjalankan passion. Nah berapapun usia kamu, berikut beberapa tips untuk menemukan passion:

Baca Juga: 5 Cara Menyikapi Semangat Hidup yang Menurun, Yuk Semangat Lagi!

1. Mulai bangun kesadaran diri

Usia Bukan Penghalang! 5 Tips Menemukan Passionilustrasi menyendiri. (Pexels.com/Gabriela Palai)

Ketika kamu mengenal diri sendiri, kamu akan tahu passion hidupmu. Kesadaran diri adalah langkah penting untuk menemukan passion. Sering-seringlah bertanya pada diri sendiri untuk menemukan passion-mu.

Misalnya pertanyaan-pertanyaan seperti, hal-hal apa yang membuatku senang? Bagaimana perasaanku ketika aku melakukan kegiatan tersebut? Apa hal yang suka aku lakukan? Apa yang memberiku energi dan kegembiraan? 

2. Buatlah papan visi 

Usia Bukan Penghalang! 5 Tips Menemukan Passionilustrasi perencanaan. (Pexels.com/Christina Morillo)

Membuat papan visi kapan saja kamu ingin mengubah atau menggeser sesuatu dalam hidupmu adalah cara yang ampuh untuk menggambarkan apa yang kamu inginkan. Tentunya tak terkecuali menemukan passion-mu.

Kalau kamu gak bisa menentukan minat yang ingin kamu tulis di papan tulis, kamu bisa membuat "pernyataan visi pribadi" di papan tulis. Misalnya, "Aku menjalani passion-ku" atau "Hidupku penuh dengan apa yang aku sukai". Hal itu akan membantu memandumu menemukan passion-mu karena itu mengarahkanmu ke tujuan yang kamu inginkan.

3. Keluarlah dari zona nyamanmu 

Usia Bukan Penghalang! 5 Tips Menemukan Passionilustrasi petualang. (Pexels.com/Taryn Elliott)

Seperti yang pernah dikatakan Albert Einstein, kegilaan adalah melakukan hal yang sama berulang-ulang dan mengharapkan hasil yang berbeda. Jadi, jika kamu beroperasi dengan cara yang sama setiap hari dan ternyata kamu gak bisa menemukan passion-mu, jelas ada sesuatu yang perlu diubah.

Dalam hal ini, kamu harus menjelajahi area yang mungkin berada di luar zona nyamanmu dan memasukkannya ke dalam rutinitasmu. Kamu mungkin akan menemukan inspirasi baru.

4. Perhatikan apa yang menginspirasimu 

Usia Bukan Penghalang! 5 Tips Menemukan Passionilustrasi wanita yang senang (pixabay.com/sinviarita)

Terkait inspirasi, kamu harus memerhatikan apa saja dalam hidupmu yang memicu semangat dalam diri. Tempat yang baik untuk memulai adalah melihat hidupmu saat ini dan menemukan secercah gairah yang sudah kamu miliki. 

Habiskan dua hari penuh untuk menuliskan semua hal besar dan kecil yang menginspirasimu. Ini adalah satu cara untuk menemukan passion-mu.

5. Renungkan saat-saat paling berarti dalam hidupmu 

Usia Bukan Penghalang! 5 Tips Menemukan Passionilustrasi hidup bebas (pixabay.com/Pexels)

Cara lain untuk mengidentifikasi passion-mu adalah dengan merenungkan saat-saat dalam hidupmu saat kamu merasakan seperti apa rasanya gairah yang kamu miliki. Tulis empat atau lebih pengalaman paling berarti yang pernah kamu alami, termasuk apa yang membuatnya begitu berdampak dalam hidupmu.

Kamu juga bisa melakukan latihan ini sambil berfokus pada pendidikan dan kariermu. Memikirkan hal-hal yang sudah kamu pelajari atau lakukan secara profesional yang terasa berarti bagi dirimu.

Intinya, passion hidupmu harus menyenangkan, menginspirasi, dan menghidupkan jati diri. Biarkan pikiran dan hatimu terbuka terhadap inspirasi di sekitarmu dan percayalah bahwa hal-hal yang kamu sukai adalah pilihan yang tepat. Selamat mencoba!

Le DixAiles Photo Community Writer Le DixAiles

Terbiasa dipermainkan oleh hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya