Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Seseorang Tak Suka Dibandingkan dengan Orang Lain

Setiap orang unik dengan caranya masing-masing

Kamu pernah gak sih dibanding-bandingkan dengan seseorang? Sepertinya semua pernah merasa dibanding-bandingkan dengan orang lain ya. Entah mengenai pencapain, fisik, kondisi finansial, pekerjaan, dan sebagainya. 

Ketika dibanding-bandingkan, tentu perasaan jadi gak nyaman dan kadang bisa memunculkan perasaan iri hati. Nah berikut lima alasan kenapa seseorang tidak suka dibanding-bandingkan: 

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Pasangan yang Pas, Dia Selalu Ada saat Suka dan Duka 

1. Bisa memunculkan perasaan iri hati

5 Alasan Kenapa Seseorang Tak Suka Dibandingkan dengan Orang Lainpertemanan wanita (pexels.com/@Arnie Chou)

Alasan pertama kenapa seseorang tidak suka dibanding-bandingkan adalah karena bisa memunculkan perasaan iri hati. Ketika dibandingkan, biasanya dengan seseorang yang lebih tinggi. Entah itu dengan yang lebih kaya, cantik atau tampan, hingga yang memiliki pekerjaan yang lebih mapan. 

Nah ketika dibandingkan dengan seseorang, secara gak sadar bisa memicu perasaan iri hati. Akan muncul pertanyaan, mengapa gak seperti mereka, merasa iri kenapa kita gak seberuntung orang itu. Perasaan iri ini sangatlah berbahaya jika dibiarkan, maka jangan biasakan membandingkan orang lain ya. 

2. Membuat seseorang jadi gak percaya diri

5 Alasan Kenapa Seseorang Tak Suka Dibandingkan dengan Orang Lainseorang perempuan (pexels.com/@Yogii Surya Pangestu?

Poin selanjutnya adalah membuat seseorang jadi gak percaya diri. Ketika kita sudah berusaha percaya diri, mengumpulkan keberanian, mencoba untuk mencintai diri sendiri, namun muncul seseorang yang membandingkan dirimu dengan orang lain. Tentunya bisa memunculkan perasaan gak percaya diri. 

Padahal mengumpulkan keberanian dan kepercayaan diri itu gak gampang. Namun dia yang tiba-tiba muncul, bisa dengan mudah menghancurkan. Keberanian untuk percaya diri yang selama ini telah kamu kumpulkan jadi melebur seketika. 

3. Muncul perasaan insecure

5 Alasan Kenapa Seseorang Tak Suka Dibandingkan dengan Orang Lainwanita sedang berdiri (pexels.com/@Ron Lach)

Siapa sih yang suka dibanding-bandingkan dengan orang lain? Semua orang nampaknya tidak suka diperlakukan seperti itu, karena kebiasaan ini hanya akan membuat seseorang semakin insecure.

Coba bayangkan, saat tengah berusaha, melakukan sesuatu yang terbaik dan menjadi seseorang yang lebih berkualitas, namun semua yang kamu lakukan nampak tidak ada apa-apanya di mata orang lain. Hal ini pasti memunculkan perasaan insecure, merasa tidak bisa apa-apa dan segala usaha nampak sia-sia. 

4. Setiap orang memiliki tujuan atau goalsnya masing-masing

5 Alasan Kenapa Seseorang Tak Suka Dibandingkan dengan Orang Lainilustrasi seorang perempuan (pexels.com/@Luis Fernandes)

Selain tiga poin di atas, alasan selanjutnya seseorang tidak suka dibandingkan adalah karena setiap orang sudah memiliki tujuan atau goals-nya masing-masing. Tanpa harus diatur dan dibandingkan sana sini, ia sudah tahu tujuan hidup yang menurutnya sesuai dan baik.

Apabila ada orang yang membandingkan dirinya, itu hanya akan membuat dia jadi gak fokus. Merasa tidak bebas terhadap pilihan yang diambil. Padahal ia hidup untuk diri sendiri, bukan untuk orang lain. Itulah yang jadi alasan kenapa seseorang tidak suka dibanding-bandingkan. 

5. Merasa segala usaha yang dilakukan tidak dihargai

5 Alasan Kenapa Seseorang Tak Suka Dibandingkan dengan Orang Lainseorang perempuan (pexels.com/@Mixu)

Ketika ada orang yang membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain, ini membuat keberadaanmu merasa gak diharapkan dan diragukan. Merasa segala usaha yang kamu lakukan nampak tidak terlihat sama sekali, padahal kamu sudah berjuang keras untuk jadi yang terbaik. 

Hal semacam ini yang membuatmu merasa tidak dihargai, sehingga rasa semangat dalam diri jadi menurun. Padahal orang yang tidak tahu tentang hidup kita harusnya diam saja. Tidak perlu mengomentari apa-apa. 

Itulah lima alasan kenapa seseorang tidak suka dibanding-bandingkan dengan orang lain. Maka dari itu, hilangkan kebiasaan satu ini ya karena dibandingkan itu tidak enak sama sekali. 

Ruhil Sabrina Photo Community Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya