Comscore Tracker

6 Aturan Tak Tertulis dalam Hidup, Kendalikan Emosi

Apakah kamu pernah menyadarinya?

Dalam hidup ini mungkin kamu termasuk orang yang tidak suka diatur. Kamu merasa tidak bebas jika hidup harus terus menerus di bawah kendali orang lain.

Namun tahukah kamu, sebenarnya hidup tanpa aturan justru akan membuat kamu tidak terarah dan tidak teratur. Selain itu, bakal banyak masalah yang kamu hadapi jika tidak mau mematuhi aturan yang ada.

Selain aturan tertulis, sesungguhnya dalam hidup ini juga ada sejumlah aturan tak tertulis. Hal-hal inilah yang kemudian akan berpengaruh pada keharmonisan hidup bermasyarakat. Nah berikut beberapa aturan tak tertulis yang berlaku dalam kehidupan ini:

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Pasangan yang Pas, Dia Selalu Ada saat Suka dan Duka 

1. Jaga pikiran kamu

6 Aturan Tak Tertulis dalam Hidup, Kendalikan Emosiilustrasi melamun (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Aturan hidup pertama yang harus kamu ketahui adalah jagalah pikiran. Tanamkan kebiasaan untuk berpikir positif dalam diri kamu. Dengan selalu berupaya berpikir positif, akan membuat kamu mudah menghadapi masalah.

Selain itu, selalu berpikir positif juga akan membuat kamu terhindar dari masalah kesehatan mental sebab kamu memilih mengabaikan hal-hal yang memberi pengaruh negatif pada diri sendiri. Jadi, apabila kamu bisa menjaga pikiran, bearti kamu pun tidak akan berpikir untuk melakukan kejahatan kepada orang lain.

2. Jaga lisan kamu

6 Aturan Tak Tertulis dalam Hidup, Kendalikan Emosiilustrasi isyarat untuk diam(pexels.com/Sound On)

Peraturan hidup yang kedua adalah jagalah lisan kamu. Jangan sampai seseorang terluka karena ucapan yang keluar dari mulut kamu.

Ingatlah, setiap kata-kata yang keluar dari mulut kamu tidak akan pernah bisa ditarik lagi. Kata-kata menyakitkan yang sudah terucap akan selalu meninggalkan luka pada orang yang sudah kamu sakiti.

Bijaklah dalam berkata-kata. Tidak semua orang mempunyai mental yang kuat saat mendengar ucapkan kamu. Terlebih jika kata-kata tersebut sangat menusuk dan sampai meninggalkan rasa trauma. 

3. Jaga mental kamu

6 Aturan Tak Tertulis dalam Hidup, Kendalikan Emosiilustrasi depresi (pexels.com/Liza Summer)

Peraturan hidup selanjutnya adalah jagalah mental kamu. Sebisa mungkin jadilah orang yang mempunyai mental yang kuat sebab dalam hidup ini masalah apapun bisa terjadi.

Jangan pernah menyerah dengan segala rintangan yang kamu hadapi. Ingatlah, apapun masalah yang ada dalam hidup ini pasti ada jalan ke luarnya.

Dengan mental yang kuat, kamu akan menjadi pribadi yang tangguh dan mempunyai cara tersendiri dalam menghadapi masalah apapun dalam hidup ini.

4. Jaga sikap dan perilaku kamu

6 Aturan Tak Tertulis dalam Hidup, Kendalikan Emosiilustrasi menolong orang lain(pexels.com/RODNAE Production)

Peraturan yang keempat adalah jaga sikap dan perilaku kamu kapanpun dan di manapun berada. Jangan sampai orang lain menjauh karena perilakumu yang kurang ajar.

Bersikaplah sopan terhadap orang yang lebih tua. Selain itu ringan tanganlah kepada mereka yang membutuhkan bantuan kamu.

5. Jaga emosi kamu

6 Aturan Tak Tertulis dalam Hidup, Kendalikan Emosiilustrasi marah(pexels.com/Andrea Piacquadio )

Jagalah emosi kamu adalah aturan hidup selanjutnya yang perlu kamu ketahui. Emosi yang berlebihan tentu tidaklah baik. Kemarahan yang muncul dalam diri kamu bisa saja akan memberikan dampak buruk bagi dirimu sendiri dan orang sekitar.

Emosi yang meledak-ledak akan menyebabkan masalah kesehatan. Cobalah untuk mengelola emosi kamu saat menghadapi masalah apapun. Apabila kamu sudah bisa mengendalikan, selanjutnya rasakan bagaimana dampaknya bagi diri kamu.

6. Jaga ego kamu

6 Aturan Tak Tertulis dalam Hidup, Kendalikan Emosiilustrasi sampah di pinggir danau(pexels.com/Mohit Parashar)

Peraturan hidup selanjutnya ialah jagalah ego kamu. Jadilah seseorang yang pandai bersyukur dalam hidup sebab banyak hal di semesta ini sesungguhnya adalah berkah yang tak ternilai harganya. 

Kamu bisa dengan mudah menikmati kekayaan dan keindahan alam ini. Namun sayangnya, kebanyakan dari kita masih saja egois terhadap alam. Orang-orang yang tanpa rasa bersalah dan sengaja merusak alam. Jangan sampai hanya karena ego yang terlalu besar membuat kamu menyesal di kemudian hari.

Ya, enam aturan hidup tersebut mungkin terkesan sangat sederhana. Namun tidak semua orang mampu menerapkannya lho. Bagaimana dengan kamu?

Rina DA Photo Community Writer Rina DA

Masih belajar dan maaf jika ada kesalahan!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya