Comscore Tracker

6 Urusan Pribadi yang Tidak Perlu Diumbar, Biar Gak Diusik

Cukup kamu yang tahu!

Namanya makhluk sosial, keinginan untuk berbagi cerita kepada orang lain pasti akan selalu ada. Hal ini gak salah sih, tapi kamu juga harus memilih orang yang benar-benar bisa dipercaya. Karena gak semua orang bisa menjaga rahasiamu.

Gak semua orang harus tahu tentang kehidupanmu. Inilah mengapa pentingnya untuk membuat batasan atau privasi agar orang lain gak mudah mencampuri urusan pribadimu.

Nah, biar gak sembarangan lagi mengumbar urusan pribadi, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Berikut ini enam urusan pribadi yang sebaiknya tidak diumbar.

Baca Juga: 6 Tanda Perempuan Hebat Menghadapi Tantangan Hidup

1. Masalah keluargamu

6 Urusan Pribadi yang Tidak Perlu Diumbar, Biar Gak Diusikilustrasi keluarga berkumpul (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Masalah keluarga sangat sensitif bagi semua orang. Jadi, sebaiknya kamu jangan mengumbar masalah atau aib keluargamu begitu saja. Hal ini untuk menghindari munculnya masalah baru.

Lebih baik selesaikan masalah keluargamu dengan kepala dingin. Namun jika memang memerlukan tempat bercerita, pastikan kamu memiliki orang yang bisa dipercaya. Mereka yang benar-benar peduli pasti akan menjaga menjaga rahasiamu meskipun belum tentu memberikan saran.

Baca Juga: 5 Etika Pinjam Uang Kepada Teman yang Sering diremehkan

2. Rencana besar yang sedang kamu buat

6 Urusan Pribadi yang Tidak Perlu Diumbar, Biar Gak Diusikilustrasi dua perempuan (pexels.com/CoWomen)

Mungkin rencana besarmu itu dapat mengubah hidup dan sekitarnya. Namun jika mengumbar dan bercerita pada orang yang salah, bisa saja ada orang lain yang meremehkan dan membuatmu patah semangat.

Jadi sebaiknya simpan rencana itu untuk diri sendiri, atau berceritalah pada orang yang memiliki visi dan misi yang sama denganmu. Sehingga kamu semakin optimis untuk mencapai impian itu.

3. Aib orang lain yang diceritakan kepadamu

6 Urusan Pribadi yang Tidak Perlu Diumbar, Biar Gak Diusikilustrasi dua perempuan (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Aib orang lain juga termasuk gak boleh kamu umbar. Jika ada seseorang atau teman sampai memberanikan diri untuk bercerita tentang masalahnya, itu berarti mereka memercayaimu.

Jangan sampai kamu merusak kepercayaan tersebut. Coba posisikan diri jika menjadi mereka, tentu sangat menyakitkan jika aibmu disebarkan oleh orang yang sudah dipercaya, bukan?

4. Besaran nominal penghasilanmu

6 Urusan Pribadi yang Tidak Perlu Diumbar, Biar Gak Diusikilustrasi memegang uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Penghasilan juga sebaiknya cukup kamu saja yang tahu. Ketika kamu punya penghasilan tinggi dan mengumbarnya, gak menutup kemungkinan akan membuat orang lain merasa iri atau tersinggung.

Jadi kamu cukup bercerita kepada keluarga atau pasangan saja, ya!

5. Kehidupan percintaanmu

6 Urusan Pribadi yang Tidak Perlu Diumbar, Biar Gak Diusikilustrasi pasangan tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Selanjutnya, hal yang sebaiknya gak perlu diumbar secara berlebihan yaitu kehidupan percintaan. Namun hal ini kembali lagi pada keputusan masing-masing pasangan ya.

Tidak mengumbar kehidupan percintaan sebenarnya dapat mengurangi orang lain untuk mencampuri urusan pribadimu dengan pasangan. Jadi membuat batasan privasi sangat perlu, termasuk dalam hubungan asmara.

6. Informasi atau data pribadi

6 Urusan Pribadi yang Tidak Perlu Diumbar, Biar Gak Diusikilustrasi dua perempuan duduk (pexels.com/Mikhail Nilov)

Zaman canggih seperti sekarang perlu banget untuk menjaga informasi atau data pribadi seperti nomor telepon, alamat rumah, KTP, dan dokumen lainnya. Selain itu, hindari juga untuk mengumbar data pribadi penting di media sosial!

Hal ini untuk menjauhkan kamu dari maraknya kasus penipuan. Jadi hindari untuk mengumbar data pribadi, apalagi kepada orang yang gak kamu kenal.

Sekarang sudah tahu kan alasan mengapa urusan pribadi yang dijelaskan di atas tidak perlu diumbar. Jika ingin berbagi cerita, pastikan orang tersebut bisa dipercaya, ya! Ingat, tetap buat batasan dan privasi agar kehidupan pribadimu gak mudah dicampuri atau dipengaruhi oleh orang lain.

Vera Yunii Photo Community Writer Vera Yunii

Senang menulis untuk berbagi informasi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya