Comscore Tracker

5 Kisah Anjing dan Kucing Menyelamatkan Bayi yang Dibuang

Peristiwa ini juga terjadi di Bali

Bayi yang dibuang dan tidak diinginkan orangtuanya kerap bermunculan di portal berita atau surat kabar. Tidak hanya di Indonesia, kasus pembuangan bayi juga terjadi di seluruh dunia. Alasannya klise, orangtua tidak siap memiliki anak baik secara ekonomi maupun moral.

Beberapa kasus pembuangan bayi ada yang bertahan hidup karena diselamatkan hewan. Berikut lima di antaranya.

1. Bayi perempuan di India dihangatkan oleh induk dan anak anjing, hingga bertahan dari udara dingin

5 Kisah Anjing dan Kucing Menyelamatkan Bayi yang DibuangTahir Ibn Manzoor/SWNS via irshadgul.com

Kasus penemuan bayi yang mengejutkan terjadi pada bulan Desember 2021 di Provinsi Chattisgarh, India. Dilansir Irshadgul.com, bayi berjenis kelamin perempuan ini dibuang d itengah ladang pada malam hari yang dingin, tanpa sehelai pakaian melekat di tubuhnya. Bahkan tali pusarnya pun masih menempel.

Warga kemudian mendengar tangisan bayi pada pagi harinya di arah sarang anjing liar yang baru saja beranak. Warga terkejut melihat bayi manusia di antara anak-anak anjing tersebut.

Bayi ini bertahan dari udara dingin karena induk anjing dan anak-anaknya menghangatkannya. Bayi tersebut dibawa ke tempat kesehatan terdekat, dan tidak mengalami luka serta masalah kesehatan yang serius.

2. Seekor anjing menyelamatkan bayi laki-laki di Filipina

5 Kisah Anjing dan Kucing Menyelamatkan Bayi yang Dibuangfacebook.com/cdndigital

Dilansir Cdndigital, pada malam natal tahun 2020 lalu, seorang pengendara motor bernama Junrell Fuentes Revilla melewati daerah Barangay Magcagong, Kota Sibonga, Filipina. Ketika melewati daerah tersebut, ia melihat seekor anjing yang terus menggonggong.

Belakangan anjing tersebut diketahui bernama Blacky, anjing peliharaan warga setempat. Penasaran dengan gonggongan Blacky membuat Junrell memutuskan untuk mengikuti anjing tersebut, yang mengarahkannya ke satu tempat.

Alangkah kagetnya ketika ia melihat bayi laki-laki hanya terbungkus handuk dan ari-ari masih menempel. Junrell segera membawa bayi yang masih hidup tersebut ke rumah sakit. Sementara Blacky mendapatkan hadiah dari netizen sebagai apresiasi dalam menarik perhatian manusia untuk menyelamatkan bayi malang tersebut.

3. Bayi perempuan yang dibuang di Bali, ditemukan karena gonggongan anjing

5 Kisah Anjing dan Kucing Menyelamatkan Bayi yang DibuangFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/Irma Yudistirani)

Peristiwa ini juga pernah terjadi pada 1 Mei 2020 lalu di Bali. Bayi perempuan ditemukan di semak-semak belakang rumah kosong Jalan Kutilang Ujung, Lingkungan Bhuana Gubuk, Jimbaran, Kuta Selatan, Kabupaten Badung pukul 06.00 Wita.

Bayi tersebut ditemukan oleh Warga Negara Asing (WNA) yang kebetulan lewat sambil mengajaknya anjingnya. Anjingnya terus menggonggong dan mengendus ke arah semak-semak belakang rumah tersebut.

WNA tersebut kemudian mengecek dan menemukan bayi perempuan yang telanjang. Hanya tertutup sebuah kantong plastik warna hitam dari wajah sampai bagian perut. Bayi kemudian dibawa ke Rumah Sakit Bali Jimbaran. Dokter memperkirakan bayi tersebut lahir delapan jam sebelum ditemukan.

4. Bayi yang dibuang ke tempat sampah di Malaysia, diselamatkan seekor anjing

5 Kisah Anjing dan Kucing Menyelamatkan Bayi yang DibuangChinapress.com.my

Pada tahun 2019, seekor anjing juga menyelamatkan bayi laki-laki yang dibuang ke tempat sampah. Penemuan bayi itu terjadi di Ampang Jaya, Selangor, Malaysia, pada Sabtu (25/5/2019).

Dilansir Chinapress.com.my, seekor anjing terus menggonggong ke arah tempat sampah. Sampai akhirnya seorang petugas keamanan datang dan memeriksa ke dalam tempat sampah. Ia menemukan bayi laki-laki di dalam tempat sampah. 

5. Dibuang di selokan, bayi perempuan diselamatkan oleh sekawanan kucing

5 Kisah Anjing dan Kucing Menyelamatkan Bayi yang Dibuangtwitter.com/MumbaiPolice

Kisah pembuangan bayi perempuan diselamatkan kawanan kucing terjadi di India pada November 2021. Seorang warga menelepon pihak polisi, dan mengatakan telah menemukan bayi perempuan terbungkus kain di saluran pembuangan.

Penemuan itu berawal dari sekawanan kucing yang terus mengeong dan berkumpul di sekitar lokasi bayi itu dibuang. Bayi kemudian dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Itulah lima kisah bayi yang dibuang dan diselamatkan oleh hewan. Aksi heroik ini semoga menjadi pembelajaran untuk manusia yang punya akal.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya