Comscore Tracker

Pas untuk di Ruang Keluarga! 6 Ide Memilih Corak Lantai

Mana nih yang paling keren?

Lantai termasuk unsur penting di dalam rumah. Ada banyak tipe, warna, hingga pola lantai yang bisa dipilih untuk mempercantik ruangan. Kamu bisa menyesuaikan dengan skema desain yang kamu terapkan di rumah. Terutama untuk ruang keluarga, penampilan lantai akan membantu meningkatkan pesona desain ruangan.

Lantai adalah elemen kunci yang menjadi dasar kamu menentukan elemen dekorasi lainnya di dalam sebuah ruangan. Namun perlu juga disesuaikan dengan kebutuhan dan fungsionalnyadi rumahmu. Apabila kamu masih bingung, berikut beberapa ide untuk memilih corak lantai:

Baca Juga: Biar Sehat dan Bersih, 10 Tips Merawat Kuku Kaki

1. Pilih lantai kayu oak untuk memberikan penampilan klasik

Pas untuk di Ruang Keluarga! 6 Ide Memilih Corak Lantaiinspirasi lantai untuk di ruang keluarga (instagram.com/interiordefine)

Saat ini semakin banyak orang yang memilih lantai kayu sebagai lantai di ruang keluarga mereka. Ada banyak keunggulan yang membuat banyak orang menginginkannya. Bahan yang dinilai tak lekang oleh waktu serta memberikan sentuhan tradisional, alami, namun juga tetap modern.

Ada banyak pilihan jenis lantai kayu  yang bisa digunakan. Namun, yang paling berkarakter adalah lantai kayu keras alami. Bisa menua dengan anggun, lantai kayu alami ini memberikan perbedaan warna yang khas antar setiap papan.

2. Pilih lantai kayu bercorak geometrik

Pas untuk di Ruang Keluarga! 6 Ide Memilih Corak Lantaiinspirasi lantai untuk di ruang keluarga (homesandgardens.com)

Jika kamu ingin memberikan lebih banyak karakter pada ruang, kamu bisa pilih lantai kayu dengan corak geometrik. Tanpa terlalu banyak perabotan yang berseni, melalui penggunaan lantai ini saja ruang keluargamu bisa sudah cukup memberikan pernyataan pesona yang memikat.

Masih dalam satu kesatuan, lantai kayu punya keunggulan daya tahan lama. Namun, ada permainan perbedaan warna dari motifnya.

3. Beri kenyamanan lebih dengan menggunakan karpet wol

Pas untuk di Ruang Keluarga! 6 Ide Memilih Corak Lantaiinspirasi lantai untuk di ruang keluarga (instagram.com/interiordefine)

Karpet merupakan pilihan klasik untuk menambah kehangatan dalam dekorasi di ruang keluarga. Jika kamu menginginkan karpet yang mewah, kenyal, dan benar-benar alami, maka memilih 100 persen wol ini merupakan ide yang tepat.

Karpet bisa memberikan volume lebih pada ruangan. Umurnya cukup panjang dan juga menutupi kekurangan yang ada di lantai. Coba pilih karpet wol tenunan lembut, dilapisi dengan aksesori kasmir, mohair, dan linen.

4. Pertimbangkan penggunaan tiles

Pas untuk di Ruang Keluarga! 6 Ide Memilih Corak Lantaiinspirasi lantai untuk di ruang keluarga (homesandgardens.com)

Kamu bisa tetap menerapkan sentuhan gaya tradisional yang kental dengan memilih tiles atau ubin sebagai lantai di ruang keluarga. Alih-alih memilih kayu yang mungkin akan lebih merogoh kocek. Pada dasarnya, memilih ubin sebagai pilihan jenis lantai yang digunakan juga memiliki daya tahan yang lama.

Contohnya seperti tiles dengan warna terakota yang alami. Tetap netral untuk dipadu-padankan dengan berbagai ide desain interior. Selanjutnya, kamu bisa sempurnakan dengan permainan tekstur dari karpet yang nyaman, logam hangat, dan perabotan kulit untuk suasana pedesaan.

5. Pilih karpet anti noda untuk kumpul keluarga

Pas untuk di Ruang Keluarga! 6 Ide Memilih Corak Lantaiinspirasi lantai untuk di ruang keluarga (instagram.com/interiordefine)

Jika kamun berpikir bahwa lantai di ruang keluarga harus tetap terjaga, maka pilih karpet anti noda. Kamu bisa menghindari goresan atau lecet pada lantai. Namun, tetap lebih mudah dibersihkan ketika terkena tumpahan.

Di sisi lain estetika di ruang keluarga dapat tetap terjaga. Pilih warna netral untuk kamu yang ingin melihat ruangan tampak lebih clean. 

6. Gunakan batu untuk menambah suasana alami

Pas untuk di Ruang Keluarga! 6 Ide Memilih Corak Lantaiinspirasi lantai untuk di ruang keluarga (homesandgardens.com)

Memilih lantai berbahan batu juga ide yang bagus. Lantai jenis ini akan menambah kesan  mewah dan berkarakter pada ruang keluarga. Terutama jika kamu punya ruang keluarga terbuka yang langsung terhubung dengan area dapur. Kamu bisa pilih jenis batu dari porselen.

Porselen ini merupakan batuan hasil buatan manusia yang dibakar dalam suhu yang sangat tinggi. Kamu bisa menghasilkan ubin yang kuat dan kokoh. Ide lantai ruang keluarga dengan gaya batu ini juga cenderung akan lebih mudah dipadukan dengan berbagai warna dan tekstur di keseluruhan ruang.

Menciptakan ruang keluarga yang nyaman dan estetik tentu penting karena di ruangan inilah keluarga bisa membangun hubungan yang lebih intimate. Nah, kamu lebih suka menggunakan lantai langsung atau mendekorasinya lagi dengan karpet?

Nadhifa Salsabila K Photo Community Writer Nadhifa Salsabila K

Pencinta literasi penyuka fiksi, menulis kapan dan dimana saja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya