Comscore Tracker

On Time! 5 Tips Agar Orang Lain Menghargai Kamu

Mulailah dari diri sendiri

Sebagai makhluk sosial yang hidup bersama, segala sikap dan tingkah laku kamu tak akan luput dari penilaian orang lain. Begitu juga dengan respons orang lain, sikap mereka tergantung pada apa yang sudah kita lakukan. Jika kamu ingin lebih dihargai, maka wajib juga untuk menghargai orang lain. 

Apabila kamu meremehkan orang lain, maka bukan tidak mungkin mereka pun juga akan berlaku yang sama. Biar lebih jelas, cek dulu ya di bawah ini tips agar kamu bisa dihargai oleh orang lain:

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Pasangan yang Pas, Dia Selalu Ada saat Suka dan Duka 

1. Datang on time saat janjian

On Time! 5 Tips Agar Orang Lain Menghargai Kamuilustrasi pasangan bahagia (pexels.com/ Ketut Subiyanto)

Perilaku baik pertama yang bisa membuatmu makin dihargai adalah menepati janji. Orang akan respek ketika kamu bisa menghargai orang lain dengan menepati janji yang telah dibuat bersama. Contohnya kalau kamu sedang punya janji dengan orang lain, kamu harus bisa memenuhi janji tersebut.

Jika kamu bisa melakukannya, maka kamu akan dinilai sebagai sosok yang bertanggung jawab dan kamu bisa makin dihargai oleh orang lain. Bagaimana pun cobalah berpikir bahwa waktu setiap orang sangatlah berharga. Jadi jangan disia-siakan.

2. Punya etika di tempat kerja

On Time! 5 Tips Agar Orang Lain Menghargai Kamuilustrasi tempat kerja (pexels.com/fauxels)

Memiliki dan memahami etika sangatlah penting, terutama di tempat kerja. Barangkali terkesan sepele bagi beberapa orang. Tapi percayalah bahwa hal-hal sederhana ini begitu penting dan menentukan. 

Selain dinilai oleh sesama rekan kerja, etikamu juga akan dinilai oleh atasan. Maka dari itu penting sekali punya etika yang baik. Dengan demikian kamu akan semakin dihargai oleh orang-orang di tempat kerja. Jangan sampai kamu jago dalam bidang tertentu, tapi tak punya etika. 

3. Selalu memberikan usaha yang terbaik

On Time! 5 Tips Agar Orang Lain Menghargai Kamuilustrasi belajar kelompok (pexels.com/Ivan Samkov)

Ada banyak hal yang membuat orang-orang di sekitar nyaman berteman. Satu di antaranya selalu berbuat baik dan mengupayakan yang terbaik untuk diri sendiri dan orang-orang di sekitar. Ketika kita mampu berusaha yang terbaik untuk diri sendiri, nantinya akan menghasilkan value yang dapat menarik perhatian orang lain.

Begitu juga dengan ketika mengupayakan yang terbaik untuk orang lain. Penilaian baik juga akan kamu dapatkan. Hal itulah yang menjadikan faktor seseorang akan lebih dihargai oleh orang lain. Karena memang orang tersebut berharga dan pantas untuk dihargai. 

4. Semangat dan tidak terlihat malas-malasan

On Time! 5 Tips Agar Orang Lain Menghargai Kamuilustrasi pria semangat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ingatlah bahwa tindakan memengaruhi energi kita. Seseorang akan terlihat positif ketika ia melakukan tindakan-tindakan positif. Begitu juga sebaliknya, ketika seseorang terlihat bermalas-malasan, akan terlihat pula energi negatifnya.

Orang lain juga akan dapat merasakan kemalasan itu sehingga tidak lagi tertarik. Di samping itu, kualitas dirimu akan menurun dan tak lagi dihargai. Maka tunjukkan semangat positifmu supaya orang lain juga ikut merasakannya. 

5. Mau belajar dan tidak merasa paling pintar

On Time! 5 Tips Agar Orang Lain Menghargai Kamuilustrasi pria dan wanita mengobrol (pexels.com/fauxels)

Seseorang akan lebih dihargai ketika dirinya mempunyai jiwa pembelajar. Pasalnya orang seperti ini sangat menghargai suatu proses. Sikap sabar dan telatennya ini yang membuat orang lain sangat salut.

Selain itu, orang-orang akan sangat tertarik dengan kegigihannya. Jadi jika kamu ingin lebih bisa dihargai, tanamkanlah jiwa seperti ini, yakni mau belajar akan hal apapun. 

Bagaimana menurutmu dengan beberapa tips di atas? Semoga bisa membantu ya!

Maftukhatul Azizah Photo Community Writer Maftukhatul Azizah

Berbagi energi positif melalui tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya