Comscore Tracker

5 Karakter Orang dengan Kecerdasan Emosional

Bagaimana dengan kepribadian kamu?

Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengelola emosi diri sendiri dan memahami emosi orang lain. Mengelola emosi tentunya sangat penting, terutama ketika berada di bawah tekanan.

Manusia umumnya membuat keputusan dan bereaksi berdasarkan emosi yang dirasakan. Karenanya kecerdasan emosional akan berdampak besar pada cara mengambil keputusan dan mengidentifikasi peluang. Dilansir dariYourTango, berikut karakter orang dengan kecerdasan emosional:

Baca Juga: 5 Solusi Cerdas Menanggapi Kritikan Orang Lain

1. Memiliki empati

5 Karakter Orang dengan Kecerdasan EmosionalIlustrasi berempati (pexels.com/@liza-summer/)

Empati adalah kapasitas untuk memahami atau merasakan apa yang dialami orang lain dari dalam kerangka acuan mereka, yaitu kapasitas untuk menempatkan diri pada posisi orang lain. Orang dengan kecerdasan emosional tinggi tentunya memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi dan memahami emosi orang lain.

Oleh karena itu, mereka berempati dan bereaksi terhadap emosi orang lain. Sifat empati ini dapat dikembangkan dan dipelajari melalui pengalaman.

2. Berpikir analitis

5 Karakter Orang dengan Kecerdasan EmosionalIlustrasi berpikir (pexels.com/@vanessa-garcia/)

Orang yang cerdas secara emosional dan tegas adalah pemikir mendalam yang menganalisis dan memproses semua informasi baru yang diterima. Mereka terus menganalisis informasi lama, kebiasaan, dan cara melakukan sesuatu.

Memiliki pikiran analitis berarti punya selera yang sehat untuk pola pikir yang terus meningkat. Ini akan mengarah pada perbaikan diri sendiri dan selalu terbuka terhadap ide-ide baru. 

3. Dapat membedakan antara kebutuhan dan keinginan

5 Karakter Orang dengan Kecerdasan EmosionalIlustrasi belanja (pexels.com/@shvetsa/)

Mereka juga ahli dalam mengetahui apa yang benar-benar dibutuhkan dalam hidup ini. Dengan mudah mereka dapat menarik perbedaan yang sangat jelas antara apa yang dibutuhkan dan apa yang diinginkan.

Oleh karena itu, orang yang cerdas secara emosional selalu menetapkan kebutuhan sebelum memenuhi keinginan. Keinginan terkadang bukanlah sesuatu yang benar-benar dibutuhkan untuk bertahan hidup.

4. Selalu optimis

5 Karakter Orang dengan Kecerdasan EmosionalIlustrasi optimis (pexels.com/@olly/)

Orang yang memiliki kecerdasan emosional tinggi akan menjauhkan diri dengan hal-hal negatif. Karena itulah mereka optimistis dan selalu berpikir positif.

Dari semua hal yang kita coba kendalikan dan pengaruhi, sikap kita adalah hal utama yang selalu berada dalam kendali. Kita dapat memilih untuk hidup setiap hari dengan menjadi positif. Sesederhana itulah cara berpikirnya. 

5. Suka membantu orang lain untuk lebih maju

5 Karakter Orang dengan Kecerdasan EmosionalIlustrasi membantu rekan kerja (pexels.com/@jack-sparrow/)

Orang yang cerdas secara emosional tertarik pada kesuksesan dan pencapaian. Tidak hanya untuk diri mereka sendiri, tetapi juga untuk rekan-rekannya. Kepemimpinan dan optimisme mendorong mereka untuk melakukan yang terbaik untuk diri mereka sendiri dan orang lain.

Ketika ingin melakukan sesuatu untuk orang lain, sebagian orang mempertanyakan apa keuntungannya bagi mereka. Namun, orang dengan kecerdasan emosional tinggi mampu untuk fokus pada kepentingan diri sendiri dan memiliki semangat untuk melihat orang-orang di sekitarnya berhasil. Apakah dari penjelasan di atas ada karakter kamu?

Latisha Asharani Photo Community Writer Latisha Asharani

Umbrellas don't mean anything to the unprecedented pouring rain

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya