Comscore Tracker

5 Tips Self Reward Setelah Terus Dikejar Deadline, Jangan Kerja Terus 

Istirahat dan lakukan hal yang kamu suka

Kesibukan bekerja dapat menguras tenaga dan pikiran. Apalagi dengan tugas-tugas yang batas waktu penyelesaiannya berdekatan. Kamu pun harus berjuang mengejar deadline dan target yang diberikan oleh atasan. Ketegangan demi ketegangan kamu lewati setelah satu per satu tugas berhasil kamu tuntaskan. 

Ketika pekerjaan selesai dan tiba waktunya menikmati akhir pekan, inilah saatnya untuk membahagiakan diri sendiri. Jangan memaksakan diri untuk terus bekerja. Beri waktu untuk tubuh dan pikiran beristirahat, bersenang-senang dulu. Nah berikut lima cara untuk self reward setelah terus-menerus dikejar deadline:

Baca Juga: 5 Konsep Keliru Soal Self-reward yang Perlu Dibenahi, Saatnya Belanja?

1. Lakukan hobi yang membuatmu senang

5 Tips Self Reward Setelah Terus Dikejar Deadline, Jangan Kerja Terus ilustrasi orang hobi memasak (pexels.com/Ron Lach)

Cara membahagiakan diri, self reward, setelah beberapa hari ini sibuk mengejar deadline, bisa kamu lakukan dengan berbagai kegiatan yang membuatmu senang. Hal-hal yang menyenangkan memang ampuh meningkatkan suasana hati menjadi semakin tenang dan bahagia.

Jika kamu memiliki hobi, lakukanlah hobimu karena itu juga mampu membuat perasaan jadi lebih riang. Biarkan tubuh dan pikiranmu beristirahat terlebih dulu dari padat dan penatnya pekerjaan. Akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan atau hobi yang membuat pikiranmu jadi lebih rileks. 

2. Melakukan perawatan diri 

5 Tips Self Reward Setelah Terus Dikejar Deadline, Jangan Kerja Terus ilustrasi melakukan perawatan diri (pexels.com/Anete Lusina)

Setelah menjalani aktivitas kerja yang padat, inilah saatnya kamu untuk self reward,  memanjakan dan merawat diri agar bisa lebih merasakan sensasi kebahagiaan itu. Jedalah sejenak dari kerutinan dan kepadatan kegiatan itu. Jangan paksa tubuh dan pikiran kamu untuk terus menerus bekerja. 

Ketika kamu merasa lelah karena terus bekerja, maka di akhir pekan, saat semua pekerjaan sudah selesai, luangkanlah waktu untuk membahagiakan diri dengan cara melakukan perawatan supaya tubuh menjadi rileks dan pikiran juga bisa segar kembali.

3. Bersyukur atas hasil yang telah kamu dapatkan 

5 Tips Self Reward Setelah Terus Dikejar Deadline, Jangan Kerja Terus ilustrasi orang bersyukur (pexels.com/Elina Fairytale)

Cara untuk membahagiakan diri setelah sibuk terus menerus mengejar deadline yaitu dengan mensyukuri hasil yang telah kamu dapatkan. Bersyukur adalah cara untuk membuat diri merasa lebih tenang dan bahagia. Ketika kamu sudah berusaha, maka apa pun hasilnya, kamu akan tetap senang dengan capaian itu. 

Sering kali memang seseorang akan merasa sedih dan kecewa apabila hasil dari pekerjaannya tidak sesuai dengan harapan. Meskipun sudah lelah mengejar banyak deadline, namun bukannya bahagia, dia malah sedih. Mengapa seperti itu? Karena tidak bersyukur atas apa yang telah dicapai. 

4. Menghargai segala hal yang telah kamu usahakan 

5 Tips Self Reward Setelah Terus Dikejar Deadline, Jangan Kerja Terus ilustrasi mengapresiasi diri sendiri (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setelah sibuk mengejar deadline pekerjaan yang waktu penyelesaiannya berdekatan, maka setelah semuanya selesai, jangan lupa untuk membahagiakan diri ya. Caranya, hargailah segala hal yang telah kamu usahakan selama ini. Apa pun yang sudah tercapai, tetaplah menghargai hasil dari usahamu itu. 

Saat mampu menghargai usahamu sendiri, maka kamu akan menjadi pribadi yang kuat. Dengan menghargai usaha yang telah dilakukan selama ini, maka akan semakin tumbuh kepercayaan dalam diri bahwa kamu sanggup menjalankan apapun tantangan yang diberikan. Perlu diingat bahwa menghargai usaha diri sendiri juga merupakan bagian dari kebahagiaan dalam hidup ini.

5. Tetap utamakan kesehatan tubuh dan pikiran

5 Tips Self Reward Setelah Terus Dikejar Deadline, Jangan Kerja Terus ilustrasi orang yang memiliki kesehatan baik (pexels.com/Ron Lach)

Cara berikutnya untuk membahagiakan diri setelah beberapa hari sibuk mengejar deadline pekerjaan yaitu dengan tetap mengutamakan kesehatan tubuh dan pikiran. Ketika sebelumnya kamu berupaya keras agar semua pekerjaan bisa selesai tepat pada waktunya, maka setelah semuanya selesai, tetaplah berusaha untuk menjaga kesehatan, jangan sampai drop.

Perhatikan pola makan dan tidurmu. Apabila sebelumnya waktu makanmu gak teratur dan waktu tidurmu semakin berkurang akibat harus menyelesaikan pekerjaan, maka saatnya untuk mengatur kembali pola hidupmu dan luangkan waktu buat berolahraga. Kesehatan yang prima dan pola hidup yang seimbang, nantinya juga akan membuatmu jadi bahagia. 

Nah, itu beberapa tips self reward setelah terus dikejar deadline. Jangan lupa luangkan waktu di akhir pekan untuk membahagiakan diri sendiri ya. 

Adelbertha Eva Y Photo Community Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya