Comscore Tracker

5 Tanda Kepribadian Kamu Lebih Matang, Dewasa Hadapi Masalah

Bagaimana dengan kamu?

Setiap manusia pasti akan selalu berproses selama menjalani kehidupannya. Berulang kali jatuh bangun dalam menghadapi masalah. Namun, bagi kamu yang selama ini gak pernah menyerah dan terus berjuang, suatu saat nanti pasti akan menuai hasilnya. Persoalan demi persoalan yang datang menguji, tentunya akan menjadi pelajaran besar sehingga kamu semakin kuat ke depannya. 

Bagi kamu yang sedang berjuang dalam hidup ini, usahamu gak akan sia-sia. Apabila saat ini impian kamu belum terwujud, maka janganlah bimbang dan berpikir bahwa tak ada sesuatu yang akan dihasilkan. Dalam perjuangan hidup itu, prosesnyalah yang lebih penting. Selama berproses, kamu akan selalu mengalami pertumbuhan dan kematangan.

Tempaan demi tempaan akan membuat kamu menjadi lebih matang dan dewasa dalam menghadapi masalah. Nah berikut ini tanda-tanda bahwa kepribadian kamu sudah semakin matang: 

Baca Juga: 5 Cara Menjalani Hidup Ala Taoisme, Bikin Pikiran Lebih Tenang

1. Kamu sudah menemukan arah dan tujuan hidup 

5 Tanda Kepribadian Kamu Lebih Matang, Dewasa Hadapi Masalahilustrasi melangkah menuju tujuan dengan perasaan senang (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Arah dan tujuan hidup merupakan bagian penting dalam kehidupan seseorang. Kedua hal tersebut jadi kunci dalam perencanaan untuk menjalani kehidupan di masa kini dan yang akan datang. Tahukah kamu, bahwa gak semua orang sudah menemukan tujuan hidupnya, lho? Bahkan masih banyak yang bimbang dan tidak tahu akan ke mana. 

Nah bagi kamu yang sudah menentukan arah dan tujuan hidupmu, itu tandanya sudah terjadi pertumbuhan dalam dirimu menjadi semakin matang. Arah dan tujuan hidup setiap orang tentu memang berbeda-beda. Namun tanpa arah dan tujuan yang pasti, kamu akan kebingungan dalam melangkah. 

2. Memiliki kepercayaan diri yang baik 

5 Tanda Kepribadian Kamu Lebih Matang, Dewasa Hadapi MasalahIlustrasi laki-laki percaya diri (pexels.com/fauxels)

Tanda berikutnya yang menunjukkan bahwa telah terjadi pertumbuhan dan kematangan yaitu ketika kamu sudah memiliki kepercayaan diri yang baik. Rasa percaya diri gak bisa didapatkan dalam waktu yang singkat. Ada beberapa proses yang harus dilalui untuk mendapatkan kepercayaan diri yang baik.

Bagi kamu yang gak lagi merasa rendah diri dan memiliki tingkat kepercayaan diri yang baik dalam berbagai situasi, maka itu tanda bahwa kamu sudah semakin bertumbuh. Kepercayaan diri sangat membantumu dalam berbagai aspek kehidupan, khususnya untuk mengembangkan karier di masa depan. 

3. Sudah punya pertahanan diri yang kuat

5 Tanda Kepribadian Kamu Lebih Matang, Dewasa Hadapi Masalahilustrasi tetap tegar dan kuat (pexels.com/fauxels)

Seseorang yang mampu bertahan di tengah banyaknya persaingan adalah tanda bahwa seseorang telah bertumbuh dan semakin matang. Kadang orang yang mengalami masalah-masalah tertentu, mereka menyerah di awal dan enggan berjuang lebih keras lagi.

Namun jika kamu memiliki sistem pertahanan yang kuat dan mampu bersaing secara sehat, hingga sanggup memberikan perlindungan ke diri sendiri, Itu adalah tanda bahwa kamu telah bertumbuh dalam proses kehidupan. Maka, ketika merasa ingin menyerah, cobalah berupaya lebih keras lagi untuk memaksimalkan diri untuk berjuang kembali.

4. Memiliki keseimbangan diri

5 Tanda Kepribadian Kamu Lebih Matang, Dewasa Hadapi Masalahilustrasi memiliki keseimbangan hidup (pexels.com/Sebastian Voortman)

Tanda berikutnya bahwa dalam diri telah terjadi pertumbuhan dan kematangan yaitu adanya keseimbangan diri dalam menjalani kehidupan ini. Bagi kamu yang selalu seimbang secara emosi, tindakan dan cara berpikir, itu tandanya kamu telah bertumbuh dan matang.

Segala sesuatu harus dijalani dengan seimbang. Keseimbangan akan mampu memberikanmu kebahagiaan dalam hidup. Memiliki keseimbangan diri yang baik, akan menjadikanmu pribadi yang lebih produktif lagi. Keseimbangan memberimu kekuatan untuk bangkit saat jatuh. Selain itu, juga memberimu dorongan semangat saat diri mulai merasa penat.

5. Mampu melihat berbagai hal dari sisi positifnya 

5 Tanda Kepribadian Kamu Lebih Matang, Dewasa Hadapi Masalahilustrasi orang memiliki sudut pandang positif (pexels.com/Dziana Hasanbekava)

Kemampuan melihat sesuatu dari sisi positifnya merupakan tanda bahwa dalam dirimu telah terjadi pertumbuhan. Hal ini bukanlah sesuatu yang mudah, apalagi saat kamu sedang tertimpa masalah. Pikiran negatif pasti selalu datang menghampiri. Namun jika semakin hari kamu kian mampu melihat sisi positif dari segala hal yang terjadi, itu artinya kamu telah bertumbuh.

Teruslah latih pikiranmu agar selalu positif dalam melihat dan menilai sesuatu. Hal ini memberikan ketenangan pikiran dan kedamaian hati, lho. Memang gak mudah dan kadang membutuhkan waktu yang gak singkat untuk membiasakan diri melihat sesuatu dari sisi positifnya. Tapi, berusaha saja karena pertumbuhan diri seseorang akan terus terjadi. Memiliki sudut pandang positif akan membuatmu bertumbuh setiap harinya.

Nah itu beberapa tanda bahwa kepribadian kamu lebih matang. Semangat untuk terus bertumbuh ya. 

Adelbertha Eva Y Photo Community Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya