Comscore Tracker

5 Manfaat Membangun Kepercayaan Diri, Peluang Pasti akan Terbuka

Ingat kesempatan tidak akan datang berkali-kali ya

Kepercayaan terhadap kemampuan diri sangat berpengaruh pada masa depan, terutama dalam pekerjaan. Apabila kamu percaya dengan kemampuan diri sendiri, maka peluang dan kesempatan itu pun akan datang dan terbuka untukmu. Sebelum orang lain memberikan kesempatan dan kepercayaan, setidaknya kamu harus percaya dan yakin dulu dengan diri. 

Selanjutnya, tinggal bagaimana kamu melihat peluang dan membukakan pintu. Kecerdasan saja tentu tidak cukup. Selain kepekaan melihat peluang, juga penting untuk membangun kepercayaan diri. Selama kamu yakin dengan kemampuan diri, maka hal-hal baik lainnya juga akan mengikuti. Mengapa seperti itu? Simak dulu yuk di bawah ini penjelasannya:

Baca Juga: Punya Sisi Menarik! 5 Alasan Penting Jadi Perempuan Mandiri

1. Produktivitas terus meningkat 

5 Manfaat Membangun Kepercayaan Diri, Peluang Pasti akan Terbukailustrasi produktif dalam bekerja (pexels.com/Yan Krukov)

Seseorang yang memiliki keyakinan dan percaya bahwa dirinya akan mampu meraih sesuatu, maka produktivitasnya juga akan terus meningkat. Ketika kamu produktif, maka semua yang kamu lakukan akan efektif. Peluang sukses juga akan terbuka lebar.

Meraih keberhasilan dalam bidang apa pun, tentu membutuhkan produktivitas. Ke depannya, pasti ada saja tantangan yang membuatmu menjadi pesimis, hingga berpikir negatif. Akan tetapi, dengan kepercayaan diri dan produktivitas yang terus terjaga, kamu bisa terlindungi dari hal-hal yang membuatmu pesimis dan menyerah.

Orang yang produktif gak akan ada waktu untuk memikirkan hal negatif. Dia akan selalu fokus meraih apa yang diimpikannya dengan penuh keyakinan terhadap kemampuannya. Dengan begitu, peluang untuk berhasil semakin terbuka.

2. Diri dilimpahi dengan energi positif

5 Manfaat Membangun Kepercayaan Diri, Peluang Pasti akan Terbukailustrasi orang mendapatkan energi positif (pexels.com/omer havivi)

Kepercayaan terhadap kemampuan, membuat diri dipenuhi dengan energi positif. Orang yang kurang percaya pada kemampuannya, akan mengalami hal yang sebaliknya. Ia tidak akan bisa menangkap peluang yang diberikan sebab sudah tidak yakin bisa menjalankan kesempatan yang ditawarkan. 

Semakin yakin dan percaya bahwa kamu bisa menjalankannya, maka peluang untuk benar-benar mendapatkan sesuatu yang diinginkan akan semakin terbuka. Keyakinanmu benar-benar membuat diri dipenuhi oleh energi positif, sesuatu yang sangat kamu perlukan dalam meraih keberhasilan.

3. Keterampilan diri semakin bertambah

5 Manfaat Membangun Kepercayaan Diri, Peluang Pasti akan Terbukailustrasi keyakinan dapat meningkatkan keterampilan (pexels.com/Alena Darmel)

Menggapai tujuan dan cita-cita di masa depan, tentu memerlukan perjuangan. Namun, bekerja keras saja tidaklah cukup. Kamu juga perlu mengiringinya dengan keyakinan akan kemampuan diri sendiri. Seseorang yang tak meragukan kemampuannya, akan berusaha melakukan hal terbaik saat diberikan kesempatan. 

Seiring berjalannya waktu dan perjuangan, dia pun akan terus belajar dan mengasah keterampilan. Keterampilan diri pun akan ikut meningkat selama berproses. Nah ketika kemampuan terus meningkat, berbagai tantangan dan rintangan tak akan terasa berat, sehingga peluang sukses pun semakin terbuka.

4. Tidak mudah menjadi stres

5 Manfaat Membangun Kepercayaan Diri, Peluang Pasti akan Terbukailustrasi orang merasa stres (pexels.com/Arina Krasnikova)

Stres akibat banyaknya hambatan dalam proses mendapatkan keberhasilan di masa depan, dapat dialami oleh siapa saja. Namun bagi pribadi-pribadi yang yakin dengan kemampuan dirinya, akan mampu mengelola stres tersebut sehingga tidak tenggelam dan terus menerus larut. 

Mengapa demikian? Sebab dia menyadari bahwa hambatan bukanlah penghalang meraih keberhasilan. Bagi mereka, hambatan yang ada merupakan peluang untuk meningkatkan kualitas diri. Ketika hambatan demi hambatan berhasil dilewati, mereka yakin peluang demi peluang juga akan terbuka.

Maka, yakin dan percayalah terhadap kemampuanmu. Dengan begitu, ketika ada hambatan yang mengganggu, kamu gak akan mudah merasa stres. Kamu menyadari bahwa di balik hambatan, ada pintu-pintu peluang menuju keberhasilan.

5. Termotivasi untuk terus berjuang

5 Manfaat Membangun Kepercayaan Diri, Peluang Pasti akan Terbukailustrasi orang yang memiliki motivasi kuat untuk bekerja (pexels.com/Gustavo Fring)

Perjuangan untuk meraih impian, tentunya juga memerlukan dorongan motivasi. Mereka yang percaya dengan kemampuan diri, akan mampu menciptakan dan membangun motivasi di dalam dirinya sendiri untuk terus berusaha secara konsisten dan pantang menyerah.

Perlu diingat bahwa tak selamanya orang lain akan memberikan kamu motivasi. Maka, kamu perlu mencari cara untuk mendapatkannya sendiri, yakni dengan membangun keyakinan akan kemampuan diri sendiri. Ketika keyakinan ini kamu tanamkan di dalam diri, motivasi untuk maju akan terus bertambah.

Yakin dan percayalah bahwa kamu pasti bisa. Keyakinan tersebut akan mendorong pintu-pintu peluang sukses semakin terbuka lebar untukmu. Ketika peluang sudah kamu temukan, maka manfaatkanlah dengan baik dan penuh tanggung jawab supaya sesuatu yang kamu impikan selama ini bisa benar-benar terwujud. 

Adelbertha Eva Y Photo Community Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya