Comscore Tracker

Belum Punya Pengalaman? Ini 5 Cara Dekat dengan Anak-anak 

Pelan-pelan saja ya karena anak-anak juga gak bisa dipaksa

Apakah kamu belum berpengalaman dengan anak-anak? Ingin dekat, tapi bingung bagaimana caranya agar disukai? Biasanya ketika ada acara kumpul bersama keluarga besar, anak-anak dari saudara juga akan ada di sana. Kamu pun langsung gemas melihat kelucuan mereka. 

Memang tidak mudah untuk langsung dekat dengan anak-anak. Kamu perlu sabar dan melakukan pendekatan sampai mereka merasa nyaman. Adalah hal yang wajar apabila pada awalnya anak-anak akan takut untuk dekat dengan kamu. Bahkan mungkin ada yang langsung menangis. Nah jika kamu mengalaminya, simak yuk di bawah ini cara agar dekat dengan anak-anak:

Baca Juga: Waspada! 7 Penyebab Anak Jadi Pelaku Bullying

1. Kontak mata dengan penuh kasih sayang

Belum Punya Pengalaman? Ini 5 Cara Dekat dengan Anak-anak ilustrasi menatap mata anak saat menyapa (pexels.com/cottonbro)

Tatapan mata termasuk cara untuk berkomunikasi. Ketika kamu berbicara dengan orang dewasa, kontak mata wajib dilakukan sebagai wujud menghargai dan menghormati lawan bicara. Nah, ini juga berlaku ketika kamu sedang menjalin komunikasi dengan anak-anak.

Tatap matanya dengan lembut, penuh perhatian dan kasih sayang. Setelah beberapa saat, anak-anak akan mulai memerhatikanmu dan menunjukkan senyum manisnya padamu. Saat dia tersenyum padamu, itu artinya dia menyukaimu. Lanjutkan dengan menyapanya menggunakan suara yang lembut.

2. Ajaklah mereka berbicara dengan lembut

Belum Punya Pengalaman? Ini 5 Cara Dekat dengan Anak-anak ilustrasi berbicara dengan anak-anak (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Tips berikutnya yaitu setelah kamu menatapnya dan dia memberikan senyuman balik padamu, percaya dirilah untuk mengajaknya berbicara. Tetap menjaga kontak mata dengannya agar dia semakin nyaman dan mengenali wajahmu. Anak-anak akan mudah dekat dengan orang lain jika sering bertatapan dengannya.

Sapa namanya dan ajaklah dia berbicara sambil terus menebarkan senyuman dan wajah ceriamu padanya. Gunakan suara yang lembut, anak-anak nantinya akan semakin menyukaimu dan mau berbicara denganmu. Kelembutan suaramu dan keceriaan ekspresi wajahmu dapat membuatnya senang mengenalmu.

3. Gunakan baju dengan warna yang cerah 

Belum Punya Pengalaman? Ini 5 Cara Dekat dengan Anak-anak ilustrasi warna pakaian terang (pexels.com/ANTONI SHKRABA)

Anak-anak sangat menyukai warna-warna cerah. Mereka tertarik dengan warna yang terang. Kamu pun bisa mengenakan pakaian dengan warna-warna yang disukai anak-anak.

Pilihan warna baju menjadi penting karena warna-warna yang cerah dapat menarik fokus perhatian anak-anak. Jangan dianggap enteng, warna juga menjadi sarana berkomunikasi lho. Anak-anak di masa pertumbuhannya akan belajar sesuatu mulai dari warna. 

4. Menonton film bersama mereka

Belum Punya Pengalaman? Ini 5 Cara Dekat dengan Anak-anak ilustrasi kegiatan menonton film (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Cara berikutnya agar kamu bisa dekat dengan anak-anak yaitu ajaklah mereka untuk menonton film atau tontonan lainnya secara bersama. Tanyakan film apa yang dia suka. Selain dapat meningkatkan keakraban di antara kalian, mengajak mereka menonton sesuatu bersama, juga dapat membuat mereka semakin nyaman dan dekat bersamamu.

Terlibatlah dalam aktivitas menyenangkan bersamanya. Mengapa begitu? Karena dari aktivitas tersebut, kamu dapat semakin mengenalinya dan mudah untuk mengetahui apa saja yang menjadi kesukaannya.

5. Gunakan mainan untuk menarik perhatiannya 

Belum Punya Pengalaman? Ini 5 Cara Dekat dengan Anak-anak ilustrasi anak-anak bermain bersama hewan peliharaan (pexels.com/cottonbro)

Kamu bisa mempersiapkan beberapa jenis mainan untuk anak-anak. Mainan adalah hal yang sangat disukai anak-anak. Gak perlu yang mahal-mahal, apa pun itu asalkan menarik, pasti anak-anak suka.

Apabila kamu belum mempersiapkan mainan, kamu juga bisa menggunakan barang-barang yang ada di sekitarmu untuk dijadikan mainan. Pilih barang yang aman dan unik agar anak-anak tertarik. Jika kamu memiliki hewan peliharaan, itu juga sangat menarik perhatian anak-anak. Ajaklah mereka bermain bersama hewan peliharaanmu. Pastikan binatang gak agresif ya.

Memang gak semua anak-anak bisa langsung akrab dan dekat dengan orang lain. Apalagi jika kamu baru pertama kali bertemu. Nah bagi kamu yang belum punya pengalaman, bisa coba beberapa cara di atas ya. Tapi tetap ingat ya jangan pernah memaksa anak-anak, terutama jika mereka merasa tidak nyaman. 

Adelbertha Eva Y Photo Community Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya