Comscore Tracker

Upgrade Diri! 5 Alasan Pentingnya Mendorong Diri untuk Belajar 

Jangan langsung cepat merasa puas ya

Belajar tidak hanya selalu di tempat formal dan tidak juga dalam jangka waktu tertentu saja. Akan tetapi, setiap saat dan seterusnya, belajar perlu kamu lakukan selama masih menjalani kehidupan ini.

Zaman terus mengalami perubahan dan selalu ada hal yang baru. Jika kamu berhenti mempelajari sesuatu atau ilmu baru, maka untuk bertahan akan terasa memberatkan. Oleh karena itu, simak beberapa alasan berikut ini mengapa betapa pentingnya selalu mendorong diri untuk belajar:

Baca Juga: 5 Motivasi Buat Kamu yang Kecewa dengan Realita Kehidupan

1. Bermanfaat untuk menjaga kesegeran pikiran

Upgrade Diri! 5 Alasan Pentingnya Mendorong Diri untuk Belajar ilustrasi laki-laki sedang duduk sambil berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Pikiran yang segar mampu menghasilkan sesuatu yang bermutu, kreatif, serta berfokus tinggi. Jagalah agar pikiranmu selalu segar setiap harinya. Caranya sederhana ya, yaitu luangkan waktu untuk belajar.

Jika pikiran dilatih dan dibiasakan belajar secara rutin, maka otakmu akan aktif dan mampu menghasilkan karya-karya kreatif. Selain itu, untuk proses berpikir dalam bekerja, maupun pengambilan keputusan, juga akan maksimal.

2. Mampu bertahan di tengah derasnya arus perkembangan zaman

Upgrade Diri! 5 Alasan Pentingnya Mendorong Diri untuk Belajar ilustrasi anak muda yang tangguh (pexels.com/Jeffrey Reed)

Perkembangan zaman tak akan pernah berhenti. Semakin hari semakin maju dengan pesat. Banyak ilmu dan pengetahuan baru yang bermunculan. Karenanya, kamu perlu rajin dalam memperluas wawasan.

Itulah sebabnya, mendorong diri untuk selalu belajar sangatlah penting diupayakan. Tujuannya agar kamu mampu bertahan di tengah derasnya arus perkembangan zaman yang tak pernah berhenti, meski sebentar saja.

3. Tujuannya agar kamu menjadi ahli di suatu bidang

Upgrade Diri! 5 Alasan Pentingnya Mendorong Diri untuk Belajar ilustrasi orang yang menjadi ahli dalam bidang pekerjaannya (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Memiliki keahlian khusus di bidang tertentu, pastinya sangat membantumu dalam mencapai cita-cita, impian di masa depan. Teruslah gali potensimu, asah terus keterampilan diri. Belajar lagi secara lebih dalam dan detail supaya kamu menjadi ahli di bidang tersebut.

Meski hanya bidang tertentu saja, tapi ilmunya tak akan pernah berhenti di situ saja. Perkembangan akan terus ada. Belajarlah lagi tentang ilmu-ilmu yang mendukungnya. Saat berhasil menjadi ahlinya, berbagai kesempatan dan tawaran menarik pun akan berdatangan.

4. Agar karier terus mengalami peningkatan

Upgrade Diri! 5 Alasan Pentingnya Mendorong Diri untuk Belajar ilustrasi orang sedang meniti karier (pexels.com/ANTONI SHKRABA production)

Jika ingin mendapatkan jenjang karier yang lebih tinggi, maka tak ada alasan untuk malas belajar. Semakin naik tingkatan kariermu, jelas semakin banyak ilmu dan pengetahuan yang harus kamu tahu serta pahami.

Hal ini juga menjadi alasan penting berikutnya, bahwa mendorong diri untuk terus belajar memang diperlukan. Kegiatan belajar dapat berpengaruh terhadap jenjang kariermu. Ilmu yang didapatkan dari proses belajar sangat mampu membawamu menuju jenjang karier yang diimpikan.

5. Menambah kepercayaan diri

Upgrade Diri! 5 Alasan Pentingnya Mendorong Diri untuk Belajar ilustrasi laki-laki percaya diri (pexels.com/Yan Krukov)

Kepercayaan diri bisa bertambah tidak hanya karena tampilan diri yang menawan saja. Melainkan juga dari kecerdasan kamu. Meningkatkan kecerdasan bisa dilakukan oleh siapa saja dan sesungguhnya tidak harus memerlukan biaya yang mahal.

Belajarlah tentang berbagai hal. Tidak ada ilmu yang tidak bermanfaat. Maka, jangan merasa rugi waktu jika kamu punya kesempatan untuk belajar ilmu baru. Semua ilmu saling berkaitan. Bisa saja ilmu baru tersebut menunjang ilmu yang menjadi bidangmu saat ini.

Semakin banyak memiliki pengetahuan dan wawasan, maka untuk bersosialisasi dengan siapa saja, pasti kamu akan tetap bisa percaya diri. Kamu selalu mampu menyambungkan diri di segala topik obrolan. Dorong dirimu untuk terus belajar, karena banyak manfaat baiknya. 

Adelbertha Eva Y Photo Community Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya