Comscore Tracker

Profil Bella J Dark, Penulis Buku Perempuan Termuda Dunia

Bukunya terbit saat berusia 5 tahun 211 hari

Menerbitkan buku merupakan idaman hampir semua penulis. Menyaksikan buku dengan nama sendiri di sampulnya saat pergi ke toko buku, tentu memberikan sensasi sendiri. Namun usaha untuk mencapai tahap itu tentu tidak mudah. Nyatanya hanya segelintir orang yang langsung berhasil diterima penerbit begitu mengirimkan naskah pertamanya. Sisanya malah lebih banyak menerima surat penolakan.

Nah, di Negara Inggris sana, ada lho pengarang yang bisa menerbitkan karya di usia muda. Namanya adalah Bella J Dark. Saking mudanya, nama dia bahkan sampai masuk museum rekor dunia. Seperti apa sih sosok Bella ini? Berikut ini profil Bella J Dark, dilansir Guinness World Records dan Shethepeople.tv. Yuk, simak informasi berikut ini.

Baca Juga: Kumpulan Quotes Women Support Women Film 2037, Positif Vibes

1. Menerbitkan buku di usia 5 tahun 211 hari

Profil Bella J Dark, Penulis Buku Perempuan Termuda DuniaBella J Dark (guinnessworldrecords.com)

Bella J Dark lahir pada 4 Juli 2006 di Weymouth, Inggris Raya. Orangtuanya bernama Chelsie Syme dan Myles Dark. Usianya baru 5 tahun 211 hari ketika berhasil memecahkan rekor dunia sebagai penerbit buku perempuan termuda. Buku perdananya berjudul The Lost Cat, diterbitkan oleh Ginger Fyre Press.

Sebelumnya, rekor ini milik Abhijita Gupta dari Ghaziabad, India, yang mampu menerbitkan buku di usia 7 tahun.

2. Bukunya terjual lebih dari 1.000 eksemplar

Profil Bella J Dark, Penulis Buku Perempuan Termuda Duniailustrasi (pixabay.com/ svklimkin)

Buku The Lost Cat karya Bella J Dark terbit pada tanggal 31 Januari 2022. Untuk Supaya bisa tercatat dalam rekor, sebuah buku harus terjual lebih dari 1.000 eksemplar dan terbit di penerbit komersial.

Ajaibnya, buku tersebut mampu mencapai jumlah minimal dan laman kids-guinnessworldrecords-com akhirnya merilis rekor Bella pada 16 Juni 2022. Buku tersebut dijual di Waterstones dan Amazon seharga £ 6 ($ 7,27).

3. Buku ilustrasi tentang seekor kucing

Profil Bella J Dark, Penulis Buku Perempuan Termuda Duniafoto ilustrasi (YouTube.com/Kittisaurus)

Seperti judulnya, The Lost Cat mengisahkan seekor kucing bernama Snowy yang melakukan petualangan tetapi menyadari bahwa dirinya tidak boleh keluar tanpa sang ibu. Snowy tersesat setelah melakukan perjalanan di malam hari tersebut.

Bella berharap, bukunya memberikan pelajaran bagi anak-anak untuk tidak pergi keluar sendirian di malam hari.

4. Ditulis dan digambar hanya dalam lima hari

Profil Bella J Dark, Penulis Buku Perempuan Termuda DuniaBella J Dark (twitter.com/FyrePress)

Bella menuli bukunya sendirian. Ia juga menggambar dan mewarnai ilustrasi dari setiap halaman bukunya, kecuali satu gambar di halaman terakhir yang dibantu oleh sang kakak, Lacie May.

Semua proses tersebut hanya dilakukannya selama lima hari. Kini, Bella mulai menulis sekuel untuk Snowy. Kira-kira, ceritanya tentang apa lagi ya?

5. Mulai menulis sejak usia tiga tahun

Profil Bella J Dark, Penulis Buku Perempuan Termuda DuniaIlustrasi Menulis (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Bella J Dark memiliki imajinasi yang hebat dan telah menulis cerita pendek sejak berusia tiga tahun. Orangtuanya tidak terkejut ketika dia mulai menulis buku.

Untuk naskah The Lost Cat, ia bertemu penerbit di sebuah pameran buku. Bersama sang ibu, Bella membawa naskah setebal 32 halaman ke pameran dan mereka terkejut ketika seseorang ternyata benar-benar ingin menerbitkannya.

Dia terinspirasi dari buku gambarnya sendiri. Selain itu, ia juga suka membaca. Beberapa buku yang jadi favoritnya adalah What the Ladybird Heard, Splat the Cat, dan Diary of a Wimpy Kid.

Apa sih tips Bella yang mampu menulis di usia semuda itu? Ternyata, sarannya sederhana, yaitu tulislah cerita yang datangnya dari diri kamu sendiri.

Wah, keren banget ya. Bagi kamu calon-calon penulis muda, jangan sampai kalah dengan Bella ya. Terus latihan dan sering-seringlah baca buku agar bisa mengikuti jejaknya.

Suarcani Photo Community Writer Suarcani

Penulis yang seringkali baper dengan kisah karangannya sendiri.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya