Comscore Tracker

Biar Gak Minder, Ini 5 Tips Membangun Kepercayaan Diri 

Mencintai diri sendiri adalah kuncinya

Memiliki kepercayaan diri yang kuat akan bermanfaat dalam segala hal. Ya, tak dipungkiri banyak pula yang tak memiliki keberanian tampil di depan banyak orang, sehingga lebih memilih untuk menghindar atau bersembunyi.

Memang tidak mudah menumbuhkan rasa percaya diri. Perlu orang yang mendukung agar kita punya motivasi untuk tampil. Apabila terus menerus tidak percaya diri, maka seseorang akan sulit untuk berkembang. Simak yuk di bawah ini tips untuk membangun kepercayaan diri:

Baca Juga: 5 Cara Menemukan Pasangan yang Pas, Dia Selalu Ada saat Suka dan Duka 

1. Jujur pada diri sendiri 

Biar Gak Minder, Ini 5 Tips Membangun Kepercayaan Diri Ilustrasi orang yang berusaha jujur pada diri sendiri (Pexels.com/Griffin Wooldridge)

Kamu perlu mengetahui apa saja sesungguhnya kelebihan dan kekurangan diri. Cobalah berbicara dengan diri sendiri, misalnya sambil berada di depan cermin, lalu renungkan apa saja yang selama ini membuat kamu menjadi tidak percaya diri. 

Setelah itu, perlahan carilah solusinya agar kamu bisa keluar dari kungkungan itu. Mulai jujur pada sendiri karena itu adalah modal paling awal untuk menumbuhkan rasa percaya diri. 

2. Berusaha kerja keras dan investasi energi

Biar Gak Minder, Ini 5 Tips Membangun Kepercayaan Diri Ilustrasi orang yang berkerja keras untuk mencapai puncak (pexels.com/Martin)

Investasi energi ini menyangkut tenaga, waktu, fokus, kemudian bekerja keras lah dalam menekuni satu bidang. Dalam membangun kepercayaan diri, kamu harus keluar dari zona nyaman dan berproses dalam bidang tertentu.

Apabila mengalami kegagalan, maka ulang lagi dengan melakukan evaluasi pada diri sendiri. Bukan malah menjadi tidak percaya diri dan berhenti melakukan usaha itu. 

3. Berani keluar dari zona nyaman

Biar Gak Minder, Ini 5 Tips Membangun Kepercayaan Diri Ilustrasi wanita yang berusaha keluar dari zona nyaman (pexels.com/Liza Summer)

Kamu harus memberanikan diri untuk keluar dari zona nyaman karena apabila tetap di area itu, kamu tidak akan pernah berkembang. Jika sering berada di zona nyaman, seseorang tidak akan berani mengambil langkah lebih lanjut. Maka untuk itu, tetap percaya pada diri sendiri apabila kamu ingin melakukan sesuatu. 

Siapa yang akan percaya pada kamu kalau bukan diri sendiri? Dengan cara ini kamu akan belajar lebih banyak hal sehingga bisa meningkatkan rasa percaya diri.

4. Tidak masalah apabila ada orang yang tidak suka

Biar Gak Minder, Ini 5 Tips Membangun Kepercayaan Diri Ilustrasi orang yang sedang senang (pexels.com/Andre Furtado)

Dalam hidup ini pasti ada orang yang tidak suka dengan kita. Tidak mungkin untuk membahagiakan dan membuat semua orang senang. Maka kamu pun perlu menerima apabila ada orang yang tidak suka. Kamu tidak bisa memaksa mereka. Apabila terus menerus memaksakan diri, tentunya juga akan membuat kamu lelah. 

Mereka yang tidak suka denganmu, bisa jadi karena iri atau memang ada sikap kamu yang kurang baik. Nah ambil sisi positifnya saja, evaluasi diri apabila memang ada yang membuat orang lain tidak nyaman. 

5. Fokus dengan apa yang kamu lakukan

Biar Gak Minder, Ini 5 Tips Membangun Kepercayaan Diri Ilustrasi pria yang fokus pada target (pexels.com/Mustafa ezz)

Orang yang fokus akan mengalirkan waktu, energi, dan pikirannya untuk tujuan dan impiannya agar hasilnya bisa maksimal. Apabila kamu fokus dan hanya konsentrasi pada satu hal yang menjadi tujuan, maka kamu pun akan menjadi percaya diri dengan apa yang kamu lakukan. 

Itulah beberapa cara untuk membangun kepercayaan diri. Selamat mencoba ya1

akbar_putri Photo Community Writer akbar_putri

Mahasiswi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ni Ketut Sudiani

Berita Terkini Lainnya